Penyebab dan Cara Mengatasi Keringat Berlebih (Hiperhidrosis)

Apakah Anda sering berkeringat secara berlebihan padahal cuaca tidak terlalu panas ? jika iya maka hal tersebut patut diwaspadai karena hal ini bisa saja merupakan suatu pertanda bahwa sedang ada masalah dengan kesehatan Anda. Didalam dunia medis, seseorang yang sering berkeringat secara berlebihan ini disebut dengan Hiperhidrosis. Hiperhidrosis atau keringat berlebihan ini sering kali dialami pada bagian tertentu seperti sering berkeringat di telapak tangan, kaki, wajah bahkan ketiak sehingga terkadang menyebabkan ketiak basah.

Sebenarnya berkeringat ini adalah sesuatu yang wajar, apalagi sehabis berolahraga maka sudah pasti keringat akan membasahi tubuh kita. Keringat akan keluar dengan sendirinya dan berfungsi untuk mendinginkan tubuh kita ketika temperatur tubuh meningkat. Namun apabila Anda mengeluarkan keringat secara berlebihan tanpa melakukan aktivitas apapun atau ketika cuaca sedang tidak panas maka hal ini bisa dikatakan sesuatu yang tidak normal dan menandakan bahwa ada masalah pada kesehatan Anda. Berkeringat berlebihan ini juga tentunya akan sangat menggangu dan membuat seseorang menjadi tidak percaya diri.

Penyebab dan Cara Mengatasi Keringat Berlebih (Hiperhidrosis)




Penyebab Keringat Berlebihan (Hiperhidrosis)


1. Pengaruh obat-obatan tertentu
2. Sering mengkonsumsi alkohol
3. Faktor genetik
4. Adanya infeksi kronis
5. Mengalami Stres
6. Penyakit Jantung
7. Monopouse
8. Penyakit kanker seperti kanker limfoma dan leukimia
9. Gula darah rendah
10. Hipertiroid

Cara Mengatasi Keringat Berlebih


Masalah keringat berlebih ini tidak bisa dianggap sepele dan harus segera diatasi dengan cepat karena apabila tidak diatasi dan dibiarkan saja maka lama-kelamaan akan sangat mengganggu aktivitas harian Anda dan membuat kita menjadi tidak percaya diri. Nah, berikut dibawah ini ada beberapa cara yang bisa Anda jadikan referensi untuk mengatasi masalah keringat berlebih ini.

1. Deodorant dengan resep dokter
Cara pertama yaitu dengan menggunakan deodorant dengan resep dokter. Menggunakan deodorant yang dijual dipasaran tidak akan membantu mengatasi masalah Anda sehingga untuk itu langkah terbaik yang bisa Anda lakukan adalah pergi kedokter. Deodorant resep dokter ini biasanya memiliki efek yang lebih kuat dalam mengatasi keringat berlebih dibandingkan dengan deodorant yang dijual dipasaran

2. Obat-obatan
Kemudian cara kedua untuk mengatasi masalah keringat berlebih ini yaitu dengan mengkonsumsi obat-obatan. Obat-obatan yang diresepkan oleh dokter biasanya berfungsi untuk menghalangi kerja saraf yang memiju kelenjar keringat.

3. Injeksi Botoks
Kemudian cara ketiga yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi masalah keringat berlebih ini adalah dengan injeksi botoks. Injeksi botoks ini berfungsi untuk menghalangi saraf kelenjer keringat agar tidak terlalu aktif. Efek suntik botoks ini biasanya hanya bertahan selama 4 bulan dan setelah lewat dari empat bulan maka Anda harus melakukan suntik botoks kembali.

4. Tindakan Bedah
Terkahir, cara mengatasi keringat yang berlebih ini adalah dengan melakukan tindakan bedah. Tindakan bedah ini bertujuan untuk mengambil kalenjer keringat berlebih atau memblokade saraf kalenjer keringat.

Tips Mengendalikan Keringat Berlebihan

1. Jaga kebersihan badan dan jangan malas untuk mandi secara teratur
2. Gunakan baju dan kaos kaki yang bisa menyerap keringat
3. Jangan lupa untuk selalu mengeringkan kaki Anda ketika selesai mandi atau terkena air.
4. Sebisa mungkin hindarilah stres karena stres bisa memicu timbulnya keringat berlebihan
5. Selalu gunakan deodorant untuk meminimalisir keluarnya keringat
6. Jangan terlalu sering mengkonsumsi makanan pedas
7. Perbanyak mengkonsumsi buah dan sayur
8. Hindari kebiasaan buruk seperti merokok atau alkohol
9. Perbanyak mengkonsumsi air putih
10. Apabila keringat berlebih ini sudah sangat mengganggu maka segera minta bantuan medis.


Itulah penyebab dan cara mengatasi keringat berlebihan atau hiperhidrosis. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan kita semua. So, apabila Anda sering berkeringat secara berlebihan pada tangan, kaki atau ketiak maka cobalah untuk segera berkonsultasi ke dokter agar mendapatkan penanganan yang tepat.

Share this :

Previous
Next Post »