Cara Mencegah Kebotakan di Usia Muda

Kebotakan di usia muda bisa menyerang siapa saja baik itu pria maupun wanita. Kita tidak bisa menganggap masalah ini sesuatu yang sepele, beberapa orang yang mengalami kebotakan mengatakan bahwa mereka cukup tidak percaya diri dengan apa yang mereka alami. Kerontokan rambut yang terjadi hingga menimbulkan kebotakan adalah sesuatu yang memalukan karena bagaimana mungkin di saat usia masih muda tetapi rambut sudah mulai rontok dan berguguran hingga menyebabkan kebotakan.

Berbicara mengenai kebotakan di usia muda, tentunya banyak sekali faktor yang menyebabkan mengapa seseorang bisa mengalami hal ini. Biasanya faktor utama penyebab kebotakan pada remaja di usia muda yaitu adalah stres. Stres bukan hanya membuat pikiran kita menjadi kacau saja tetapi juga berdampak buruk untuk kesehatan tubuh kita. Bahkan stres yang berkepanjangan bisa menyebabkan rambut menjadi rontok sehingga membuat Anda mengalami kebotakan di usia muda.

Cara Mencegah Kebotakan di Usia Muda


Nah, bagi Anda yang tidak ingin mengalami kebotakan di usia muda maka ikuti beberapa tips dibawah ini untuk mencegah terjadinya kebotakan di usia muda.


Cara Mencegah Kebotakan di Usia Muda


1. Penuhi Asupan Protein
Jika Anda tidak ingin mengalami kebotakan di usia muda maka mulailah saat ini untuk memperhatikan asupan yang Anda konsumsi. Penuhi asupan protein harian Anda karena seperti yang kita ketahui bahwa rambut terdiri dari protein atau yang biasa disebut dengan keratin. Apabila kita kekurangan asupan protein maka jangan heran jika nantinya rambut Anda akan mudah rontok hingga membuat Anda mengalami kebotakan.

Menurut para ahli mengatakan bahwa kandungan protein yang terdapat pada bayam, almond, walnut, tahu dan susu sangat baik untuk rambut dan dapat membantu membantu menumbuhkan rambut dengan cepat. Selain makanan diatas, Anda juga bisa mengkonsumsi teh hijau karena kandungan pada teh hijau juga sangat baik untuk rambut kita yaitu bisa mencegah terjadinya kerontokan. So, jika Anda ingin memiliki rambut sehat dan kuat maka jangan lupa untuk penuhi asupan protein harian Anda.

2. Jangan Lupa Beri “Makan” Rambut
Bukan hanya mulut saja yang diberi makan tetapi rambut juga perlu di kasih makan agar mereka tetap sehat dan tidak mudah rontok. Konsumsilah makanan yang banyak mengandung zinc, magnesium, vitamin B3, B5, B9, dan E. Jadi, selain Anda harus memenuhi asupan protein harian maka Anda juga jangan lupa untuk selalu mengkonsumsi makanan sehat yang mengandung vitamin seperti yang disebutkan diatas agar kesehatan rambut Anda tetap terjaga dan tidak terjadi kebotakan di usia muda.

Berikut makanan-makanan yang baik untuk rambut Anda seperti jeruk, bayam, ayam, ikan, brokoli, kacang kedelai, gandum, susu, kuning telur, tuna, pisang, kacang mete, ikan, sayuran hijau, sereal, dan kacang-kacangan

3. Minyak Kelapa
Selain kita melakukan perawatan dari dalam maka kita juga harus rutin melakukan perawatan dari luar untuk mencegah terjadinya rambut rontok yang menyebabkan kebotakan. Kita tidak bisa memungkiri, terutama kaum perempuan bahwa kita selalu melakukan styling rambut secara berlebihan sehingga apabila kita tidak pandai-pandai didalam melakukan perawatan maka bisa saja rambut akan menjadi rontok akibat styling yang kita lakukan tersebut.

Nah maka dari itu, untuk mencegah terjadinya kerontokan maka kita diwajibkan untuk rutin mengoleskan minyak kelapa atau juga bisa minyak almond pada rambut setidaknya 3 kali dalam seminggu untuk menjaga agar rambut kita tetap sehat dan tidak mudah rontok. Minyak kelapa akan membuat rambut kita menjadi lebih kuat, tebal serta berkilau.

4. Hentikan Kebiasaan Buruk
Kemudian cara mencegah agar rambut tidak rontok saat di usia muda maka langkah yang harus Anda ambil yaitu meninggalkan kebiasaan-kebiasaan buruk penyebab rambut rontok. Hentikanlah kebiasaan buruk seperti merokok dan mengkonsumsi alkohol karena selain hal tersebut tidak baik bagi kesehatan tubuh, juga tidak baik bagi kesehatan rambut Anda. Kebiasaan buruk ini akan menyebabkan kerontokan pada rambut dan mengganggu proses pertumbuhan rambut baru. Karena proses pertumbuhan rambut baru terhambat maka hal ini tentu saja akan membuat Anda mengalami yang namanya kebotakan.


Itulah cara mencegah kebotakan di usia muda yang wajib Anda ketahui dan aplikasikan. Kebotakan memang terdengarnya sepele tetapi percayalah apabila Anda mengalami hal ini ketika usia masih muda maka saya jamin Anda akan menjadi malu serta tidak percaya diri. So, ayo mulai dari sekarang untuk menjalani gaya hidup sehat agar terhindar dari kebotakan di usia muda.

Share this :

Previous
Next Post »