Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil Agar Melahirkan Bayi Cerdas

Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil Agar Melahirkan Bayi Cerdas
Bisakah kita membuat anak menjadi cerdas sejak Ia masih berada didalam kandungan ? jawabannya yaitu bisa. Banyak orang yang tidak mengerti akan hal ini, bahkan terkadang beberapa ibu hamil sering kali menganggap bahwa cerdas atau tidaknya bayi yang mereka lahirkan tergantung dari faktor keturunan. Jika keturunan ibu hamil tersebut cerdas-cerdas maka nantinya Ia akan melahirkan anak yang cerdas dan jika tidak maka bayi yang mereka lahirkan juga tidak akan menjadi cerdas.

Meskipun kita tidak bisa memungkiri jika faktor keturunan juga bisa mempengaruhi kecerdasaan si bayi tetapi Anda juga harus sadar akan satu hal bahwa selain faktor keturunan sebenarnya faktor makanan juga sangat mempengaruhi kecerdasaan sang bayi. Para ibu hamil yang selalu mendapatkan asupan makanan yang sehat serta bergizi selama masa kehamilan, terutama makanan yang mengandung  AA, DHA, asam amino, asam lemak omega 3, 6 dan 9 akan sangat berpotensi melahirkan bayi yang cerdas.

Nah, berikut dibawah ini beberapa makanan sehat dan bergizi yang sangat baik dikonsumsi oleh ibu hamil agar nantinya bisa melahirkan bayi yang sehat serta cerdas. Apa saja makanan tersebut ? mari kita simak saja selengkapnya dibawah ini.


Makanan Sehat Agar Melahirkan Bayi Cerdas


1. Hati Ayam
Hati ayam merupakan salah satu makanan sehat yang wajib dikonsumsi oleh ibu hamil. Hati ayam mengandung zat besi yang cukup tinggi sehingga sangat bagus untuk ibu hamil. Ibu hamil yang rajin mengkonsumsi hati ayam, terutama pada semester awal maka mereka akan terhindar dari anemia. Selain itu, kandungan vitamin yang terdapat pada hati ayam juga berperan didalam membantu melancarkan peredaran darah pada ibu hamil. Ketika peredaran darah ibu hamil lancar maka pasokan nutrisi akan berjalan dengan baik dan hal ini tentunya sangat bagus untuk perkembangan otak janin. Jika Anda ingin tetap sehat selama masa kehamilan dan ingin melahirkan bayi yang cerdas maka konsumsilah hati ayam dengan porsi yang cukup.

2. Telur
Telur adalah salah satu makanan yang mengandung protein cukup tinggi dan memiliki banyak sekali manfaat bagi tubuh kita. Selain protein, telur juga mengandung berbagai macam vitamin serta mineral lainnya yang bukan saja bagus dikonsumsi oleh orang normal saja tetapi juga sangat bagus untuk wanita yang sedang hamil. Kandungan kolin serta asam omega 3 pada telur sangat membantu didalam pembentukan otak dan penglihatan bayi. So, jika Anda ingin melahirkan anak yang sehat dan pintar maka  jangan pernah lewatkan mengkonsumsi telur setiap pagi terutama ketika masa kehamilan memasuki trimester kedua karena pada masa ini mulai terjadi pembentukan otak pada janin.

3. Ikan Laut
Ibu hamil yang menginginkan anaknya cerdas sejak didalam kandungan maka selain mengkonsumsi dua makanan diatas, juga wajib mengkonsumsi ikan terutama ikan laut. Seperti yang kita ketahui bahwa ikan laut banyak sekali mengandung omega 3, yang mana zat ini sangat penting untuk membantu pembentukan sistem syaraf pada janin. Namun, Anda juga harus berhati-hati didalam membeli ikan laut, usahakan agar ikan laut yang Anda beli terbebas dari kandungan merkuri.

4. Daging Ayam
Ibu hamil juga dianjurkan untuk mengkonsumsi daging ayam karena selain rasanya enak, daging ayam juga mengandung banyak sekali vitamin yang sangat bagus untuk kesehatan ibu hamil dan janin. Kandungan nutrisi pada daging ayam akan sangat membantu proses tumbuh kembang janin yang ada didalam kandungan Anda. Bagian terbaik dari daging ayam yang sangat baik dikonsumsi oleh ibu hamil adalah bagian dadanya karena bagian tersebut banyak mengandung protein dan sedikit lemak.

5. Kacang Tanah
Kacang tanah juga merupakan salah satu makanan terbaik untuk ibu hamil karena makanan yang satu ini mengandung protein serta asam folat, yang mana zat tersebut akan sangat membantu didalam perkembangan otak janin. Dengan mengkonsumsi kacang tanah secara cukup saat masa kehamilan maka itu sudah sangat membantu didalam menurunkan resiko terjadinya cacat otak atau kelainan tulang belakang pada janin.

6. Konsumsi Buah dan Sayur
Kemudian makanan sehat dan bergizi yang bisa membuat bayi menjadi cerdas sejak berada didalam kandungan yang terakhir adalah buah serta sayuran. Jangan lupa untuk memperbanyak mengkonsumsi buah dan sayuran hijau saat masa kehamilan agar kesehatan ibu hamil dan bayi tetap terjaga. Selain itu kandungan vitamin serta nutrisi lainnya yang terdapat pada sayur dan buah juga sangat bagus untuk perkembangan janin didalam kandungan Anda.


Nah, itulah makanan-makanan sehat dan bergizi yang wajib Anda konsumsi saat hamil agar kesehatan Anda dan janin yang ada didalam kandungan tetap terjaga. Selain sehat, Anda juga berpotensi melahirkan bayi yang cerdas. Namun ingat, untuk membuat bayi menjadi cerdas sejak didalam kandungan maka selain dengan rajin mengkonsumsi makanan sehat dan bergizi, Anda juga harus menjalani pola hidup sehat selama kehamilan. Jauhi yang namanya stres, begadang atau hal-hal buruk lainnya yang bisa mengganggu perkembangan janin yang ada didalam kandungan Anda. Semoga Bermanfaat.