Cara Ampuh Untuk Mencegah Mabuk di Perjalanan Ketika Naik Mobil

Mabuk di perjalanan sering kali menghantui beberapa orang sehingga terkadang membuat mereka trauma untuk berpergian jauh menggunakan kendaraan. Nah, setiap orang tentunya pastinya berbeda yaitu ada yang mabuk ketika melakukan perjalanan udara, ada orang yang mabuk ketika melakukan perjalanan laut dan ada pula yang mabuk perjalanan ketika melakukan perjalanan darat dengan menggunakan mobil atau bus.

Cara mengatasi mabuk perjalanan darat saat naik mobil

Pada artikel kali ini kita akan membahas bagaimana cara mengatasi mabuk perjalanan ketika naik mobil atau bus. Banyak hal tentunya yang menyebabkan mengapa seseorang menjadi mabuk diperjalanan saat sedang berpergian dengan menggunakan mobil, salah satunya adalah karena banyaknya goncangan akibat jalan buruk, kurangnya sirkulasi udara atau jalan yang berliku-liku. Jika Anda berpergia dengan menggunakan bus atau mobil maka hal tersebut sudah menjadi resiko sehingga kita harus mempersiapkan diri sebelum berangkat agar nantinya tidak mabuk di perjalanan. 

Tips Mencegah Mabuk di Perjalanan


1. Memandang kejauhan
Melihat pemandangan dapat membantu ketidaksesuaian yang dapat menyebabkan mabuk kendaran, fokuslah pada objek tak bergerak dikejauhan seperti kaki langit. Jangan terlalu fokus pada sebuah posisi tertentu seperti membaca atau main game karena hal ini hanya akan membuat Anda menjadi pusing dan kemudian mabuk

2. Pilihlah Tempat Duduk yang Nyaman
Ketika Anda naik kendaraan pilihlah tempat duduk yang dianggap nyaman, misalnya jok depan agar Anda dapat memandang keluar jendela yang lebih luas dan tidak terpaku pada getaran atau goncangan yang terjadi saat diperjalanan.

3. Perhatikan Makanan Dan Minuman
Sebelum perjalanan usahakan agar perut tidak dalam keadaan kosong atau kekenyangan karena perut yang penuh sangat beresiko terjadi mabuk. Selama perjalanan hindarilah makanan dan minuman yang membuat Anda mual, dan makanan-makanan  berbau menyengat.

4. Minum Obat Anti-mabuk perjalanan
Sebelum bepergian, kita mengantisipasi diri dengan minum obat Anti-mabuk agar selama diperjalanan kita tetap fit. Usahakan minum obat Anti-mabuk 2 jam sebelum hendak bepergian. 

5. Jauhi Orang yang Berbau menyengat
Hindarilah duduk dekat dengan orang yang merokok, atau bau-bauan yang menyengat seperti minyak wangi, bau keringat atau orang yang sedang muntah karena hal itu dapat memicu kita untuk ikut muntah atau mabuk

6. Istirahatlah
Tidurlah jika Anda bisa. Jika mata terpejam kita tidak bisa melihat apa-apa sehingga hal itu dapat menghilangkan mabuk perjalanan. Dapat juga berhenti sejenak, keluar dari mobil untuk meregangkan kaki dan menghirup udara segar.

7. Bukalah Jendela
Keadaan kendaraan yang tertutup rapat juga dapat menyebabkan terjadinya mabuk. Bukalah jendela agar udara dapat berganti dengan udara segar. Banyak orang merasa jika udara segar dapat membuat mereka lebih nyaman, jika tidak memungkin membuka jendela, bersandarlah kebagian bawah jendela dan bernafaslah. Pasti ada udara yang menyusup dicelah-celah jendela.


Nah itu tadi beberapa cara mencegah mabuk di perjalanan ketika naik mobil. Semoga tips diatas dapat bermanfaat.

Share this :

Previous
Next Post »