6 Tanda-Tanda Orang Kurang Tidur

Kurang tidur tidak hanya membuat kita menjadi ngantuk seharian tetapi terkadang juga bisa berakibat fatal bagi kesehatan. Seseorang yang kurang tidur biasanya akan merasa sangat ngantuk ketika beraktivitas di siang hari sehingga sering kali membuat kita menjadi sulit untuk fokus dan konsentrasi pada pekerjaan dan apabila kita tetap memaksa untuk terus bekerja maka terkadang bisa membuat kepala menjadi sakit.

Tanda-tanda seseorang kurang tidur ini sebenarnya bisa dengan mudah terlihat namun sayangnya terkadang banyak orang yang menyepelekan tanda-tanda tersebut, padahal tanda tersebut bisa dikatakan sebagai alarm bagi Anda agar segera memperbaiki gaya hidup dan benar-benar memanfaatkan waktu untuk tidur setidaknya 8 jam setiap malam agar tubuh tetap sehat dan bugar.

 Tanda-Tanda Orang Kurang Tidur


Nah, bagi Anda yang belum mengetahui apa saja tanda-tanda seseorang yang kurang tidur maka silahkan simak saja selengkapnya dibawah ini.


Tanda-Tanda Orang Kurang Tidur


1. Sering Menguap
Tanda pertama yang bisa Anda rasakan apabila kita kurang tidur adalah selalu menguap baik itu di pagi maupun siang hari. Selain menguap biasanya Anda juga akan merasa letih serta mengantuk sepanjang hari. Tentu saja hal ini sangat merugikan bukan ? apabila dibiarkan maka tentu saja lama-kelamaan akan menggangu produktivitas Anda.

2. Tidak Fokus
Tanda kedua adalah tidak fokus. Seseorang yang kurang tidur dimalam hari biasanya akan sangat sulit untuk fokus terhadap satu aktivitas. Hal ini disebabkan karena orang yang kurang tidur mengalami suatu gangguan yang dinamakan Attention Deficit Disorder, yang mana menyebabkan respon motorik menjadi lambat dan tidak akurat.

3. Mudah Sakit
Kemudian tanda-tanda orang yang kurang tidur selanjutnya adalah biasanya mereka selalu merasa tidak enak badan dan sedikit-sedikit sakit. Seseorang yang kurang tidur biasanya daya tahan tubuhnya akan melemah sehingga hal ini menyebabkan mereka sangat mudah terserang virus dan sakit. Salah satu penyakit yang paling sering menyerang orang yang kurang tidur biasanya adalah flu.

4. Mudah Lupa
Apabila Anda akhir-akhir ini menjadi pelupa padahal sebelum-sebelumnya tidak maka itu bisa jadi merupakan salah satu tanda tubuh kekurangan tidur. Menurut penelitian, seseorang yang kurang tidur maka memori jangka pendeknya akan terganggu.

5. Menjadi Ceroboh
Kemudian tanda selanjutnya adalah ceroboh. Orang yang kurang jam tidurnya biasanya sering kali bersikap ceroboh. Kurang tidur ini mempengaruhi sel-sel saraf di otak kita dan menyebabkan kita menjadi ceroboh dalam melakukan tindakan apapun seperti sering menjatuhkan barang  atau menumpahkan minuman.

6. Mata Sayu dan Berat
Kemudian tanda terakhir, biasanya orang yang kurang tidur matanya tampak sayu dan berat bahkan terkadang ada terbentuk kantung mata.

Dampak Negatif Akibat Kurang Tidur


1. Berat Badan Bertambah
Kurang jam tidur memiliki dampak negatif bagi tubuh Anda, salah satu dampak yang mungkin bisa Anda rasakan adalah bertambah berat badan. Seseorang yang kurang tidur dimalam hari biasanya akan mudah merasa lapar sehingga apapun jenis makanan akan mereka makan. Nah, apabila hal ini terus berlangsung maka tentu saja akan membuat berat badan anda terus bertambah bahkan bukan tidak mungkin Anda akan mengalami obesitas akibat nafsu makan yang tidak terkontrol.

2. Kantung Mata
Kemudian dampak negatif kurang tidur yang kedua adalah munculnya kantung mata. Meskipun tidak berbahaya bagi kesehatan tetapi munculnya kantung mata ini sering kali di anggap mengganggu penampilan dan kecantikan sehingga terkadang bisa mengurangi rasa percaya diri.

3. Insomnia Akut
Kurang tidur juga bisa menyebabkan seseorang mengalami gangguan tidur atau insomnia. Bahkan tidak menutup kemungkinan Anda akan menderita Insomnia akut, yang mana ini tidak bisa di anggap sepele karena sangat tidak baik untuk kesehatan tubuh serta bisa menyebabkan timbulnya berbagai macam penyakit.

4. Jerawat
Dampak selanjutnya akibat kurang tidur dimalam hari adalah bisa memicu timbulnya jerawat. Bahkan tidak hanya jerawat saja, kurang tidur juga sangat berdampak buruk bagi kulit wajah dan tubuh Anda. Biasanya kulit akan tampak lebih kusam, kering, bersisik serta muncul garis-garis halus atau kerutan pada wajah Anda.

5. Kematian
Dampak negatif yang terakhir dan paling menakutkan akibat dari kurang tidur ini adalah bisa menyebabkan seseorang meninggal. Meskipun hal ini sangat jarang terjadi tetapi beberapa laporan menyebutkan bahwa sudah ada beberapa kasus orang meninggal akibat kelelahan dan kurang tidur.


Itulah tanda-tanda orang kurang tidur beserta dampak negatif akibat kurang tidur bagi tubuh. Semoga tulisan ini bermanfaat dan menambah wawasan Anda.


Share this :

Previous
Next Post »