Susah BAB ? Konsumsi 7 Makanan Alami Ini

Apakah Anda pernah mengalami susah BAB ? saya rasa setiap orang pasti mengalami hal ini karena walaupun terlihat sepele tetapi sangat menjengkelkan dan membuat rasa tidak nyaman pada perut kita.  Susah BAB atau biasa dikenal dengan sembelit ini biasanya disebabkan oleh berbagai faktor, namun faktor penyebab utama sembelit adalah karena kurangnya asupan serat didalam tubuh kita.

Walaupun sembelit bisa sembuh secara sendirinya namun jangan diabaikan karena apabila dibiarkan lama kelamaan akan menggangu sistem pencernaan kita dan menimbulkan masalah kesehatan lainnya pada tubuh kita. Nah, bagi Anda yang sedang mengalami sembelit atau susah BAB maka coba ikut tips dibawah ini karena untuk melancarkan buang air besar tidak perlu harus menggunakan obat-obatan kimia karena ada beberapa makanan alami untuk mengatasi masalah susah BAB ini.

Mengatasi sembelit secara alami


Makanan Alami Untuk Mengatasi Sembelit


1. Pepaya
Jika Anda susah BAB maka cobalah untuk mengkonsumsi pepaya karena selain enak dan manis, buah yang satu ini mempunyai kandungan vitamin yang baik bagi kesehatan mata. Selain itu, pepaya juga kaya akan serat sehingga bisa melancarkan kembali BAB Anda.

2. Melon
Nah, bagi Anda pecinta buah melon harus tahu nih karena buah yang menjadi favorit Anda ini merupakan obat alami yang cukup ampuh untuk mengatasi semebelit. Jika Anda susah untuk buang air besar maka cobalah untuk mengkonsumsi melon baik itu di jus atau bisa langsung di makan.

3. Kubis
Kubis merupakan sayuran yang mengandung serat tinggi sehingga sangat cocok di konsumsi pada saat Anda sedang susah BAB. Kubis mengandung vitamin A dan beberapa vitamin lainnya seperti B, C, dan E yang baik bagi kesehatan tubuh. Selain itu, banyak orang yang mengatakan bahwa kubis juga merupakan salah satu sayuran yang bisa melawan kanker.
4. Wortel
Semua orang pasti tahu jika wortel mengandung vitamin A yang tinggi sehingga tak heran apabila banyak orang yang menyarankan untuk mengkonsumsi wortel apabila ingin memiliki mata yang sehat. Selain itu, dengan mengkonsumsi wortel kita juga bisa mengatasi sembelit sehingga BAB Anda menjadi lancar.

5. Bayam
Apakah Anda penggemar film kartun popaye ? jika iya maka pasti sudah tak heran lagi dengan yang namanya bayam karena tokoh di dalam film kartun tersebut sangat gemar mengkonsumsi bayam. Nah, sayur bayam ini selain baik bagi kesehatan tubuh ternyata juga banyak mengandung serat sehingga bisa melancarkan pencernaan dan mengatasi sembelit.

6. Aprikot
Mungkin belum banyak orang yang mengenal khasiat dari buah aprikot ini, padahal buah yang satu ini sangat ampuh untuk mengatasi sembelit serta mampu menghancurkan cacing usus. So, jika Anda mulai susah BAB maka tak ada salahnya untuk mengkonsumsi buah yang satu ini.

7. Kacang-Kacangan
Dan makanan alami terakhir yang mampu membantu Anda dalam mengatasi masalah sembelit atau susah BAB ini adalah kacang-kacangan. Makanan yang terbuat dari kacang-kacangan seperti tempe, tahu dan lainnya sangat membantu dalam mengatasi sembelit. Kandungan zinc yang terdapat pada makanan yang terbuat dari kacang-kacangan mampu melancarkan pencernaan Anda.

Nah Itulah 7 makanan alami untuk mengatasi sembelit sehingga Anda tidak bermasalah lagi ketika BAB.  Perbanyaklah mengkonsumsi air putih agar terhindar dari sembelit dan mulailah menjalani gaya hidup yang sehat seperti mengatur pola makan dan berolahraga secara teratur. Baca Juga : 5 Bahaya Kesehatan Apabila Makan Terlalu Larut Malam