5 Hal Yang Menyebabkan Seseorang Beruban Di Usia Muda

Penyebab rambut beruban diusia muda sangatlah beragam mulai dari gaya hidup yang tidak sehat hingga sering melakukan kebiasaan-kebiasaan buruk pada rambut mereka. Tumbuhnya uban di rambut biasanya dipercaya oleh sebagian orang sebagai pertanda bahwa mereka telah berumur lanjut sehingga tak heran apabila banyak orang yang gelisah dan menutupi uban mereka dengan cara di diwarnai agar tidak dikatakan tua.

Penyebab uban di usia muda

Sebenarnya uban yang tumbuh pada orang yang berusia lanjut merupakan sesuatu yang wajar dan pasti akan dialami oleh seluruh orang di dunia ini. Namun yang menjadi masalah adalah ketika uban tersebut tumbuh sebelum waktunya. Tentu saja hal ini membuat kita malu karena uban yang tumbuh di usia remaja membuat seseorang menjadi tidak percaya diri dan kerap menjadi bahan olok-olokan teman lainnya. Nah, sebenarnya apa saja sih yang menyebabkan uban ini kerap tumbuh padahal usia kita masih muda. Penasaran ? yuk mari kita simak tulisan dibawah ini.

Penyebab Tumbuhnya Uban Di Usia Muda


1. Sering Mewarnai Rambut
Mewarnai rambut pada saat ini sudah menjadi trend tersendiri dikalangan anak muda gaul yang ingin terlihat modis dan gaya. Namun tahukah anda bahwa terlalu sering gonta-ganti warna rambut bisa memicu timbulnya uban walaupun usia kita masih muda. Zat kimia pada pewarna rambut ini bisa masuk kedalam kulit kepala dan merusak pigmen rambut sehingga menyebabkan rambut cepat beruban

2. Stres Berlebihan
Stres tidak hanya buruk bagi kesehatan tubuh tetapi juga bisa mempengaruhi kesehatan rambut anda sehingga lebih cepat beruban. Ketika kita sedang stres maka organ didalam tubuh tidak bisa bekerja maksimal dan menghambat kerja sel melanosit yang merupakan penghasil pigmen pewarna rambut alami. Selain itu, stres juga bisa menyebabkan tubuh kehilangan vitamin B12 lebih banyak. Untuk itu, maka Anda bisa mencoba 3 cara ampuh ini untuk mengatasi stres.

3. Kurang Istirahat
Tubuh setidaknya membutuhkan istirahat 8 jam dalam sehari untuk tidur. Nah, apabila kita terlalu lelah bekerja apalagi ditambahn sering begadang maka akan rentan stres. Seperti yang kita bahas diatas, apabila stres sudah melanda maka hal ini bisa memicu timbulnya uban di usia muda. Nah, agar waktu istirahat anda berkualitas maka coba ikuti 5 cara istirahat yang baik dan benar ini.

4. Merokok
Semua orang setuju bahwa merokok merupakan salah satu pembunuh terbesar manusia didunia ini sehingga itulah mengapa kita dianjurkan sebaiknya untuk menghindari perokok pasif maupun aktif karena kandungan pada asap roko k bisa menyebabkan berbagai macam penyakit tak terkecuali uban. Para peneliti di Newyork mengatakan bahwa seseorang yang merokok akan 4 kali lebih cepat beruban dibandingkan yang tidak merokok.

5. Faktor Keturunan
Penyebab rambut beruban diusia muda selanjutnya adalah karena faktor keturunan. Walaupun hal ini sangat jarang terjadi namun bukan berarti tidak ada.

Nah itulah 5 hal yang menyebabkan seseorang beruban di usia muda. So, solusinya sangat sederhana yaitu anda hanya dituntut untuk menjalani pola hidup dan makan yang sehat serta jangan lupa untuk berolahraga.