Sakit di Ulu Hati ? Waspadai 9 Penyakit Ini

Sakit di ulu hati biasanya disebabkan oleh berbagai faktor, salah satu faktor penyebab yang paling umum biasanya adalah sakit maag. Seperti yang kita ketahui sakit maag adalah penyakit sering kali dianggap sepele oleh kebanyakan orang sehingga tak heran apabila ketika mereka merasakan sakit di ulu hati maka kebanyakan dari kita hanya menganggap hal itu adalah akibat sakit maag dan nantinya akan sembuh dengan sendirinya apabila perut sudah terisi makanan.

Namun Anda harus ingat, meskipun sakit di ulu hati sering kali disebabkan oleh sakit maag tetapi Anda tetap waspada karena selain sakit maag ternyata ada beberapa penyakit berbahaya lainnya yang juga terkadang menyebabkan sakit di ulu hati. Gak percaya ? silahkan simak selengkap dibawah ini.

Cara Mengobati Sakit Ulu Hati dan penyebabnya




Penyebab Sakit di Ulu Hati


1. Penyakit GERD.
Pernah mendengar apa itu penyakit GERD ? Gastroesophageal reflux disease atau yang biasa di singkat menjadi GERD merupakan salah satu penyakit yang juga menyebabkan sakit di ulu hati Anda. Biasanya para penderita penyakit ini akan merasakan sensasi terbakar di belakang tulang dada (herat burn) dan sensar terbakar tersebut juga akan merambat ke daerah ulu hati

2. Radang Lambung
Kemudian selain maag, penyakit yang menyebabkan sakit di ulu hati adalah karena adanya radang dilambung Anda. Radang lambung ini tidak hanya membuat sakit ulu hati kita saja tetapi juga menyebabkan perut terasa mual, kembung bahkan hingga penurunan berat badan. Penyebab radang lambung ini sendiri biasanya diakibatkan karena terlalu tingginya kadar asam di dalam lambung Anda.

3. Tukak Lambung
Tukak lambung atau gastritis juga bisa memicu terjadinya sakit di ulu hati. Tukak lambung ini adalah kondisi dimana adanya luka pada lambung kita sehingga tidak hanya menyebabkan sakit di daerah ulu hati saja tetapi juga terkadang menyebabkan hal lain nya seperti perut terasa mual dan ingin muntah, bahkan apabila luka tersebut sudah berat maka bisa saja menyebabkan BAB berwarna hitam. Selain itu, biasanya para penderita tukak lambung ini akan mengalami sakit di ulu hati setelah makan bahkan rasa sakitnya bisa lebih buruk.

4. Kanker Lambung
Kemudian penyakit selanjutnya yang juga bisa menyebabkan kita mengalami sakit di ulu hati adalah karena adanya kanker pada lambung. Biasnya tanda-tanda dari kanker lambung ini tidak akan terasa di tahap awal, tanda yang paling bisa terlihat adalah adanya penurunan berat badan, sakit perut dan sakit di daerah ulu hati yang berkepanjangan.

5. Gastroenteritis.
Gastroenteritis adalah kondisi dimana adanya peradangan pada lambung sekaligus usus sehingga hal ini tidak hanya menyebabkan sakit di ulul hati saja tetapi juga bisa membuat kita merasakan mual, nyeri pada perut, demam dan diare.

6. Radang Pankreas
Selain radang lambung, radang pada pankreas juga bisa menjadi penyebab ulu hati sering merasa nyeri. Bahkan sakit di ulu hati akibat radang pankreas ini biasanya akan terasa sangat sakit hingga merambat ke arah belakang. Salah satu tanda-tanda Anda terkena radang pankreas adalah biasa terdapat nyeri ringan di epigastrium.

7. Kanker Pankreas.
Kanker pankreas merupakan salah satu penyakit berbahaya yang juga menjadi penyebab kita mengalami sakit di ulu hati. Bahkan kanker pankreas ini menyebabkan sakit yang parah di daerah epigastrium.

8. Penyakit Kandung Empedu.
Selanjutnya, penyakita yang juga bisa menyebabkan seseorang mengalami sakit di ulu hatinya adalah penyakit kantung empedu. Biasanya sakit akibat dari peradangan pada kantung empedu ini awalnya di perut bagian kanan dan menjalar hingga ke ulu hati.

9. Penyakit Liver (Hati).
Sakit liver juga bisa menjadi penyebab ulu hati kita menjadi nyeri. Biasanya tidak hanya nyeri pada ulu hati saja, bahkan liver juga membuat kita menjadi demam, mual, lemes, tidak nafsu makan dan bahkan menyebabkan beberapa perubahan pada kulit dan sclera mata menjadi warna kuning.

Obat Sakit Ulu Hati


1. Antasida
Ketika Anda mulai merasakan sakit di ulu hati maka segera diatasi dengan cepat dan tepat. Salah satu obat sakit ulu hati yang cukup bisa diandalkan adalah antasida. Antasida mampu membantu menetralkan asam pada lambung sehingga sangat membantu dalam meredakan nyeri di ulu hati. Konsumsi antasida cair, ketika hendak tidur dimalam hari dan pastikan bahwa Anda telah makan sebelum mengkonsumsi obat tersebut. Selain itu, untuk sementara coba hindari terlebih dahulu makanan ayng berminyak, pedas, berlemak dan minuman berkafein agar proses penyembuhan bisa berlangsung cepat.

2. Obat Tradisional
Selain dengan mengkonsumsi antasida, Anda juga bisa mengobati sakit di ulu hati ini dengan obat-obatan tradisional yaitu jahe atau lidah buaya. Caranya sangat mudah, apabila Anda ingin menggunakan jahe maka jadikan jahe sebagai minuman (wedang jahe). Jahe ini mampu menyembuhkan peradangan dan mengurangi rasa mual.

Apabila Anda ingin menggunakan lidah buaya maka caranya juga sangat mudah yaitu bisa menjadikan lidah buaya sebagai jus. Lidah buaya ini tidak hanya mampu membuat perut menjadi dingin tetapi juga bisa membantu mengatasi iritasi pada lambung.

3. Nasi
Kemudian cara terakhir yang cukup ampuh untuk menghilangkan sakit di ulu hati ini adalah dengan cara mengunyah nasi hingga halus, lalu baru menelan nya. Saya sudah mencoba beberapa kali cara ini dan hasilnya sangat ampuh.


Itulah penyebab dan cara mengatasi sakit di ulu hati. Semoga artikel kali ini bermanfaat dan menambah wawasan Anda.