Manfaat Bawang Merah untuk Kesehatan Rambut yang Efektif


Manfaat Bawang Merah untuk Kesehatan Rambut yang Efektif


Rambut yang sehat dan lebat merupakan impian setiap orang. Karena fungsi dari rambut yang penting yakni untuk menambah rasa percaya diri dan mempercantik penampilan. Namun, tidak semua orang memiliki rambut yang lebat dan sehat sesuai dengan yang diharapkan. Manfaat bawang merah untuk kesehatan rambut ini merupakan cara efektif bagi Anda yang ingin memiliki rambut yang sehat dan lebat.

Bagi Anda yang ingin memiliki rambut yang sehat dan lebat dapat menggunakan bawang merah untuk menjaga kesehatan rambut. Bawang merah merupakan keluarga Aggregatum yang memiliki nama latin Allium cepa L. 

Kandungan yang dimiliki oleh bawang merah antara lain minyak atsiri, fitohormon, zat pati, vitamin, flavongklikosida, peptide, kuersetin, dihidroaliin, dan sikoloaliin. Selain bermanfaat untuk kesehatan tubuh, bawang merah juga memiliki manfaat yang luar biasa untuk menjaga kesehatan rambut.

1. Mengatasi Rambut Rontok
Manfaat luar biasa yang Anda dapatkan dari bawang merah adalah mampu mengatasi rambut yang rontok. Masalah rambut rontok merupakan momok yang sangat ditakuti oleh kebanyakan orang. Karena rambut yang rontok lama kelamaan dapat menyebabkan kebotakan dan mengganggu penampilan seseorang. Adanya kandungan sulfur pada bawang merah mampu meningkatkan sirkulasi darah yang ada pada kulit kepala, sehingga dapat membuat rambut lebih kuat.

Cara yang dapat Anda lakukan adalah dengan mengambil bawang merah secukupnya, kemudian dihaluskan dan ditambah dengan sedikit minyak kelapa. Sebelum mengoleskan bawang merah pada rambut sebaiknya pijat terlebih dahulu kepala Anda dengan minyak kelapa atau minyak zaitun selama kurang lebih 15 menit. Hal ini dilakukan agar pori-pori kulit membuka terlebih dahulu. 

Setelah pori-pori kulit membuka maka nutrisi dari bawang merah dapat terserap dengan baik. Bawang merah yang sudah dihaluskan tadi ratakan pada rambut kemudian tutupi dengan handuk hangat dan diamkan selama beberapa menit. Kemudian bilas bersih menggunakan shampoo. 

2. Menghilangkan Ketombe
Manfaat bawang merah untuk kesehatan rambut yang berikutnya adalah mampu menghilangkan ketombe. Ketombe juga merupakan permasalahan rambut yang sangat mengganggu seseorang. Selain menyebabkan gatal, ketombe juga bisa memicu terjadinya rambut rontok. Cara yang dapat Anda lakukan adalah dengan menghaluskan bawang merah secukupnya kemudian campur dengan lemon dan sedikit madu. 

Oleskan pada rambut hingga merata lalu tutup rambut dengan handuk dan biarkan sekitar 20 menit. Setelah itu, bilas rambut hingga bersih dengan menggunakan shampo. Dengan melakukan cara ini secara rutin selama beberapa minggu, rambut dan kulit kepala akan terbebas dari masalah ketombe yang mengganggu.

3. Obat Infeksi Kulit Kepala
Infeksi yang terjadi di kulit kepala biasanya disebabkan oleh banyak faktor, seperti kutu, menggaruk kepala dengan keras, hingga faktor lainnya yang menyebabkan infeksi kulit kepala. Manfaat bawang merah untuk kesehatan rambut yang berikutnya adalah untuk mengobati infeksi yang terjadi pada kulit kepala.

Cara yang dapat Anda lakukan adalah dengan mencari bawang merah yang masih segar, lalu ambil dagingnya. Untuk bagian kulitnya tidak perlu diikutkan. Kemudian haluskan bawang merah menggunakan blender hingga halus. Setelah halus ratakan bawang merah tadi ke bagian kulit kepala yang mengalami infeksi. Diamkan selama kurang lebih 20 menit.

Lalu, bilas dengan air hangat dan keringkan menggunakan handuk yang bersih dan halus. Lakukan cara ini secara rutin setiap hari agar infeksi pada kulit kepala dapat segera diatasi. Manfaat bawang merah untuk kesehatan rambut yang lainnya juga bisa untuk mengatasi kebotakan yang disebabkan oleh infeksi ataupun rambut yang rontok.