11 Manfaat Puasa Bagi Kesehatan Tubuh

Bulan puasa adalah salah satu bulan yang penuh berkah dan sangat ditunggu kedatangan nya oleh umat islam. Banyak umat muslim yang gembira menyambut datangnya bulan puasa karena pada bulan tersebut kita bisa mendapatkan pahala yang berlipat dibandingkan bulan-bulan lainnya. Meskipun pada bulan puasa ini kita diwajibkan untuk menahan rasa lapar dan haus tetapi hal tersebut tidak membuat umat muslim mengeluh mengenai hal ini karena memang puasa memiliki banyak sekali manfaat bagi tubuh kita dan selain itu, bulan puasa juga hanya datang satu kali didalam setahun sehingga untuk itu sangat disayangkan apabila kita tidak menjalani ibadah puasa ini.

Nah, bagi Anda yang masih merasa keberatan untuk menjalani puasa maka cobalah baca tulisan dibawah ini mengenai apa saja manfaat yang bisa Anda dapatkan apabila rajin berpuasa.

Manfaat Puasa Bagi Kesehatan Tubuh



Manfaat Puasa Bagi Kesehatan


1. Detoksifikasi
Orang-orang yang puasa tidak hanya mendapatkan pahala tetapi juga membuat badan mereka menjadi lebih sehat. Puasa bermanfaat sebagai detoksifikasi tubuh, yang mana detoksifikasi ini adalah suatu proses pengeluaran racun-racun yang ada didalam tubuh kita. Apabila tubuh kita terbebas dari racun-racun jahat maka tentunya tubuh kita akan menjadi lebih sehat serta bugar sehingga tidak mudah terkena berbagai macam penyakit.

2. Mengurangi Sakit Kepala
Mungkin sebagian dari kita tidak banyak yang mengetahui jika puasa bermanfaat untuk kesehatan tubuh, salah satu manfaat puasa bagi kesehatan adalah bisa membantu mengurangi sakit pada kepala atau migrain. Para peneliti mengatakan bahwa, saat kita berpuasa maka terjadi peningkatan hormon serontonin yang ada di otak sehingga hal ini menyebabkan kita menjadi lebih rileks, bahagia dan mampu membantu mengurangi sakit kepala migrain.

3. Menurunkan Berat Badan
Manfaat puasa selanjutnya yaitu bisa membantu menurunkan berat badan kita yang berlebihan. Puasa bisa dikatakan adalah salah satu diet terbaik bagi Anda yang mempunyai masalah dengan berat badan, dengan rutin berpuasa di bulan ramadhan serta puasa sunnah senin dan kamis maka akan sangat membantu Anda didalam menurunkan berat badan.

4. Meningkatkan Kekebalan Tubuh
Seperti yang sudah dijelaskan diatas bahwa puasa bermanfaat sebagai detoksifikasi tubuh. Detoksifikasi adalah proses normal dari tubuh untuk membuang atau menetralkan racun melalui colon, liver, ginjal, paru-paru, limpatik, dan kulit. Nah, proses detoksifikasi ini secara tidak langsung bisa membuat sistem kekebalan tubuh kita menjadi meningkat sehingga tubuh kita menjadi lebih kuat dan kebal terhadap serangan virus jahat.

5. Mengurangi Kolesterol
Puasa juga bisa membantu mengurangi kadar kolesterol didalam tubuh kita. Seperti yang kita ketahui bahwa kadar kolesterol yang tinggi adalah salah satu penyebab penyakit jantung sehingga untuk itu kita dituntut untuk tidak berlebihan mengkonsumsi makanan yang berkolesterol tinggi. Dengan berpuasa maka biasanya kita bisa mengontrol makanan-makanan yang berkolesterol tinggi sehingga kadar kolesterol didalam tubuh kita tetap terjaga.

6. Mengurangi Hipertensi
Hipertensi atau tekanan darah tinggi adalah salah satu penyakit umum yang menyerang masyarakat kita. Hipertensi ini bisa dikatakan penyakit berbahaya karena bisa mengakibatkan komplikasi sehingga untuk itu kita tidak boleh meremehkan hipertensi. Selain dengan menjalani pola hidup yang sehat, untuk mencegah hipertensi ini juga bisa dilakukan dengan cara berpuasa. Puasa akan membuat Anda terhindar dari hipertensi dan membuat tekanan darah Anda tetap stabil.

7. Mengobati Depresi
Puasa dibulan ramadhan juga bisa membantu Anda didalam mengatasi depresi atau kecemasan yang berlebihan. Menurut penelitian, orang-orang yang menjalani puasa selama beberapa hari maka akan terlihat lebih bahagia. Hal ini disebabkan karena ketika puasa, otak melepaskan hormon endorfin lebih banyak sehingga membuat kita menjadi lebih bahagia.

8. Meningkatkan Kualitas Tidur
Manfaat puasa berikutnya yaitu bisa membantu meningkatkan kualitas tidur. Orang-orang yang menjalani puasa di bulan ramadhan biasanya kualitas tidur mereka akan meningkat setelah menjalani satu minggu puasa secara berturut-turut. Ketika kualitas tidur kita meningkat maka hal ini juga berpengaruh pada suasana hati. Biasanya suasana hati kita juga akan lebih baik dan cenderung stabil.

9. Membuat Otak Lebih Cerdas
Bulan puasa akan membuat kita menjadi pribadi yang lebih baik sekaligus bisa membantu meningkatkan kemampuan otak. Biasanya selama bulan puasa kita akan sangat aktif didalam melaksanakan kegiatan keagamaan. Hal ini dapat merangsang bagian dari otak kita yang bernama korteks frefrontal untuk menentukan kepribadian Anda, ekspresi, pengambil keputusan, dan fungsi kognitif.

10. Membuat Pencernaan Lebih Sehat
Selama berpuasa maka kita tidak diperbolehkan untuk mengkonsumsi makanan atau minuman mulai dari sebelum matahari terbit hingga sore nanti. Meskipun puasa ini terkadang membuat kita menjadi lapar dan haus tetapi ini memiliki dampak yang sangat bagus untuk pencernaan Anda. Tanpa adanya makanan dan minuman yang masuk kedalam tubuh kita maka organ pencernaan bisa beristirahat dan melakukan perbaikan agar fungsinya bisa tetap terjaga dengan baik.

11. Membuat Kita Menjadi Lebih Damai
Kemudian manfaat puasa yang terakhir yaitu bisa memberikan efek menenangkan dan membuat kita menjadi lebih bahagia serta damai.  Meskipun pada awal-awal puasa agak sedikit berat tetapi setelah seminggu puasa maka akan terjadi perubahan didalam diri Anda dan tubuh mulai beradaptasi melepaskan hormon dan bahan kimia, seperti adrenalin, dopamin, dan hormon steroid.


Itulah manfaat puasa bagi kesehatan yang harus Anda ketahui. Bagaimana, apakah Anda masih mengeluh ketika menjalani ibadah puasa ? semoga setelah membaca manfaat puasa diatas, Anda jadi lebih bersemangat menjalani puasa di bulan ramadhan.

Share this :

Previous
Next Post »