Bahaya dan Manfaat Mandi Malam Hari Bagi Kesehatan

Banyak orang yang berdebat mengenai bahaya mandi malam, sebagian dari mereka mengatakan bahwa mandi malam bukanlah sesuatu yang berbahaya namun bagi sebagian lagi menganggap bahwa mandi malam adalah suatu kebiasaan buruk yang harus dihindari karena sangat tidak baik bagi kesehatan dan bahkan apabila dilakukan secara terus menerus dalam jangka waktu yang panjang bisa menyebabkan Anda terkena berbagai macam penyakit.

Seperti yang kita ketahui mitos mengenai bahaya mandi malam ini memang sering kali kita dengar, bahkan orang tua kita pun selalu mengingatkan kita untuk tidak terlalu sering mandi dimalam hari karena hal tersebut sangat tidak baik bagi kesehatan. Meskipun sampai saat ini belum ada bukti ilmiah yang mengatakan mandi malam itu berbahaya bagi kesehatan tetapi tetap saja ada baiknya apabila kita membiasakan diri untuk mandi di sore hari saja dan sebisa mungkin menghindari mandi malam.

Bahaya dan Manfaat Mandi Malam Hari Bagi Kesehatan


Nah, ngomong-ngomong tentang bahaya mandi malam berikut dibawah ini ada beberapa penyakit yang bisa disebabkan akibat terlalu sering mandi malam.


Bahaya Mandi Malam Bagi Kesehatan


1. Masuk Angin
Dampak buruk akibat mandi malam yang mungkin paling sering dialami oleh banyak orang adalah masuk angin. Meskipun masuk angin ini terlihat sepele tetapi tetap saja tidak bisa diabaikan karena apabila tidak diatasi maka masuk angin akibat mandi malam ini bisa menyebabkan Anda menjadi demam. Apabila tubuh sudah demam maka tentunya akan sangat mengganggu aktivitas Anda. So, maka dari itu hindarilah mandi malam apalagi ketika kondisi suhu tubuh masih panas karena hal ini akan membuat Anda mudah masuk angin.

2. Nyeri Otot
Mandi malam juga bisa menyebabkan otot-otot di sekujur tubuh kita menjadi nyeri. Rasa nyeri ini bukan seperti nyeri pegal-pegal biasa ketika kita sehabis bekerja tetapi rasa nyerinya seperti menusuk-nusuk tulang dengan jarum kecil. Saya sendiri pernah mengalami hal ini, sampai saat ini saya cukup takut untuk mandi malam.

3. Rematik
Kemudian bahaya mandi malam selanjutnya adalah bisa menyebabkan rematik. Rematik adalah suatu penyakit peradangan pada sendi yang mana penyakit ini membuat penderitanya merasakan nyeri pada sendi yang terkena rematik tersebut. Meskipun tidak terlalu berbahaya tetapi penyakit rematik ini cukup menjengkelkan dan membuat penderitanya cukup tersiksa apabila sedang kambuh.

Nah, bagi Anda yang sudah mempunyai penyakit rematik maka sebisa mungkin untuk menghindari mandi malam karena apabila Anda masih nekat untuk mandi malam juga maka hal ini akan membuat penyakit rematik yang Anda derita semakin parah.

4. Paru-Paru Basah
Penyakit paru-paru basah juga kerap kali dikait-kaitkan akibat dari mandi malam. Banyak orang yang percaya bahwa seseorang yang terlalu sering mandi dimalam hari akan beresiko terkena penyakit paru-paru basah. Meskipun hal ini belum terbukti secara ilmiah tetapi tidak menutup kemungkinan apabila mandi malam juga bisa menjadi penyebab seseorang terkena penyakit paru-paru basah.

5. Penuaan Dini
Kemudian dampak buruk akibat mandi malam yang selanjutnya adalah menyebabkan penuaan dini. Anda tentu tidak mau mengalami penuaan dini bukan ? nah, maka dari itu hindari mandi malam karena selain tidak baik bagi kesehatan juga bisa membuat Anda terlihat cepat tua.

Manfaat Mandi Malam


Mandi malam tak selamanya buruk bagi kesehatan asalkan tidak dilakukan setiap hari. Ternyata dibalik bahaya mandi malam terdapat beberapa manfaat yang mungkin selama ini tidak Anda ketahui. Apa saja manfaat dari mandi malam ini, yuk kita lihat selengkapnya di bawah ini.

1. Membuat Tubuh Menjadi Segar
Mandi malam tentunya membuat tubuh menjadi segar sehingga tidurpun menjadi nyaman dan nyenyak. Selain itu, air dingin bisa membuat otot-otot menjadi rileks kembali sehingga rasa stres serta penat selepas bekerja bisa hilang dan badan Anda pun fresh kembali.

2. Mencegah Insomnia
Kemudian manfaat mandi malam selanjutnya adalah bisa mencegah insomnia. Mandi sebelum tidur dimalam hari akan membuat tubuh menjadi segar dan keringat-keringat yang menempel di tubuh Anda menjadi hilang. Apabila tubuh sudah mulai nyaman maka bisa dipastikan kita akan cepat tertidur.

3. Menurunkan Tekanan Darah
Mandi malam tak selamanya buruk bagi kesehatan, bahkan mandi malam ini mampu membantu menurunkan tekanan darah tinggi. Bagi Anda yang sering bermasalah dengan tekanan darah tinggi maka sangat dianjurkan untuk mandi dimalam hari agar tekanan darah menjadi normal kembali.

4. Menenangkan
Kemudian manfaat mandi malam yang terakhir adalah mampu membantu menenangkan tubuh. Tidak percaya ? silahkan Anda coba buktikan sendiri


Itulah bahaya mandi malam bagi kesehatan beserta manfaatnya. Semoga artikel ini menambah wawasan dan bermanfaat bagi Anda.