Cara Mencegah Timbulnya Jerawat di Wajah Remaja

Cara mencegah timbulnya jerawat di wajah remaja sebenarnya sangatlah mudah yaitu cukup dengan menjaga kebersihan kulit wajah dan menjalani pola hidup yang sehat. Memang tidak bisa dipungkiri bahwa setiap orang sudah pasti pernah memiliki jerawat setidaknya sekali dalam seumur hidup mereka, untuk itu anda tidak perlu khawatir karena jerawat bukanlah penyakit yang mematikan.

Walaupun tidak berbahaya namun jerawat yang timbul pada wajah bisa membuat seseorang menjadi tidak percaya diri apalagi jerawat yang timbul sudah banyak dan memenuhi muka anda maka hal ini sudah pasti akan membuat kita menjadi stres dan malu untuk keluar rumah. Seperti yang kita ketahui bahwa usia remaja merupakan masa-masa yang rentan sehingga apabila kita tidak rajin-rajin menjaga kebersihan wajah sejak muda maka jangan menyesal apabila nantinya wajah anda berjerawat.

Cara mencegah Jerawat-Cara alami Mencegah Jerawat-Jerawat pada remaja

Nah, sebelum jerawat memenuhi wajah maka sebaiknya anda harus mencegahnya terlebih dahulu agar wajah tetap putih dan mulus. Berikut dibawah ini ada beberapa tips ampuh untuk mencegah timbulnya jerawat pada orang usia muda.

Cara Mencegah Timbulnya Jerawat di Wajah Remaja


1. Perhatikan Kebersihan Wajah
Cara pertama untuk mencegah timbulnya jerawat pada remaja adalah dengan memperhatikan kebersihan wajah. Jangan malas untuk membersihkan wajah karena seperti yang kita ketahui bahwa masa remaja merupakan masa dimana kita lebih aktif untuk beraktivitas diluar rumah sehingga tanpa disadari kotoran dan debu banyak menempel pada kulit wajah sehingga apabila kita malas memperhatikan kebersihan wajah maka jangan heran apabila kulit wajah anda akan mudah berjerawat.

Namun dalam membersihkan wajah anda harus memperhatikan beberapa hal yaitu jangan menggosok wajah terlalu kuat karena hal ini malah akan membuat iritas pada kulit wajah, setelah mencuci wajah usahakan untuk mengeringkannya menggunakan handuk lembut.

2. Perhatikan Rambut Anda
Mungkin anda bertanya-tanya, apa hubungan jerawat dengan rambut dan kenapa kita harus memperhatikan rambut kita. Tentu saja ada hubungannya, penggunaan wewangian minyak bisa menyebabkan timbulnya jerawat pada kulit wajah remaja.

Kandungan bahan kimia yang ada pada produk perawatan rambut anda bisa jatuh bersamaan dengan keringat dan menempel pada kulit wajah kita sehingga apbila kita malas membersihkan kulit wajah maka kotoran tersebut akan menempel dan menyumbat pori-pori, tentu saja hal ini bisa menyebabkan timbulnya jerawat pada kulit wajah.

3. Gunakan Make Up Secukupnya
Nah, biasanya yang menggunakan make up adalah kaum wanita jadi tips ini khusus untuk wanita jika ada pria yang menggunakan make up maka juga harus mengikuti tips ini agar di tidak timbul jerawat di usia muda. Basuhlah wajah anda sesudah menggunakan make up, jangan malas untuk membersihkannya karena bekas make up bisa menyumbat pori-pori pada kulit wajah sehingga bisa menimbulkan jerawat. Namun apabila anda masih memiliki jerawat maka silahkan membaca cara menghilangkan jerawat beserta bekasnya pada tautan ini.

4. Jangan Terlalu Sering Memegang Wajah
Seperti yang telah kita bahas diatas bahwa masa remaja merupakan masa dimana seseorang sedang aktif-aktifnya dan tidak senang diam sehingga ada saja aktivitas diluar rumah yang kita ikuti seperti bermain, kursus atau lainnya. Nah, aktivitas diluar rumah tentu saja membuat kita selalu bersentuhan dengan kuman sehingga itulah mengapa kita disarankan untuk tidak terlalu sering memegang wajah karena kuman dari tangan bisa berpindah pada kulit wajah anda dan hal ini bisa menimbulkan jerawat.

5. Berolahraga
Dan cara mencegah timbulnya jerawat di wajah remaja yang terakhir adalah dengan berolahraga. Ya, olahraga tidak hanya menyehatkan tubuh tetapi juga bisa mencegah timbulnya jerawat di wajah kita karena olahraga yang teratur bisa meredaka ketegangan dan kecemasan pada tubuh sehingga kita menjadi rileks dan aliran darahpun berjalan lancar.

Apabila seluruh sistem didalam tubuh kita berjalan dengan optimal maka bukan hanya bugar tetapi kulit kita akan terhindar dari berbagai masalah diantaranya jerawat.

Nah itulah cara mencegah timbulnya jerawat di wajah remaja yang bisa anda coba praktekan dirumah. Saya rasa cara diatas sangat praktis dan mudah, selain itu tanpa harus menggunakan bahan-bahan kimia sehingga sangat aman.