Konsumsi 8 Makanan Ini Agar Kesehatan Mata Anak Terjaga

makanan sehat untuk mata

Jangan biarkan kesehatan mata anak Anda menjadi terganggu, batasi mereka didalam bermain komputer dan penggunaan gadget. Berlama-lama menatap layar komputer ataupun smartphone sangatlah tidak baik untuk kesehatan mata anak Anda, bahkan bukan tidak mungkin apabila aktivitas ini terus mereka dilakukan setiap hari maka mata anak Anda akan mengalami minus.

Kemudian selain dengan membatasi menatap layar komputer atau smartphone, jangan lupa pula untuk selalu memberikan anak Anda makanan yang sehat serta bergizi sehingga tumbuh kembangnya berjalan dengan baik dan kesehatan matanya pun tetap terjaga hingga dewasa nanti.

Nah berikut dibawah ini setidaknya ada 8 makanan yang sangat bagus untuk meningkatkan kesehatan mata anak anda.

1. Ikan
Salah satu makanan sehat yang bagus untuk mata anak Anda adalah ikan. Ikan air dingin seperti ikan salmon, ikan tuna, ikan sarden serta makarel sangat direkomendasikan untuk dikonsumsi karena mengandung omega-3 yang cukup tinggi. Omega-3 sangat baik untuk kesehatan tubuh anak Anda karena selain mampu membantu mencegah mata menjadi kering, omega-3 juga bisa mencegah katarak dan degenerasi makula.

2. Telur
Selain ikan, Anda juga bisa memasukan telur kedalam menu makanan untuk sang anak. Telur memiliki manfaat yang sangat banyak, ada berbagai macam vitamin serta nutrisi lainnya, termasuk lutein dan vitamin A didalam telur. Sehingga bukan saja bagus untuk kesehatan mata, mengkonsumsi telur juga sangat bagus untuk kesehatan tubuh.

3. Bayam, alpukat, brokoli, dan kacang polong
Makanan diatas kaya akan lutein dan zeaxanthin, sangat baik apabila dikonsumsi oleh anak-anak. Lutein dan Zaexhanthin adalah pigmen penting yang terdapat pada tumbuhan, dimana fungsinya mampu menekan perkembangan degenerasi makula dan katarak.

4. Gandum
Gandum, roti gandum atau beras merah bisa menjadi alternatif untuk anak Anda. Karena selain bisa membuat kenyang, makanan tersebut juga memiliki indeks glikemik rendah sehingga dapat membantu mengurangi resiko terkena degenerasi makula yang disebabkan oleh usia.

5. Buah citrus dan berries
Sebenarnya segala macam buah-buahan memiliki manfaat yang bagus untuk kesehatan tubuh kita, namun apabila Anda ingin meningkatkan kesehatan mata pada sang anak maka berilah mereka buah citrus dan berries dikarenakan buahan ini mengandung vitamin C yang cukup tinggi. Apabila kebutuhan vitamin C pada anak terpenuhi maka hal tersebut dapat mengurangi resiko katarak dan degenerasi makula.

6. Kacang-kacangan
Kacang-kacangan diketahui kaya akan omega-3 dan vitamin E, dimana hal tersebut sangat bagus untuk meningkatkan kesehatan mata. Beberapa jenis kacang-kacangan yang sangat direkomendasikan adalah kacang almond, kenari atau pistachio.

7. Buah dan sayuran yang berwarna
Selalu masukan buahan serta sayuran kedalam menu makan harian anak Anda. Makanan seperti wortel, tomat, paprika, stroberi, labu, jagung dan blewah adalah sumber yang sangat baik dari vitamin A dan C. Selain itu, buah dan sayur juga mengandung karotenoid yaitu dimana senyawa yang memberikan pigmen kuning, oranye dan merah pada buahan dan sayuran disebut-sebut mampu membantu menurunkan resiko penyakit mata

8. Biji bunga matahari alias kuaci
Kemudian makanan terakhir yang bagus untuk kesehatan mata anak adalah biji bunga matahari alias kuaci. Didalam biji bunga matahari terdapat kandungan vitamin E dan seng, dimana kedua zat ini mampu membantu menjaga kesehatan mata anak Anda.


Itulah makanan terbaik untuk meningkatkan kesehatan mata pada anak Anda. Berikan mereka makanan yang sehat serta bergizi sehingga asupan nutrisinya terpenuhi. Dengan begitu, maka bukan saja matanya yang akan menjadi sehat tetapi tubuhnya juga sehat.

Share this :

Previous
Next Post »