Cara Menjaga Kesehatan Mata Pada Anak

Cara menjaga kesehatan mata anakMenjaga kesehatan mata pada anak merupakan hal yang sangat penting karena sebagai orang tua anda wajib untuk melakukan hal tersebut agar mata anak anda tidak rusak karena kebiasaan-kebiasaan buruk yang dilakukannya setiap hari. Anak-anak tidak sama dengan orang dewasa, kesehatan mata mereka masih rentan karena mereka masih dalam proses pertumbuhan sehingga harus benar-benar diwaspadai dan diperhatikan asupan makanannya

Nah, bagi anda para orang tua harus mewaspadai beberapa hal berikut agar kesehatan mata anak anda tetap terjaga sehingga mereka bisa menikmati hidup ini dengan melihat keindahan dunia dan memudahkan mereka dalam menjalani aktivitas sehari-hari. Nah baiklah sebelum kita membahas bagaimana cara menjaga kesehatan mata pada anak maka kita bahas terlebih dahulu apa saja penyebab kerusakan mata pada anak ayng haru anda waspadai.

Penyebab Kerusakan Pada Mata Anak 


1. Menonton TV
Menonton TV memang sangat mengasyikan karena banyak acara- acara menarik ayng disuguhkan mulai dari kartun, film anak-anak hingga acara lainnya sehingga tak heran apabila ana-anak betah untuk menonton televisi seharian. Nah biasanya apabila film sudah seru maka anak-anak akan semakin dekat ketika menonton televisi, kebiasaan inilah yang membuat mata anak menjadi cepat rusak. Batasi waktu anak dalam menonton TV dan buatlah jarak ketika anak sedang menonton setidaknya 5 kali diagonal inchi TV

2. Layar Komputer
Salah satu penyebab mata anak menjadi rusak adalah layar komputer, jadi usahakan untuk membatasi anak anda dalam bermain game di komputer maupun gadget lainnya. Biasanya ketika sedang bermain game anak-anak menjadi lupa waktu dan keasyikan dan matapun akan lelah karena terus-terusan melotot ke layar tanpa berkedip, jika hal ini dibiarkan secaraterus menerus maka bukan tidak mungkin apabila nantinya mata anak anda menjadi rusak.

3. Kebiasaan Membaca
Kebiasaan membaca yang dalam keadaan atau posisi yang salah juga bisa menyebabkan mata anak menjadi rusak. Hindari kebiasaan membaca sambil tiduran apalagi berada diruangan yang kurang pencahayaan, ajarkan pada anak anda usahakan untuk membaca dengan jarak pandang 30 cm dan sesekali berhenti membaca setiap 60 menit sekali.

4. Keturunan
Faktor keturunan juga bisa menyebabkan mata anak menjadi rusak, jika anda sebagai orang tua mempunyai riwayat mata minus bukan tidak mungkin jika keturunan anda kelak juga mengalami hal yang sama.

Cara Menjaga Kesehatan Mata Pada Anak 


Menjaga Mata Anak Tetap Sehat

1. Perhatikan Kebersihan Mata
Menjaga kesehatan mata sebenarnya cukup mudah yaitu kita hanya dituntut untuk rutin membersihkan mata dan ajarkan anak selalu membersihkan tangan sebelum memegang mata agar penyebaran kuman tidak sampai ke mata. Saat ada benda yang masuk kedalam mata anak maka larang mereka untuk mengucek dan menggosaknya karena hal ini bisa merusak kornea mata, biarkan mekanisme kedipan mata yang akan mengeluarkan benda tersebut dan tentunya dibantu anda sebagai orang tua dengan air yang telah dimasukan kedalam baskom untuk menghilangkan benda asing tersebut.

2. Ajarkan Anak Senam Mata
Tidak hanya tubuh saja yang bisa senam tetapi mata juga bisa senam untuk merileks kan mata yang lelah. Lakukan senam mata secara rutin teratur seperti menggerakan bola mata ke atas secara perlahan kemudian kekanan, kekiri dan kebawah. Hal ini bisa membuat mata anak semakin tajam dan membuat mata yang lelah menjadi segar kembali.

3. Beri Makanan Yang Sehat
Agar mata anak anda tetap sehat maka berikan mereka makanan yang sehat agar asupan nutrisi mereka terpenuhi setiap hari. Berikan makanan yang mengandung vitami A seperti wortel, jika anak anda tidak menyukai sayur maka bisa mengkonsumsi buah mangga atau jus tomat karena buahan tersebut mengandung vitamin A dan nutrisi yang baik bagi mata anak.

4. Gaya Hidup
Selain 3 cara diatas, anda juga harus memperhatikan gaya hidup agar kesehatan mata anak anda tetap sehat. Seperti yang kita ketahui pada saat ini anak-anak kecil sudah tidak asing lagi dengan gadget-gadget canggih seperti laptop dan smartphone, bahkan mereka bisa bermain game dalam waktu yang lama di gadget mereka. Anak-anak mengenal teknologi itu penting tetapi sebagai orang tua anda harus membatasi hal tersebut dan melarang mereka apabila berlama-lama didepan layar komputer maupun smartphone karena bisa merusak mata mereka.

Itulah cara menjaga kesehatan mata pada anak yang harus diketahui oleh para orang tua sehingga mata anak anda tetap sehat.