11 Tanda Orang Sedang Depresi

Bekerja dari pagi hingga sore hari memang sangat melelahkan dan menguras tenaga maupun otak kita sehingga maka dari itu kita harus pandai-pandai didalam menjaga kondisi tubuh agar kesehatan kita tetap terjaga dan tidak gampang sakit. Seperti yang kita ketahui, rutinitas yang padat setiap hari tidak hanya membuat tubuh terasa lelah tetapi juga rentan membuat kita menjadi stres. Meskipun stres adalah sesuatu yang wajar tetapi kita tidak boleh mengabaikannya karena stres yang tidak bisa dikendalikan bisa menyebabkan Kita menjadi depresi.

Depresi ini adalah suatu kondisi dimana ketika seseorang merasakan sedih yang berkepanjangan, bahkan orang yang sedang mengalami depresi ini sering kali terlihat murung seperti tidak mempunyai semangat hidup dan menjadi malas untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Tanda-tanda orang yang sedang depresi sangat mudah terlihat, tetapi sayangnya banyak orang yang tidak mengetahui tanda tersebut sehingga tak heran apabila terkadang depresi yang seharusnya ringan dan bisa diatasi dengan mudah berubah menjadi depresi berat.

Tanda Orang Sedang Depresi


Nah, bagi Anda yang belum mengetahui apa saja tanda-tanda orang yang sedang mengalami depresi maka silahkan simak selengkapnya dibawah ini.


Tanda Orang Sedang Depresi


1. Insomnia
Tanda pertama orang yang sedang mengalami depresi biasanya adalah insomnia Orang-orang yang sedang depresi akan mengalami kesulitan untuk tidur dimalam hari karena pikiran mereka selalu gelisah dan tidak tenang karena beban pikiran yang banyak sehingga hal ini membuat mereka menjadi sulit untuk memejamkan mata dimalam hari.

2. Gelisah dan Cemas
Orang yang sedang depresi biasanya cenderung gelisah serta cemas, seperti ada ketakutan yang sangat besar menghantui mereka. Tidak hanya itu saja, orang yang sedang depresi juga sering kali merasakan kekosongan atau hampa yang tidak bisa dikendalikan didalam diri mereka. Nah, apabila Anda merasakan hal ini berkepanjangan maka bukan tidak mungkin bahwa Anda sedang mengalami depresi dan segeralah mencari bantuan.

3. Mudah Marah
Apabila akhir-akhir ini Anda menjadi mudah marah, padahal sebelumnya tidak begitu maka hal ini patut diwaspadai karena bisa saja ini adalah satu pertanda bahwa pada saat ini Anda sedang mengalami depresi.

4. Nafsu Makan Menurun
Kemudian tanda selanjutnya yang bisa menjadi pertanda bahwa Anda sedang depresi adalah kehilangan nafsu makan. Apabila Anda merasa nafsu makan menurun secara tiba-tiba tanpa ada sebab seperti sakit atau sedang diet maka hal ini besar kemungkinan adalah tanda bahwa Anda sedang banyak pikiran dan sedang mengalami depresi. Segeralah minta bantuan kepada teman atau dokter agar depresi yang Anda alami tidak berkembang menjadi lebih buruk lagi.

5. Berat Badan Menyusut
Beban pikiran yang berat akan membuat nafsu makan kita menurun. Nah, apabila nafsu makan kita sudah menurun maka hal ini tentunya juga berdampak negatif bagi kesehatan tubuh kita dan membuat berat badan menjadi turun drastis.

6. Kehilangan Semangat
Orang yang sedang depresi biasanya juga akan kehilangan semangat didalam diri mereka, bahkan mereka akan kehilangan ketertarikan dengan hal-hal yang dahulu menyenangkan bagi mereka.

7. Merasa Tidak Berguna
Kemudian tanda orang yang sedang depresi selanjutnya adalah yaitu mereka selalu menganggap bahwa dirinya adalah orang yang tidak berguna. Mereka sangat tidak percaya diri dan suka merendahkan serta menyalahkan diri sendiri

8. Mudah Lelah
Aktivitas fisik memang sangat menguras tenaga sehingga sangat melelahkan, namun fisik yang lelah bisa pulih kembali setelah beristirahat. Tetapi apabila lelah akibat beban pikiran yang terlalu banyak maka capeknya bisa lebih dua kali lipat dibandingkan capek akibat aktivitas fisik. Sehingga maka dari itu tak heran apabila orang-orang yang mengalami depresi akan mudah merasa lelah akibat terlalu banyak beban pikiran.

9. Sering Menyendiri
Coba perhatikan, apakah Anda adalah tipe orang yang suka menyendiri ? apabila Anda bukan tipe orang yang penyendiri tetapi akhir-akhir ini tiba-tiba Anda suka menyendiri dan merenung serta merasakan kesedihan yang berkepanjangan maka hal ini bisa jadi satu pertanda bahwa Anda sedang mengalami depresi.

10. Mudah Sakit
Orang yang mengalami depresi biasanya sistem imun didalam tubuh mereka juga akan menurun sehingga hal ini bisa menyebabkan Anda mudah terkena berbagai macam penyakit seperti sakit kepala, gangguan pencernaan dan beberapa penyakit kronis lainnya.

11. Selalu Berpikir Mengenai Kematian
Kemudian tanda yang terakhir yaitu, biasanya orang yang mengalami depresi akan selalu berpikir mengenai kematian. Mereka menganggap bahwa mengakhiri hidup adalah salah satu jalan terbaik untuk menyelasikan semua masalah yang mereka hadapi. Padahal bunuh diri sama sekali bukanlah sebuah solusi tetapi malah akan membuat keluarga Anda menjadi bertambah sedih.


Itulah tanda orang yang sedang mengalami depresi. Perhatikan, apakah tanda tersebut sedang Anda rasakan pada saat ini ? jika iya maka segeralah untuk berkonsultasi kepada dokter atau meminta bantuan teman agar depresi ini tidak berkembang menjadi sesuatu yang membahayakan. Ingat, depresi ini bisa terjadi pada wanita maupun pria sehingga maka dari itu kendalikanlah emosi serta stres Anda agar tidak berujung pada depresi.