8 Manfaat Jahe Merah Untuk Kesehatan

Siapa yang tak kenal dengan jahe ? saya rasa mungkin setiap orang terutama para ibu-ibu hafal betul dengan yang namanya jahe karena memang biasanya jahe ini selalu tersedia didapur dan dimanfaatkan sebagai bumbu penyedap masakan. Jahe ini sendiri sebenarnya banyak jenisnya yaitu mulai dari jahe gajah, jahe putih dan kuning serta jahe merah. Jenis-jenis jahe tersebut tentunya tidak hanya digunakan sebagai bumbu masakan tetapi juga kerap kali diracik untuk dijadikan minuman untuk kesehatan.

manfaat jahe merah bagi kesehatan

Nah, ngomong-ngomong masalah jahe maka diartikel kali ini saya tidak akan membahas semua jenis jahe diatas tetapi saya hanya akan membahas satu jenis saja yaitu jahe merah. Jahe merah biasanya bentuknya agak kecil-kecil dan rimpangnya berwarna merah. Apabila Anda patahkan jahe tersebut dan dicicip maka rasanya akan sangat pedas melebihi jahe kuning dan jahe gajah. Selain itu, kandungan minyak atsiri pada jahe merah juga diketahui lebih banyak daripada dua jenis jahe diatas.

Terus apa saja sih manfaat lainnya dari jahe merah ini untuk kesehatan kita ? jika Anda penasaran maka silahkan simak tulisan dibawah ini.


Manfaat Jahe Merah Untuk Kesehatan


1. Menyembuhkan Migrain
Jahe merah bisa menyembuhkan migrain atau sakit kepala sebelah. Anda tidak perlu mengkonsumsi obat-obatan setiap terserang migrain karena seperti yang kita ketahui bahwa terlalu sering mengkonsumsi obat kimia tidak baik untuk tubuh kita.

Nah, maka dari itu apabila Anda terserang migrain maka cobalah ambil jahe merah bukan obat kimia. Caranya bakar jahe merah tersebut, kemudian setelah itu  memarkan. Jika sudah maka masukan kedalam gelas lalu seduh dengan air hangat, bisa ditambahkan dengan gula aren sedikit. Konsumsi ramuan ini setidaknya 3 kali sehari maka mudah-mudahan migrain Anda hilang.

2. Mengatasi Masuk Angin
Masuk angin merupakan salah satu penyakit yang sering dialami oleh orang Indonesia, Anda tidak perlu khawatir karena masuk angin ini bisa diatasi dengan cara-cara sederhana salah satunya adalah dengan mengkonsumsi wedang jahe merah.

Cara membuatnya sangat mudah yaitu memarkan satu buah jahe merah lalu rebus, tambahkan sedikit gula aren. Setelah mendidih maka angkat dan masukan wedang jahe kedalam gelas, konsumsilah selagi hangat tetapi perhatikan jangan minum saat wedang jahe masih panas karena bisa membuat mulut Anda berasa terbakar nantinya.

3. Mengatasi Batuk
Jahe merah juga bisa dikatakan sangat ampuh untuk mengatasi batuk pada anak maupun orang dewasa. Anda tidak perlu mengkonsumsi obat batuk berkepanjangan karena tentu saja obat kimia efeknya tidak baik untuk kesehatan tubuh apabila dikonsumsi dalam jangka waktu panjang.

Baiklah jika Anda ingin sembuh dari batuk maka cobalah ambil 4 siung jahe merah, lalu kemudian jangan lupa untuk dipotong-potong dan diremukan. Rebus jahe tersebut dengan 4 gelas air dan tunggu hingga mendidih kurang lebih 20 menit hingga menyusut menjadi satu atau dua gelas. Setelah itu masuka kedalam gelas dan tunggu wedang jahe tidak terlalu panas atau hangat-hangat kuku, kemudian baru diminum.  Anda juga bisa menambahkan madu dan lemon pada wedang jahe merah tersebut agar rasanya sedikit enak.

4. Mengatasi Vitiligo
Vitiligo merupakan salah satu penyakit yang cukup menyeramkan karena tanpa kita sadari ternyata penyakit ini bisa menimbulkan bercak putih di area kulit kita dan akan terus melebar kebagian kulit lainnya apabila tidak di obati. Selain dengan pengobatan dokter, vitiligo juga bisa diatasi dengan menggunakan jahe merah.

Caranya sangat mudah yaitu ambil jahe merah bersih yang sudah dicuci dan kemudian blender seperti jus. Setelah itu, oleskan jahe merah yang telah diblender tadi pada area kulit yang terkena vitiligo atau yang ada bercak-bercak putihnya.

5. Meningkatkan Kekebalan Tubuh
Jahe merah juga bisa membuat kekebalan tubuh kita meningkat sehingga tubuh akan selalu sehat dan terhindar dari berbagai macam penyakit. Selain itu, seseorang yang rutin mengkonsumsi wedang jahe merah juga bisa terhindar dari masalah kram perut dan membuat sistem pencernaan menjadi lancar.

6. Obat Cacingan
Kemudian, jahe merah juga bisa dimanfaatkan untuk mengatasi masalah cacingan pada anak maupun orang dewasa.  Caranya mudah, haluskan saja 60 gr jahe merah dan kemudian campurkan dengan air hangat. Saring air tersebut dan kemudian masukan kedalam gelas, tambahkan satu sendok madu. Konsumsi wedang jahe merah tersebut tiga kali dalam sehari dan mudah-mudahan masalah cacingan yang Anda alami akan segera hilang.

7. Mencegah Mabuk Perjalanan
Bagi Anda yang suka tidak tahan dan sering kali mabuk ketika naik kendaraan maka jangan khwatir karena untuk mencegah mabuk kendaraan ini snagatlah mudah yaitu cukup dengan mengkonsumsi air rebusan jahe merah sebelum naik mobil.

Rebus jahe merah secukupnya dengan dua gelas air, biarkan hingga mendidih dan air menyusut hingga menjadi satu gelas. Setelah itu, diamkan saja dan apabila sudah hangat-hangat kuku maka silahkan dikonsumsi. Usahakan untuk mengkonsumsinya 1 jam sebelum berangkat atau naik mobil.


8. Mengatasi Asma
Kemudian terakhir manfaat jahe merah ini bisa untuk mengatasi penyakit asma.  Caranya yaitu siapkan 20 gr jahe merah, daun sambiloto 30 gr, daun randu, 30 gr,  daun lampes 20 gr. Cuci dan bersihkan semua bahan diatas lalu rebus dengan 4 gelas air putih. Biarkan hingga mendidih dan air rebusan tinggal dua gelas dan kemudian angkat lalu dinginkan. Konsumsi ramuan ini dua kali sehari dengan ditambahkan madu dan lemon agar rasanya lebih nikmat.

Itulah 8 manfaat jahe merah bagi kesehatan beserta cara membuat ramuan jahe merah untuk mengatasi berbagai macam penyakit. Sebenarnya masih banyak manfaat dari jahe merah ini namun setidkanya itulah beberapa manfaatnya dari sekian banyak manfaat lainnya.


Share this :

Previous
Next Post »