Mandi Pagi Sehabis Begadang Bisa Menyebabkan Kematian. Kira-Kira Mitos Atau Fakta ?

bahaya mandi pagi sehabis begadang

Mandi pagi sangatlah penting, apabila kita melewatkan mandi pagi maka rasanya seperti ada yang kurang. Tubuh akan terasa lesu, mudah mengantuk dan wajah kitapun terlihat tidak segar. Bukan hanya itu saja, pastinya tubuh kita juga akan mengeluarkan aroma yang tidak sedap sehingga hal ini bisa membuat kita menjadi kurang percaya diri ketika bekerja atau berdekatan dengan orang lain.

Maka dari itu jangan pernah malas untuk mandi pagi karena selain bisa membuat kita tampak menjadi lebih segar, dengan mandi pagi maka kitapun kita akan menjadi lebih bersemangat untuk menjalani aktivitas harian.


Nah, tetapi ada satu pertanyaan yang beberapa hari ini cukup mengganjal dipikiran saya. Bolehkan kita langsung mandi pagi setelah selesai begadang semalaman ? karena menurut beberapa artikel yang pernah saya baca dan mendengar beberapa pengalaman dari orang lain, menyebutkan bahwa mandi pagi sehabis begadang sangatlah berbahaya. Bahkan efek mandi pagi habis begadang semalaman bagi kesehatan kita tidaklah main-main yaitu bisa membuat seseorang meninggal mendadak.

Hal ini tentu saja sangat mengerikan, ternyata mandi pagi yang seharusnya menyehatkan justru berubah menjadi berbahaya apabila kita mandi pagi setelah begadang semalaman. Menurut artikel yang saya baca, ketika kita begadang maka suhu tubuh akan meningkat dan terjadi pemanasan di dalam tubuh kita. Suhu tubuh yang masih panas sehabis begadang, tiba-tiba saja kita guyur dengan air dingin pada pagi hari maka akan terjadi ketidakstabilan suhu didalam tubuh kita.

Penurunan suhu tubuh yang cukup drastis dari yang tadinya panas menjadi dingin inilah yang menyebabkan seseorang beresiko terkena penyakit “angin duduk” dan pada akhirnya meninggal mendadak.

Jika beberapa orang sangat mempercayai akan bahaya mandi bagi sehabis begadang, namun tidak demikian dengan dr. Kasim Rasjidi, SpPD-KKV, DTM&H, MCTM, MHA, SpJP, LMPNLP, ELT, CCH. Menurut dokter yang bekerja di Rumah Sakit Asri Jakarta tersebut mengatakan bahwa bahaya mandi pagi sehabis begadang hanyalah mitos. Walaupun memang tidak bisa dipungkiri bahwa mitos ini terkadang memang benar-benar ada tetapi sebenarnya bukanlah mandi pagi yang menyebabkan seseorang meninggal.

Justru kebiasaan begadang itulah yang secara pelan-pelan akan membunuh Anda, jadi tidak ada sama sekali kaitannya dengan mandi pagi. Orang-orang yang sering begadang maka akan beresiko mengalami stroke dan serangan jantung. Apalagi tanpa disadari, sudah ada penyempitan pembuluh darah pada tubuh maupun otak. Terpapar dengan dingin sedikit saja maka pembuluh darah yang sudah menyempit tadi akan menjadi tersumbat sehingga menyebabkan seseorang terkena serangan jantung dan mati mendadak.

Pernyataan dari dr. Kasim ini sepertinya di amini oleh dr Andreas Prasadja, RPSGT. Dimana beliau mengatakan hal yang senada, bahwa mandi habis begadang bisa menyebabkan kematian adalah sebuah mitos.

Menurutnya, serangan jantung atau stroke memang sering terjadi di kamar mandi apabila yang bersangkutan baru akan beraktivitas. Dipaparkan dr Andreas, pada pagi hari hormon sedang naik, sedangkan oksigen sedang rendah. Nah penelitian di Mayo Clinic mengatakan serangan jantung itu memang umumnya terjadi di pukul 9 malam-6 pagi. Jadi mungkin saja orang yang menyebutkan ada kematian karena mandi setelah begadang itu dikarenakan orang tersebut mempunyai serangan jantung.

"Karena kan bagaimanapun kesehatan tidur setelah begadang itu tetap harus dilihat pada kondisi tubuh sebelumnya. Intinya kan kepada kebutuhan tidurnya itu. Bagaimanapun juga, tidurlah yang memegang peranan besar disini. Makanya memang disebutkan kalau kurang tidur itu bisa menyebabkan kematian, juga penyakit-penyakit, seperti hipertensi, jantung, diabetes, disfungsi ereksi, dan sebagainya masih banyak lagi," paparnya.


Jadi, dari penjelasan diatas bagaimana menurut pendapat Anda ? kalau menurut pendapat saya itu hanyalah mitos. Bukan karena mandi paginya yang menyebabkan kematian, tetapi karena akibat kebiasaan begadang yang sering Anda lakukan secara terus menerus. Mulai dari sekarang sebaiknya hentikanlah kebiasaan begadang, tidurlah sebelum jam 10 malam agar ketika bangun tidur dipagi hari tubuh menjadi lebih fresh dan ceria.