5 Cara Beristirahat Yang Baik Dan Benar

Cara beristirahat setiap orang untuk melepaskan lelah tentunya berbeda-beda, mungkin ada sebagian orang yang hanya tidur seharian atau juga sebagian lagi yang menghabiskan waktu istirahat mereka dengan menatap layar smartphone. Beristirahat disela-sela kesibukan memang tidak ada salahnya karena seperti yang kita ketahui bahwa tubuh tidak bisa dipaksa untuk bekerja terus menerus, namun sayangnya banyak orang yang tidak menggunakan waktu istirahatnya dengan benar sehingga tak heran apabila kita tetap lesu walaupun telah beristirahat.

cara beristirahat yang benar

Nah, walaupun terlihat sepele namun istirahat yang tidak benar ternyata bisa berdampak buruk bagi tubuh anda. Terus bagiamana cara beristirahat yang benar ? mari kita simak tulisan dibawah ini.

Cara Beristirahat Yang Baik dan Benar


1. Lupakan Sejenak Gadget
Pada saat ini gadget tidak bisa lepas dari keseharian kita, bahkan ada sebagian orang yang tidak bisa hidup tanpa gadget. Ya, walaupun gadget juga penting untuk menunjang pekerjaan kita namun bukan berarti kita harus melihatnya setiap waktu. Ketika sedang istirahat maka sebaiknya lupakanlah sejenak gadget anda, biarkan tubuh benar-benar istirahat agar pikiran tetap fres.

2. Bersosialisasi
Cara beristirahat kedua yang benar adalah dengan bersosialisasi dengan teman sekantor sehingga kita tidak hanya duduk diam ketika jam istirahat karena hal ini akan membuat kita semakin stres. Banyak penelitian mengatakan bahwa ketika seseorang bersosialisasi dengan teman kantor maka akan tercipta ikatan sosial yang kuat dan ini bisa menjadi semacam penyemangat bagi kita sehingga tubuh akan selalu segar serta produktivitas meningkat.

3. Beristirahatlah setiap 90 menit sekali
Bekerja keras memang tidak ada salahnya tetapi apabila terlalu memaksa juga tidak baik, untuk itu usahakan agar selalu beristirahat setiap 90 menit sekali agar tubuh tetap sehat dan bugar sehingga produktivitas meningkat. Namun sayangnya masih banyak orang yang salah dalam beristirahat yaitu biasanya mereka akan menuggu tubuh hingga lelah.

4. Perbanyak liburan
Ketika beristirahat atau cuti dari pekerjaan maka gunakan waktu tersebut sebaik mungkin dengan memperbanyak liburan. Liburan tidak harus mahal, banyak tempat wisata yang murah meriah namun tetap memberikan pemandangan indah yang menyegarkan pikiran. Selain itu, liburan juga bisa memperbaiki mood, menghilangkan stres sehingga ketika kita masuk kerja nantinya maka tubuh akan terasa segar dan pikiran pun fres kembali.

5. Maksimalkan tidur siang Anda
Tidur siang ketika istirahat tidak hanya bisa meningkatkan produktivitas tetapi juga sangat baik bagi otak anda. Setidaknya dengan tidur siang selama 20-30 menit setiap hari maka waktu istirahat kita lebih berkualitas. Nah, bagi anda yang penasaran maka bisa melihat di sini mengenai 7 manfaat tidur siang yang jarang diketahui oleh banyak orang.

Nah itulah 5 cara beristirahat dengan baik dan benar yang bisa anda coba jika ingin mendapatkan tubuh dan pikiran yang segar. Namun walaupun demikian tetap kembali pada pribadi masing-masing karena setiap orang mempunyai cara yang berbeda sehingga tulisan diatas hanya memberikan referensi saja bagaimana cara mendapatkan waktu berkualitas saat beristirahat.