10 Manfaat Minum Air Hangat Sebelum Tidur dan Bangun Tidur

Minum air hangat sebelum tidur dimalam hari dan setelah bangun tidur di pagi hari ternyata memiliki manfaat yang sangat luar biasa bagi kesehatan kita. Namun sayangnya terkadang hal ini sering disepelekan oleh kebanyakan orang dan sebagian dari kita bahkan malas untuk minum air putih apabila ketika akan tidur dimalam hari. Lebih parahnya lagi yaitu bahkan kebanyakan dari kita akan mencari kopi ketika bangun tidur dipagi hari dan melupakan air putih.

Seperti yang kita ketahui air putih tidak hanya sekedar minuman pelepas dahaga saja tetapi banyak manfaat yang terdapat didalam air putih ini, bahkan para ahli kesehatan pun mengatakan bahwa mengkonsumsi air putih hangat secara rutin setiap pagi ketika bangun tidur dan malam ketika akan hendak tidur sangat bermanfaat bagi tubuh Anda dan bisa membuat kita terhindar dari berbagai macam penyakit.

Manfaat Minum Air Hangat Sebelum Tidur


Nah, bagi Anda yang masih penasaran dan ingin mengetahui apa saja manfaat dan khasiat minum air putih hangat saat akan tidur dimalam hari dan sesudah bangun tidur di pagi hari maka simak saja selengkapnya dibawah ini.


Manfaat Minum Air Putih Hangat Sebelum Tidur


1. Menurunkan Berat Badan
Minum air hangat sebelum tidur di malam hari memiliki manfaat yang luar biasa bagi Anda, terutama wanita. Cukup dengan mengkonsumsi air hangat sebelum tidur secara rutin setiap malam maka hal ini bisa membantu menurunkan berat badan pada tubuh Anda. Nah, maka dari itu bagi Anda yang sedang menjalani program diet dan ingin menurunkan berat badan secara alami maka jangan lupa untuk selalu mengkonsumsi air hangat satu gelas ketika akan hendak tidur dimalam hari.

2. Detoksifikasi
Mengkonsumsi air putih hangat ketika hendak tidur dimalam hari juga sangat membantu proses detoksifikasi didalam tubuh. Air putih ini mampu membersihkan sistem pencernaan dan kandung kemih sehingga membilas racun dan membersihkan urin. Nah, apabila Anda rutin setiap hari minum air putih hangat sebelum tidur dimalam hari maka tubuh Anda akan bersih dari racun-racun sehingga hal ini akan membuat Anda menjadi selalu sehat dan bugar setiap hari.

3. Mencegah Dehidrasi
Ketika kita tidur dimalam hari maka tubuh sangat rentan terkena dehidrasi sehingga maka dari itu sangat penting bagi kita untuk selalu mengkonsumsi satu gelas air hangat ketika hendak tidur dimalam hari agar tubuh kita tetap ter hidarasi. Sehingga ketika bangun tidur dipagi hari tubuh menjadi bugar dan tidak lesu.

4. Membakar Kalori
Kemudian manfaat mengkonsumsi air putih hangat sebelum tidur dimalam hari yang selanjutnya adalah yaitu bisa membantu membakar kalori yang ada didalam tubuh. Mengkonsumsi air hangat dimalam hari akan meningkatkan metabolisme tubuh, yang mana hal ini akan sangat membantu dalam proses pembakaran kalori secara ekstra. Apabila kalori didalam tubuh mulai berkurang maka hal ini tentu saja akan berdampak pada berat badan Anda. Berat badan Anda akan turun secara perlahan.

5. Membuat Tubuh Lebih Segar di Pagi Hari
Mengkonsumsi air putih hangat sebelum tidur dimalam hari juga bisa membantu menstabilkan suhu pada tubuh kita dan membantu proses pembentukan otot. Tidak hanya itu saja, seperti yang sudah dijelaskan diatas bahwa minum air putih sebelum tidur juga bisa menjaga tubuh agar tidak dehidrasi sepanjang malam. Hal tersebut tentu saja akan berdampak positif bagi Anda ketika terbangun tidur di pagi hari, dimana tubuh akan terasa segar serta fresh tanpa ada rasa lesu maupun lemas.

Manfaat Minum Air Putih Hangat di Pagi Hari


1. Melancarkan Sirkulasi Darah
Manfaat minum air hangat dipagi hari sesudah bangun tidur yaitu bisa membantu melancarkan sirkulasi darah didalam tubuh. Sirkulasi darah yang lancar akan membuat organ-organ didalam tubuh kita bisa bekerja secara optimal. Nah, apabila seluruh organ tubuh sudah bekerja secara optimal maka tentu saja tubuh akan sehat dan kitapun terhindar dari berbagai macam penyakit berbahaya.

2. Mengatasi Sembelit
Sembelit atau susah buang air besar sering kali membuat perut menjadi tidak nyaman. Nah, maka dari itu apabila Anda tidak ingin terkena penyakit sembelit maka cobalah untuk rutin selalu mengkonsumsi air putih hangat setiap pagi. Mengkonsumsi air hangat saat perut masih kosong dapat meningkatkan gerakan usus dan membantu memecah partikel makanan sehingga hal ini membantu Anda terhindar dari yang namanya sembelit.

3. Pembersihan
Mengkonsumsi air putih hangat setidaknya dua gelas dipagi hari akan membantu pembersihan racun-racun yang ada didalam tubuh. Untuk hasil terbaik Anda bisa mencampurkan air hangat dengan lemon serta madu.

4. Meredakan Nyeri Tenggorokan
Bagi Anda yang sedang mengalami demam seperti flu, batuk dan tenggorokan sakit maka cobalah untuk mengkonsumsi air hangat dipagi hari saat Anda baru bangun tidur. Air hangat ini akan membantu meredakan rasa nyeri pada tenggorokan dan membuat nafas Anda menjadi lega.  

5. Membantu Program Diet
Bagi Anda yang sedang menjalani program diet sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi air hangat setidaknya dua gelas ketika bangun tidur dipagi hari. Air putih hangat ini akan membantu memperlancar sistem metabolisme didalam tubuh Anda dan mampu membantu menurunkan berat badan secara alami.


Itulah manfaat minum air putih hangat sebelum tidur dimalam hari dan sesudah bangun tidur di pagi hari. Meskipun hal ini terlihat sepele tetapi nyatanya memiliki manfaat yang sangat luar biasa bagi tubuh. So, jangan malas lagi untuk minum air putih ya ladies.