10 Makanan Yang Harus di Hindari Ibu Hamil

Makanan Yang Harus di Hindari Ibu Hamil-pantangan ibu hamil
Saat memasuki masa kehamilan, seorang wanita dituntut untuk tidak mengkonsumsi makanan secara sembarangan karena apabila salah sedikit saja didalam mengkonsumsi makanan maka hal tersebut tidak hanya akan menggangu kesehatan Anda saja tetapi juga bisa menyebabkan masalah kesehatan pada janin yang ada didalam kandungan Anda. Bahkan, dampak buruk yang paling parah akibat salah didalam memilih makanan ini adalah bisa menyebabkan Anda menjadi keguguran.

Anda pasti tidak ingin keguguran bukan ? ya, saya rasa setiap wanita tentunya tidak menginginkan hal tersebut terjadi apalagi keguguran tersebut disebabkan oleh hal sepele yaitu hanya kerena salah mengkonsumsi makanan maka tentu saja ini sesuatu yang sangat menyakitkan. Sehingga maka dari itu berhati-hatilah didalam memilih makanan saat sedang hamil agar Anda dan si buah hati yang ada didalam perut tetap sehat hingga melahirkan nanti.

Nah ngomong-ngomong masalah makanan bagi ibu hamil, berikut dibawah ini ada beberapa makanan yang harus dihindari saat hamil karena makanan ini bisa menyebabkan gangguan pada janin yang ada didalam kandungan Anda hingga bahkan menyebabkan keguguran. Apa saja makanan tersebut ? yuk mari saja kita simak selengkapnya dibawah ini.


Pantangan Makanan Bagi Ibu Hamil


1. Makanan Setengah Matang atau Mentah
Pantangan makanan yang harus dihindari oleh ibu hamil adalah makanan setengah matang atau makanan yang masih mentah. Sebaiknya Anda menghindari terlebih dahulu makanan-makanan mentah seperti sushi, daging setengah matang, telur setengah matang dan seafood karena makanan-makanan tersebut mengandung bakteri salmonella. Bakteri ini sangat berbahaya dan bisa menyebabkan gangguan kesehatan pada janin Anda.

2. Makanan Berpengawet
Kemudian makanan yang harus dihindari saat sedang hamil selanjutnya adalah makanan yang berpengawet. Mengkonsumsi makanan berpengawet sangat berdampak buruk bagi kesehatan janin yang ada didalam perut Anda, bahkan reaksi janin tersebut terkadang bisa menyebabkan kontraksi dan membuat perut Anda terasa menjadi kencang.

3. Keju
Keju juga merupakan salah satu makanan yang harus Anda hindari saat sedang hamil karena makanan yang satu ini sangat tidak dianjurkan oleh para ahli kesehatan untuk dikonsumsi oleh ibu hamil apalagi keju tersebut tidak melalui proses pasteurisasi sehingga keju tersebut masih terdapat bakteri yang bisa membahayakan kesehatan janin.
Pasteurisasi ini adalah suatu proses dimana susu (bahan pembuatan keju) tidak dipanaskan dengan suhu 60 derajat, padahal untuk membunuh kuman maka susu harus dipanaskan selama 30 menit dengan suhu kurang lebih 60 derajat.

4. Sayuran Mentah
Selain dilarang mengkonsumsi daging mentah, ibu hamil juga tidak boleh mengkonsumsi sayuran mentah atau salad. Hentikan kebiasaan Anda mengkonsumsi lalapan sayuran mentah karena biasanya pada sayuran mentah terdapat banyak bakteri yang bisa menyebabkan Anda menjadi mual, muntah, diare hingga bahkan menggangu kesehatan janin yang ada didalam kandungan Anda.

5. Tape
Mengkonsumsi tape juga sangat dilarang bagi ibu hamil karena hasil fermentasi pada tape ini bisa menghasilkan zat alkohol didalam tubuh Anda. Apabila zat alkohol ini terlalu berlebihan didalam tubuh ibu hamil maka lama-kelamaan akan menyebabkan janin tidka bisa bertahan didalam rahim Anda dan memicu terjadinya keguguran.

Buah Yang Dilarang Bagi Ibu Hamil


1. Nanas
Meskipun nanas ini buah yang sangat menyegarkan tetapi bagi Anda yang sedang memasuki masa kehamilan maka sebaiknya harus menghindari buah yang satu ini karena dampaknya sangat fatal bagi ibu hamil, bahkan bisa menyebabkan keguguran kandungan. Buah nanas ini memiliki kadar kandungan alkohol yang cukup tinggi sehingga apabila dikonsumsi oleh ibu hamil maka bisa menyebabkan janin keguguran.

2. Durian
Durian merupakan salah buahan yang memiliki bau khas dan tentunya manis apabila sudah matang. Nah, meksipun enak dan manis tetapi durian ini tidak boleh dikonsumsi oleh ibu hamil walaupun hanya sedikit karena kandungan glukosa dan alkohol didalam buah ini bisa menyebabkan keguguran terutama pada wanita yang usia kehamilannya masih 3 bulan kebawah.

3. Pepaya Muda
Kemudian buah yang harus Anda hindari saat hamil adalah pepaya muda. Lateks yang terdapat pada buah pepaya muda ini sangat beresiko bagi ibu hamil dan bisa menyebabkan kontraksi dini sehingga memicu terjadinya keguguran.

4. Nangka
Sama halnya dengan durian, buah nangka juga memiliki kandungan alkohol serta glukosa tinggi sehingga sangat tidak baik apabila dikonsumsi oleh ibu hamil terutama bagi wanita yang masih hamil muda. Bahkan resiko yang paling dikhawatirkan adalah terjadinya keguguran.

5. Buah Mengkal
Kemudian buah terkahir yang menjadi pantangan bagi ibu hamil adalah buah yang masih mengkal. Buah mengkal atau kondisi setengah matang sangat rentan dan bisa menimbulkan berbagai masalah pada ibu hamil dan janin. Buah mengkal ini masih banyak mengandung bakteri seperti bakteri listeria dan bakteri toksoplasma. Seperti yang kita ketahui, bakteri toksoplasma ini bisa menyebabkan janin lahir dengan kondisi tidak normal atau abnormal


Itulah makanan yang harus dihindari saat hamil agar kesehatan Anda dan janin yang ada didalam kandungan Anda tetap terjaga. Selain makanan diatas, Anda juga harus menghindari minuman beralkohol, susu mentah dan minuman berkafein secara berlebihan.

Share this :

Previous
Next Post »