Hati-Hati, Ini Tujuh Gejala Serangan Jantung Akan Menyerang

gejala serangan jantung

Sudah banyak diketahui bahwa penyakit jantung adalah deretan penyakit yang berbahaya, sebab jika sudah terkena penyakit yang satu ini maka potensi besarnya adalah kematian. Hal ini terjadi karena kebanyakan orang tidak bisa mengendalikan rasa sakit pada jantung dan semua datang secara tiba-tiba. Serangan jantung terjadi, biasanya karna aliran darah tidak cukup sampai kejantung.

Banyak hal pemicu serangan jantung ini terjadi, memiliki tekanan darah tinggi, pola makan yang tidak dijaga, dan kurang berolahraga dapat menimbulkan diri mengidap riwayat serangan jantung. Peran penyakit ini tidak dapat diduga-duga datangnya, namun kamu bisa merasakan gejala-gejalany sebulan sebelum serangan jantung menyerang.

Ada beberapa gejala yang bisa kamu ketahui, yuk simak hati-hati, ini tujuh gejala serangan jantung akan menyerang. Berikut ulasannya :

1. Rasa lemah yang tidak biasa
Gejala awal yang terjadi adalah, kamu merasa rasa lemah yang tidak biasa. Tubuhmu akan lebih terasa lemas yang tadinya tidak pernah kamu rasakan sebelumnya. Ini bisa jadi gejala serangan jantung yang akan datang menyerang.

Hal ini dikarenakan aliran sirkulasi darah tidak lancar mengalir keseluruh tubuh. Kamu harus wajib waspada dengan gejala ini, karna tidak menutup kemungkinan bisa jadi sernagan jantung menyerang tiba-tiba. Banyaklah olahraga, mengatur pola makan dan memulai hidup dengan cara yang baik.

2. Pusing
Pusing adalah penyakit biasa yang sering diderita oleh siapa saja. Namun jika pusing sudah keterlaluan dan acapkali dirasakan, hati-hati  bisa jadi ini gejala serangan jantung yang akan dating.  Kekurangan aliran darah, maka pusing akan muncul. Sebabnya aliran darah juga membawa oksigen yang dibutuhkan sel-sel otak untuk bernapas.

3. Keringat dingin
Gejala selanjutnya adalah Keringat dingin,  juga menjadi gejala lain yang mengindikasikan bahwa tubuh sedang berada di bawah tekanan atau stres karena penyakit tertentu. Ketika kamu sudah merasa ada yang berbeda dalam tubuhmu, segeralah atasi dengan cepat dan cari tahu penyebabnya.

4. Nyeri dada
Karena aliran darah yang tak lancar tadi, biasanya dada akan terasa nyeri. Bukan hanya itu, gejala serangan jantung juga akan menimbulkan rasa  sakit di area tubuh lainnya seperti lengan, punggung, bahu, dan kulit terasa  lembab. Jika sudah terasa seperti itu, segera untuk konsultasi ke dokter terdekat agar bisa ditangani lebih cepat, bisa jadi tubuhmu sedang mendekati serangan jantung.

5. Gejala flu atau demam
Flu dan deman adalah salah satu gejala yang bisa menimbulkan serangan jantung secara tiba-tiiba. Menurut penelitian, banyak pasien serangan jantung yang melaporkan bahwa mereka mengalami gejala flu atau demam sebulan sebelum serangan jantung. Waspadalan dengan gejala yang kamu rasakan.

6. Sesak napas
Sering mengalami sesak napas? Ini adalah gejala kunci lainnya dari penyakit serangan jantung. Sebab, paru-paru tidak mendapatkan asupan oksigen yang cukup dan darah yang sehat. Kemudian saat jantung tertekan, maka aliran darah ke paru-paru juga tidak mencukupi. Hasilnya adalah sesak napas.

7. Mual dan gangguan pencernaan
Kamu sering merasa mual dan mengalami gangguan pencernaan? Waspadai juga gejala ini, karena serangan jantung bisa jadi berawal dari gangguan pencernaan seperti mual, naiknya asam lambung, dan maag juga menjadi tanda lain dari serangan jantung yang patut untuk kamu waspadai.


Hati-hati, ini tujuh gejala serangan jantung yang akan menyerang. Nah itulah sederetan gejala yang harus benar-benar kamu waspadai. Jika sudah merasa berbeda dari kondisi tubuh yang sebenarnya maka segeralah untuk cari tahu penyebabnya. Dari gejala diatas, coba kamu cek kembali gejala yang mana yang sudah kamu rasakan? Semoga bermanfaat.