Cara Menangani Anak Yang Tersedak Makanan Dengan Benar

Apakah Anda pernah mendengar seseorang yang meninggal akibat tersedak ? Mungkin bagi sebagian dari kita merasa aneh dan akan tertawa mendengar hal tersebut karena meninggal akibat tersedak dianggap sebagai lelucon dan tidak pernah benar-benar ada di dunia nyata. Ya, meskipun tidak banyak laporan mengenai seseorang yang meninggal akibat tersedak tetapi bukan berarti tidak ada dan tentunya sudah ada beberapa kasus dimana seseorang meninggal akibat keselek atau tersedak makanan. Salah satu contohnya di tokyo, dimana pada saat perayaan pesta tahun baru 2015 kemarin dikabarkan ada 9 orang meninggal akibat makanan.

Cara mengatasi anak tersedak dengan benar

Tersedak makanan ini memang terlihat sepele namun apabila Anda tidak tahu cara menanganinya maka hal yang sepele ini bisa memicu kematian. Nah maka dari itu, bagi Anda para orang tua yang mempunyai anak kecil harus mengetahui bagaimana cara menangani anak yang tersedak makanan agar tidak panik ketika mendapati anaknya sedang tersedak dan bisa segera memberikan penanganan yang tepat serta cepat.

Cara Menangani Anak Tersedak Makanan


1. Jika Anda mendapati Anak sedang tersedak makanan maka jangan panik tetapi langsung ambil tindakan yaitu tengkurapkan si anak dengan posisi kepalanya dibawah dan kakinya berada pada badan orang tua. Seperti Anda menidurkan anak dipangkuan tetapi posisinya dibalik.

2. Kemudian tepuk punggung si anak dengan menggunakan punggung tangan kita sebanyak 5 kali. Jangan terlalu kuat saat menepuk punggungnya karena bisa mencederai si anak. Selain itu, sebelum Anda menepuk punggung si anak maka pastikan bahwa mulutnya telah terbuka dan tidak tertutup.

3. Apabila cara ini belum berhasil maka langkah selanjutnya yaitu balikan badan si anak. Pastikan jika posisi di anak tetap seperti tadi yaitu kepala lebih rendah dari kakinya.

4. Lalu setelah itu Anda tekan ulu hatinya dengan menggunakan jari manis dan jari telunjuk sebanyak 5 kali.

Itulah cara menangani anak yang tersedak dengan baik dan benar sehingga Anda tidak perlu panik tetapi lakukanlah tindakan diatas. Namun perhatikan, sebelum Anda melakukan cara diatas pastikan bahwa Anda telah mengecek mulut sang anak. Apabila makanan masih berada didalam mulut maka bisa diambil secara manual tetapi apabila makanan sudah di ujung tenggorokan maka jangan menggunakan tangan karena hal tersebut bisa mendorong makanan lebih jauh dan semakin membahayakan anak Anda.

Tips Mencegah Agar Anak Tidak Tersedak Makanan


Ada pepatah yang mengatakan bahwa “lebih baik mencegah daripada mengobati”. Tampaknya pepatah tersebut sangat cocok untuk para bunda yang mempunyai anak kecil agar selalu waspada dan memperhatikan apa yang dilakukan sang anak agar tidak terjadi yang tidak dinginkan seperti tersedak makanan. Nah, bagi Anda yang pada saat ini sedang mempunyai anak-anak kecil maka perhatikan beberapa hal ini untuk mencegah agar si anak tidak tersedak makanan.

1. Untuk menghindari si anak tersedak makanan maka hal pertama yang harus dilakukan oleh para orang tua terutama oleh ibu adalah makanan yang dikonsumsi oleh si anak. Jangan biarkan anak Anda makan sendiri tanpa pengawasan, biasanya anak kecil belum terlalu mengerti dengan apa yang mereka makan. So, maka dari itu perhatikan saat anak Anda sedang makan dan usahakan hindari makanan yang bisa memicu sang anak menjadi tersedak.

2. Hindari makan sambil berjalan. Jika Anda sedang memberikan anak makan maka jangan biasakan makan sambil berjalan-jalan karena hal ini sangat rentan memicu terjadinya tersedak. So, usahakan untuk mengajak si anak duduk ketika sedang makan dan jangan bolehkan apabila sedang makan pergi kesana-kemari.


Itulah sedikit tips untuk para ibu agar tidak panik dan bisa menangani masalah tersedak makanan pada anak. Jika ini bermanfaat maka silahkan share agar para ibu-ibu lainnya bisa mengetahui akan hal ini. Baca Juga : 4 Bahaya Mandi Bola Bagi Kesehatan Anak


Share this :

Previous
Next Post »