6 Penyebab Lidah Berwarna Putih

Ketika kita melihat cermin dan mendapati lidah kita berwarna putih maka tentunya akan membuat kita menjadi takut serta khawatir. Bahkan kemungkinan sebagian dari kita mulai berpikiran bahwa lidah berwarna putih tersebut adalah salah satu pertanda bahwa ada suatu penyakit serius didalam tubuh kita. Ya, meskipun lidah berwarna putih ini bisa saja menandakan bahwa adanya suatu penyakit pada tubuh Anda tetapi saya rasa Anda tidak perlu terlalu khawatir secara berlebihan karena sebenarnya penyebab lidah berwarna putih juga bisa diakibatkan oleh karena dehidrasi, yang mana artinya tubuh kekurangan cairan sehingga untuk mengatasi kita hanya disarankan untuk mengkonsumsi air putih cukup setiap hari.

Namun, Anda tidak boleh menyepelekan hal ini dan tetap harus memperhatikan kondisi warna lidah Anda agar kita bisa terhindar dari berbagai macam penyakit mengerikan dan mematikan. Berikut dibawah ini ada beberapa penyebab lidah berwarna putih yang harus Anda waspadai.

Penyebab Lidah Berwarna Putih



Penyebab Lidah Berwarna Putih


1. Leukoplakia
Mungkin sebagian dari kita masih asing dengan penyakit yang satu ini tetapi meskipun demikian kita tetap harus mewaspadai leukoplakia. Leukoplakia ini adalah bercak putih tebal pada gusi, bagian dalam pipi, bagian bawah mulut dan pada lidah. Biasanya leukoplakia ini disebabkan oleh karena faktor merokok ataupun mengkonsumsi alkohol secara berlebihan. Penyakit bisa saja menjadi serius dan berujung pada terjadinya kanker apabila Anda menyepelekan dan mengabaikan nya. So, apabila Anda sudah melihat tan-tanda seperti yang saya sebutkan diatas maka segera cepat periksakan kedokter dan hentikan kebiasaan buruk seperti merokok dan mengkonsumsi alkohol

2. Sifilis
Sifillis adalah salah satu penyakit yang sangat mengerikan dan bisa menular lewat hubungan bersama pasangan dengan cara oral. Apabila Anda melakukan oral kepada pasangan yang sudah positif terjangkit sifillis maka virus akan langsung masuk  dan berkembang didalam mulut Anda, yang mana biasanya ditandai dengan adanya sariawan lalu kemudian berkembang lagi menjadi bintik-bintik kuning putih yang kotor pada rongga lidah dan mulut.

3. Kanker mulut
Lidah berwarna putih yang disertai dengan kesulitan mengunyah atau menelan merupakan salah satu pertanda bahwa Anda terkena kanker mulut. Selain gejala diatas, perhatikan juga apakah Anda mengalami penurunan berat badan, sering pendarahan dari mulut tanpa penyakit gusi dan suara serak yang makin lama makin parah maka jangan tunggu lagi segera cepat periksakan diri Anda kedokter.

4. Penyakit Liver
Lidah berwarna putih juga bisa menandakan bahwa ada suatu masalah pada liver Anda. Sehingga maka dari itu kita tidak boleh membiarkan dan mengabaikanny, segera periksa kan kedokter agar bisa mendapatkan penanganan yang tepat.

5. Demam
Ketika kita sedang demam maka biasanya lidah juga akan berwarna putih. Umumnya, lidah berwarna putih pada saat sedang demam juga iringi dengan rasa pahit dan tidak nyaman ketika menelan makanan. Tetapi Anda tidak perlu terlalu khawatir karena nantinya warna lidah Anda akan kembali seperti semula seiring dengan hilangnya demam pada tubuh Anda.

6. Dehidrasi
Seperti yang sudah dijelaskan diatas tadi bahwa lidah berwarna putih juga bisa disebabkan oleh karena dehidrasi. Ketika tubuh kekurangan cairan maka mulut akan menjadi kering dan menyebabkan warna lidah menjadi lebih putih dan pucat. Untuk mengatasi hal ini sangatlah mudah yaitu cukup dengan mengkonsumsi air putih satu liter sehari.


Itulah penyebab lidah berwarna putih dan cara mengatasinya. Meskipun beberapa penyebab lidah berwarna putih tidak membahayakan tubuh tetapi kita tidak boleh menyepelekan nya karena lidah berwarna putih juga bisa menjadi satu pertanda adanya penyakit serius pada tubuh kita.