5 Alasan Kenapa Kamu Harus Banyak Senyum

Murah senyum tidak akan membuat Anda menjadi rugi, justru orang-orang yang selalu tersenyum akan sangat disukai oleh banyak orang. Banyak sekali keuntungan yang akan Anda dapatkan apabila menjadi orang yang murah senyum bahkan didalam agama islam sendiri, senyum dianggap sebagai ibadah yaitu dimana orang-orang yang tersenyum kepada orang lain akan mendapatkan pahala.

Para peneliti mengatakan bahwa, tersenyum akan membuat suasana hati Anda menjadi lebih baik dan bahkan tindakan sederhana ini mampu membuat hubungan Anda dan pasangan atau dengan orang sekitar Anda menjadi lebih baik. Senyum akan memberikan aura positif pada diri Anda sehingga orang lain pun akan merasa nyaman ketika bersama Anda karena orang lain menganggap bahwa orang-orang yang murah senyum adalah orang yang ramah.

5 Alasan Kenapa Kamu Harus Banyak Senyum


Nah, berikut dibawah ini ada 5 bukti ilmiah mengenai keajaiban tersenyum yang menjadi alasan mengapa Anda wajib untuk selalu tersenyum kepada siapa saja.


1. Membuat Suasana Hati Menjadi Baik
Orang-orang yang murah senyum memiliki tingkat emosi yang stabil dan suasana hati nya pun sangat baik. Menurut Charles Darwin, saat seseorang tersenyum maka terjadi perubahan ekspresi pada wajah mereka, yang mana hal itu dapat menggeser pengalaman emosional kita. Teori ini disebut oleh Darwin sebagai teori respon umpan balik wajah. Sedangkan menurut penelitian yang dilakukan oleh Tara Kraft dan Sarah Pressman dari University of Kansas mengatakan bahwa tersenyum bisa menurunkan tingakt stres.

2. Membuat Panjang Umur
Banyak orang yang membeli berbagai macam obat-obat untuk membuat tubuh mereka menjadi sehat agar bisa panjang umur. Padahal untuk bisa panjang umur rahasianya sangat sederhana yaitu selain dengan menjalani pola hidup yang sehat, Anda juga harus menjadi orang yang murah senyum. Para  peneliti dari Wayne State University yang pernah melakukan penelitian kepada para pemain bisbol ditahun 1952 mengatakan bahwa ternyata para pemain yang banyak tersenyum umurnya lebih panjang dibandingkan para pemain yang tidak pernah tersenyum.

3. Membuat Orang Lain Bahagia
Percaya atau tidak, tersenyum bukan hanya membuat suasana hati kita menjadi lebih baik saja tetapi juga memiliki pengaruh yang baik untuk orang di sekitar kita. Ketika kita tersenyum kepada orang lain maka orang tersebut juga akan merasakan bahagia. Menurut penelitian yang dilakukan oleh Hewlett Packard, seseorang yang melihat orang lain tersenyum maka sama halnya dengan kita mengkonsumsi cokelat atau menerima uang. Kita juga akan menjadi bahagia ketika ada orang yang tersenyum kepada kita. Selain itu, penelitian yang termaktub dalam Scandinavian Journal of Psychology mengatakan, orang lain cenderung meniru ekspresi emosi orang yang dihadapinya. Sulit untuk mengerutkan dahi ketika melihat orang tersenyum.

4. Membuat Hubungan Anda dan Pasangan Semakin Kuat
Murah senyum akan membuat hidup Anda dan pasangan menjadi lebih harmonis dan jauh dari pertengkaran. Sebuah studi yang dilakukan oleh Keltner dan Harker pada tahun 2001 menemukan bahwa orang-orang yang punya senyum menonjol lebih langgeng pernikahannya. Bahkan pada tahun 2009, studi serupa juga dirilis dan hasilnya pun hampir sama yaitu mereka yang murah senyum sangat jauh dari yang namanya perceraian. Orang-orang yang murah senyum biasanya emosi mereka lebih stabil dan selalu gembira sehingga hal ini bisa menciptakan suatu hubungan yang sehat serta harmonis bersama pasangan Anda.

5. Menjadi Orang Yang Positif
Apa kesan pertama Anda ketika pertama kali bertemu dengan orang yang murah senyum ? Kita pasti langsung berpikir bahwa orang tersebut adalah orang yang ramah, tulus, berkompeten dan dapat dipercaya. Nah, ketika kita menjadi orang yang murah senyum maka orang lain pun akan berpikiran positif kepada kita dan memandang kita sebagai orang yang baik. So, tidak ada ruginya bukan jika kita menjadi orang yang murah senyum. Karena murah senyum akan membuat kita terlihat lebih baik dimata orang lain.


Itulah 5 alasan kenapa kita harus banyak senyum. Senyum itu sangat penting karena bukan hanya baik untuk kita sendiri tetapi juga berpengaruh positif untuk orang disekitar kita. So, jangan pelit-pelit lagi untuk tersenyum ya.