Bahaya Tidur Berlebihan Bagi Kesehatan dan Cara Mengatasinya

Bahaya Tidur Berlebihan Bagi Kesehatan

Setiap orang tentunya pasti butuh yang namanya tidur. Mustahil apabila ada orang didunia ini yang tidak pernah tidur karena bisa dikatakan bahwa tidur adalah suatu kebutuhan. Kita tidak boleh kekurangan tidur ataupun kelebihan tidur. Normalnya pada orang dewasa, setidaknya membutuhkan waktu 7-8 jam untuk tidur dalam sehari.

Apabila waktu tidur kita kurang dari 7-8 jam dalam sehari maka bisa dikatakan kita mengalami kekurangan waktu tidur sehingga dampaknya akan membuat Anda mudah lelah, selalu merasa ngantuk bahkan bisa menyebabkan badan menjadi lesu dan lemas. Maka dari itu pastikan bahwa setiap hari kita mendapatkan waktu tidur yang cukup. Jangan sampai kekurangan dan juga jangan sampai kelebihan tidur.

Orang-orang yang tidur berlebihan juga tidak baik. Hal ini juga bisa berdampak negatif untuk tubuh Anda. Berikut setidaknya ada 8 bahaya tidur berlebihan bagi kesehatan tubuh.


Bahaya Tidur Berlebihan


1. Membuat Badan Menjadi Lemas
Sama halnya dengan kekurangan waktu tidur, orang-orang yang tidur berlebihan atau oversleeping akan merasakan badannya mereka menjadi lemas serta lesu. Selain itu, Anda juga akan merasa mudah lelah meskipun hanya melakukan aktivitas ringan.

2. Sakit Kepala
Selain menyebabkan lemas dan lesu, tidur berlebihan juga bisa memicu timbulnya sakit kepala. Kalau gak percaya silahkan buktikan aja sendiri !

3. Diabetes
Anda pasti tidak mau bukan, apabila terkena penyakit yang satu ini ? penyakit diabetes adalah salah satu penyakit mematikan yang belum ada obatnya hingga sampai saat ini. Nah penyebab penyakit diabetes ini sangatlah beragam, salah satunya adalah tidur berlebihan. Para peneliti menyebutkan bahwa orang-orang yang selalu tidur lebih dari 9 jam dalam sehari sangat beresiko untuk terkena penyakit diabetes.

4. Obesitas
Kebanyakan tidur akan membuat tubuh menjadi lemas, karena badan Anda lemas dan lesu maka sudah pasti Anda akan malas untuk bergerak serta berolahraga. Hal inilah kemudian yang membuat kita beresiko mengalami obesitas. Lemak-lemak didalam tubuh akan terus menumpuk sehingga menyebabkan Anda bertambah gendut setiap hari.

Jika Anda tidak segera mengubah gaya hidup maka bukan tidak mungkin, Anda akan mengalami obesitas dan beresiko terserang penyakit diabetes.

5. Sakit Jantung
Penumpukan lemak didalam tubuh Anda bukan saja bisa menyebabkan obesitas tetapi juga bisa menyebabkan Anda beresiko untuk terkena penyakit jantung. Lemak-lemak tersebut bisa saja menyumbat pembuluh darah Anda sehingga menyebabkan penyempitan pada pembuluh darah, dimana pada akhirnya Anda akan mengalami sakit jantung.

6. Nyeri Pinggang dan Punggung
Berbaring diatas tempat tidur dalam waktu yang lama bukannya enak lho tetapi juga bisa menyebabkan punggung dan pinggang menjadi sakit.

Cara Mengatasi Tidur Berlebihan


Menghilangkan kebiasaan tidur berlebihan memang tidaklah mudah. Tapi, demi kesehatan Anda maka mau tidak mau mulai dari sekarang Anda harus belajar meninggalkan kebiasaan tersebut dan memulai hidup sehat. Berikut dibawah ini ada sedikit tips bagaimana cara mengatasi tidur berlebihan.

1. Perbanyak Berolahraga
Tidak ada cara yang lebih enak serta sehat selain berolahraga. Olahraga adalah satu-satunya cara terbaik yang bisa Anda coba. Jangan malas untuk melakukan olahraga, dengan rutin berolahraga maka tubuh akan menjadi lebih bugar dan sehat sehingga membuat Anda menjadi tidak mudah mengantuk. Beberapa olahraga yang sangat disarankan yaitu berenang, jogging atau lompat tali (skipping)

2. Konsumsi Minuman Berkafein
Minuman berkafein seperti kopi akan sangat membantu Anda didalam mencegah ngantuk. Cobalah untuk mengkonsumsi satu gelas kopi pada pagi hari sebagai obat anti ngantuk. Namun jangan terlalu berlebihan juga mengkonsumsi minuam berkafein ini karena sesuatu yang berlebihan sudah pasti tidak akan baik.

3. Konsumsi Buah dan Protein
Orang-orang yang kelebihan tidur, bisa dikatakan bahwa mereka kekurangan asupan protein, vitamin serta mineral didalam tubuhnya. Nah maka dari itu pastikan bahwa asupan vitamin harian Anda terpenuhi. Konsumsilah ikan salmon atau telur karena makanan tersebut mengandung protein tinggi. Selain itu jangan lupa juga mengkonsumsi buahan seeprti sitrus atau lemon, dimana buahan tersebut tinggi akan vitamin C. Kemudian kurangi mengkonsumsi makanan berminyak dan minuman beralkohol.

4. Mencuci Wajah Dengan Air Dingin
Untuk mencegah kantuk maka cobalah untuk mencuci wajah dengan air dingin. Air dingin akan membantu mempercepat peredaran darah menuju otak sehingga membuat wajah Anda tampak segar dan tidak jadi mengantuk. Dengan begitu maka Anda pasti tidak akan tertidur dan menjadi bersemangat kembali.

5. Buatlah Jadwal Tidur Yang Teratur
Ini sangat penting, untuk mengatasi masalah tidur berlebihan ini maka kita harus membuat jadwal tidur yang teratur. Setidaknya kita butuh 8 jam tidur dalam sehari, usahakan agar Anda selalu mendapatkan waktu tidur sebanyak 8 jam dalam sehari.

Cobalah untuk membiasakan mengatur waktu tidur, misalnya Anda telah berjanji dengan diri sendiri untuk tidur jam 9 malam. Maka untuk mendapatkan waktu tidur 8 jam maka Anda harus bangun pada jam 5 pagi. Pertahankan jadwal tidur Anda setiap hari seperti itu, maka tubuh Anda akan menjadi lebih sehat. Ketika tubuh kita sehat maka kita tidak akan mudah mengantuk dan pasti tidak akan tidur berlebihan.


Itulah apa saja bahaya tidur berlebihan dan bagaimana cara mengatasinya. Dampak yang ditimbulkan memang tidak akan terasa dalam waktu singkat, tapi apabila kebiasaan ini terus berlanjut dalam jangka waktu yang panjang maka bisa membahayakan kesehatan tubuh Anda dan bahkan menimbulkan berbagai macam penyakit.