Cara Mengatasi Wajah Gatal dan Merah Karena Kosmetik

Apakah Anda pernah mengalami alergi akibat penggunaan kosmetik ? jika iya maka tentu saja hal ini sangat menyebalkan bukan karena bukannya menjadi cantik tetapi malah sebaliknya yaitu membuat wajah kita menjadi gatal, merah dan terkadang mengelupas. Maka dari itu sebelum menggunakan produk kecantikan untuk wajah atau kosmetik maka kita harus jeli dan membaca kandungan didalam produk tersebut atau Anda juga bisa mencobanya pada tangan terlebih dahulu, jika dirasa cukup aman maka baru silahkan gunakan pada wajah.

Cara mengatasi wajah gatal karena kosmetik

Iritas pada wajah akibat pemakaian kosmetik ini tidak bisa dianggap sepele karena jika dibiarkan maka akan membuat kita menjadi malu dan tidak percaya diri serta risih karena biasanya wajah akan menjadi merah serta gatal. Nah, bagi Anda yang pada saat ini wajahnya sedang mengalami iritasi karena kosmetik maka kita bisa mengatasinya dengan cara-cara alami.

Cara Alami Mengatasi Wajah Gatal dan Alergi Akibat Kosmetik


1. Minyak Zaitun
Minyak zaitun tidak hanya akan membuat kulit wajah Anda semakin cantik dan lembab tetapi juga bisa membantu mengatasi alergi pada kulit wajah akibat penggunaan kosmetik. Nah, maka dari itu bagi Anda yang wajahnya sedang mengalami iritasi maka sebaiknya hentikan penggunaan make up terlebih dahulu dan kemudian usapkan minyak zaitun setiap malam ketika hendak tidur maka dalam waktu singkat kulit akan normal kembali.

2. Kantung Teh
Apakah Anda penggemar teh ? jika iya maka jangan buang kantong teh bekas yang telah Anda seduh karena sangat bermanfaat untuk kulit wajah Anda terutama untuk mengatasi alergi akibat kosmetik. Seduh teh terlebih dahulu kemudian kantong teh bekas seduhan Anda tadi tempelkan pada wajah sembari berikan sedikit pijatan. Cara ini sangat ampuh untuk menghilangkan rasa gatal pada wajah Anda dan menyembuhkan alergi dengan cepat.

3. Mentimun
Kulit wajah yang gatal dan merah akibat alergi penggunaan kosmetik juga bisa kita atasi dengan menggunakan mentimun. Kandungan vitamin pada mentimun ini tidak hanya baik untuk kesehatan tubuh sajah tetapi juga bagus untuk kulit wajah kita karena bersifat mendinginkan dan melembabkan.

Cara penggunaan masker mentimun ini sangat simpel yaitu kita haluskan terlebih dahulu mentimun dengan menggunakan blender atau bisa juga diparut kemudian simpan terlebih dahulu mentimun yang sudah dihaluskan tadi kedalam lemari es. Jika sudah dingin maka silahkan aplikasikan pada wajah, oleskan secara merata dan diamkan selama 20 menit.

4. Lidah Buaya
Lidah buaya merupakan salah satu tanaman obat yang bisa dimanfaatkan untuk berbagai masalah kecantikan seperti mengatasi jerawat, menghilangkan flek hitam serta membuat kulit menjadi cerah. Namun ternyata selain itu, lidah buaya juga memiliki manfat mendinginkan dan melembabkan sehingga bisakita andalkan untuk mengatasi wajah gatal akibat alergi kosmetik.

Cara pengaplikasian masker lidah buaya ini sangatlah mudah yaitu Anda tinggal ambil saja satu batang tanaman lidah buaya lalu belah menjadi dua dan ambil gel didalamnya. Oleskan gel lidah buaya tersebut pada wajah Anda secara rutin dan teratur maka mudah-mudahan iritasi akibat kosmetik bisa segera sembuh dan wajah Anda normal kembali.

5. Air Mawar
Kemudian bahan alami terakhir yang bisa kita gunakan untuk mengatasi masalah alergi akibat pemakaian kosmetik ini adalah air mawar. Anda bisa mendapatkannya di toko-toko kosmetik karena memang pada saat ini sudah banyak orang yang menjualnya. Untuk cara pemakaiannya adalah, rendamkan kapas didalam air mawar tersebut lalu usapkan pada wajah secara perlahan dan merata. Lakukan cara ini setiap hari rutin dan teratur maka dalam waktu singkat, ruam dan kemerahan pada wajah bisa segera sembuh dan hilang.


Itulah cara mengatasi wajah gatal karena kosmetik menggunakan bahan-bahan alami tradisional yang murah meriah tetapi khasiatnya luar biasa. So, hati-hati dalam menggunakan produk kecantikan untuk wajah karena jika salah dalam memilih bisa menyebabkan alergi dan gatal pada kulit wajah, dagu dan area sekitar telinga. Baca Juga : 5 Tips Mengatasi Wajah Kemerahan-Merahan Secara Alami