10 Penyakit Yang Diakibatkan Oleh Stres

Siapa sih yang tak pernah mengalami stres ? saya rasa setiap orang didunia ini semuanya pernah mengalami hal tersebut entah itu diakibatkan oleh pekerjaan, masalah pribadi, masalah rumah tangga dan masalah ekonomi. Namun jika yang harus anda perhatikan adalah apabila mengalami stres berkepanjangan karena hal ini bukanlah sesuatu yang wajar dan apabila dibiarkan secara terus menerus maka bisa mengakibatkan seseorang menjadi depresi dan yang lebih parah lagi bisa menimbulkan berbagai penyakit pada tubuh kita.

stres-cara mengatasi stres-penyakit akibat stres

Jika anda tidak percaya maka silahkan simak tulisan dibawah ini mengenai 10 penyakit yang diakibatkan oleh stres.

1. Sakit kepala
Penyakit pertama yang diakibatkan olesh stres adalah sakit kepala. Walaupun terlihat sepele namun hal ini bisa membahayakan kesehatan anda karena seperti yang kita ketahui bahwa seseorang yang sedang stres maka otaknya akan bekerja lebih keras sehingga rentan untuk terserang sakit kepala sebelah atau migraine.

2. Kram
Apakah anda pernah mengalami kram ? ternyata hal ini juga diakibatkan oleh stres loh. Kondisi tubuh yang stres membuat otot-oto didalamnya menjadi tegang sehingga lama kelamaan akan menyebabkan kram pada leher, bahu maupun nyeri pada pinggang.

3. Jantung
Jantung merupakan penyakit yang sangat mematikan dan tercatat sebagai pembunuh manusia terbesar didunia. Tidak hanya gaya hidup ayng buruk, penyakit jantung juga diakibatkan oleh stres yang berlebihan. Saat kita sedang stress maka tubuh akan mengeluarkan hormon stres yang ternyata berbahaya bagi kesehatan jantung, hal ini semacam racun bagi jantung anda.

4. Tekanan darah tinggi
Stres juga bisa menyebabkan tekanan darah menjadi tinggi dan bila dibiarkan lama kelamaan akan bisa menyebabkan seseorang terkena sakit jantung.

5. Stroke
Stroke biasanya terjadinya akibat adanya penyumbatan aliran darah pada otak. Nah ternyata selain faktor gaya hidup, stroke juga bisa disebabkan oleh stres karena pada saat kondisi tubuh sedang stres maka otak akan bekerja lebih keras sehingga akan memompa darah terlalu cepat dan bisa mengakibatkan tersumbatnya aterosklerosis.

6. Kanker
Walaupun hal ini jarang terjadi namun bukan tidak mungkin apabila stres berkepanjangan juga bisa menyebabkan kanker yaitu salah satu penyakit mematikan yang belum ada obatnya hingga sampai saat ini. Stres bisa melemahkan sistem kekebalan tubuh serta mengurangi jumlah sel-sel T didalam tubuh yang bertugas untuk melawan kanker.

7. Insomnia
Insomnia atau susah tidur pada malam hari merupakan salah satu penyakit yang cukup serius apabila tidak ditangani dengan cepat. Biasanya seseorang yang sedang stres maka produksi hormon adrenalinnya akan meningkat, nah hormon inilah yang menyebabkan seseorang menjadi terjaga dan sulit tidur dimalam hari atau insomnia. Padahal seperti yang kita ketahui bahwa tidur yang cukup merupakan salah satu cara merawat kesehatan agar panjang umur.

8. Ulkus
Ulkus merupakan penyakit lambung yang disebabkan oleh stres. Disaat kita stres asam lambung akan meningkat sehingga lama kelamaan akan menyebabkan kerusakan pada lambung. Selain itu akibat stres otot-otot pada tubuh akan tegang sehingga akan kesuliatan dalam mencerna makanan.

9. Rheumatoid Arthritis
Penyakit yang timbul akibat stres berikutnya adalah Rheumatoid Arthritis. Rheumatoid Arthritis merupakan salah satu penyakit auto imun. Rheumatoid Arthritis terjadi karena adanya kesalahan dalam system kekebalan tubuh. Pada rheumatoid arthritis system kekebalan tubuh menjadi salah sasaran dan menyerang sel tubuh sendiri yang mengakibatkan kerusakan jaringan tubuh.
Stres, ketegangan dan depresi memperparah kondisi ini.

10. Obesitas
Mungkin anda heran apa hubungannya obesitas dengan stres karena jika biasanya orang stres identik dengan kurus akibat nafsu makanya berkurang. Ya hal tersebut memang ada benarnya, namun tahukah anda bahwa ada sebagian orang yang melampiaskan stres kepada makanan sehingga mereka akan mengkonsumsi makanan secara terus menerus. Akibat makan yang tidak kontrol ini maka lama kelamaan anda akan mengalami obesitas, bahkan hal ini juga bisa memicu berbagai penyakit lainnya yaitu salah satunya adalah diabetes.

Nah itulah 10 penyakit yang diakibat oleh stres. Stres adalah sesuatu yang wajar, namun anda harus tetap bisa mengendalikannya agar tidak menjadi berlarut-larut dan membahayakan kesehatan tubuh.