Ingin Ginjal Sehat ? Tinggalkan 8 Kebiasaan Buruk Ini

kebiasaan yang menyebabkan ginjal rusak
Menjaga kesehatan ginjal merupakan hal yang sangat penting karena organ yang satu ini sangat vital bagi manusia sehingga apabila kesehatannya terganggu sedikit saja maka ginjal tidak bisa melakukan tugasnya secara optimal, apabila sudah demikian maka jangan heran apabila tubuh anda akan merasakan dampaknya dan muncul beberapa penyakit serius lainnya. Baca : 6 Pertanda Bahwa Ginjal Anda Bermasalah

Seperti yang kita ketahui, ginjal bertanggung jawab sebagai penyaring zat-zat racun didalam tubuh dan kemudian mengeluarkannya melalui urin. Nah, apabila ginjal bermasalah maka tentu saja racun-racun yang ada didalam tubuh kita tidak bisa keluar sehingga lama kelamaan akan menumpuk didalam tubuh dan jika dibiarkan tanpa ada penanganan yang tepat maka anda beresiko untuk terkena gagal ginjal yaitu penyakit yang mengharuskan penderitanya untuk mencuci darah seumur hidup.

Nah jika Anda tidak ingin ginjal bermasalah maka tinggalkan kebiasaan buruk berikut. Penasaran ? yuk mari kita simak tulisan dibawah ini.

Kebiasaan Buruk Yang Bisa Menyebabkan Ginjal Rusak


1. Kurang Minum
Hal pertama yang harus anda perhatikan adalah asupan cairan didalam tubuh karena apabila tubuh kekurangan cairan sedikit saja maka bisa berdampak buruk bagi kesehatan kita. Nah, kekurangan cairan ini bisa disebabkan oleh berbagai faktor yaitu salah satunya adalah kurang minum, kebiasaan kurang minum ini bisa merusak kesehatan ginjal Anda. So, jangan tunggu haus baru minum.

2. Konsumsi Obat Sembarangan
Seperti yang kita bahas diatas bahwa ginjal merupakan organ vital yang berfungsi untuk menyaring racun-racun yang masuk kedalam tubuh baik itu melalui makanan maupun melalui obat-obatan. Nah, jangan mengkonsumsi obatan kimia secara sembarangan karena hal ini bisa menambah beban kerja ginjal dan lama kelamaan bisa mengganggu fungsi ginjal.

3. Sering Menahan Buang Air Kecil
Apakaha anda sering menahan buang air kecil ? jika iya maka sebaiknya hentikan kebiasaan buruk ini, sekali dua kali mungkin hal ini tidak apa-apa namun apabila terlalu sering maka bisa menyebabkan ginjal anda menjadi rusak. Menahan buang air kecil memang tidak langsung merusak ginjal anda Anda tetapi secara perlahan dan penyakit yang paling sering timbul akibat kebiasaan buruk ini adalah batu ginjal, bahkan yang lebih mengerikan bisa menyebabkan gagal ginjal. Baca : Cara Mengobati Penyakit Batu Ginjal Secara Alami Tanpa Operasi

4. Berlebihan Mengkonsumsi Garam
Sayur tanpa garam memang kurang sedap sehingga tak heran apabila ada sebagian orang yang menambahkan garam secara berlebihan di masakan mereka agar terasa lebih sedap. Namun tahukah anda bahwa terlalu banyak mengkonsumsi garam bisa memicu terjadinya pengkristalan urin sehingga rentan menimbulkan batu ginjal. Selain itu, garam juga bisa memicu tensi darah menjadi tinggi dan membebani kerja ginjal sehingga lama-kelamaan akan menyebabkan ginjal menjadi rusak.

5. Mengkonsumsi Kopi Berlebihan
Kopi merupakan minuman yang digemari oleh hampir seluruh masyarakat di dunia baik itu mulai dari anak-anak, remaja hingga orang dewasa pria dan wanita. Walaupun minuman berwarna hitam ini enak dan nikmat namun apabila dikonsumsi secara berlebihan juga tidak baik bagi kesehatan terutama ginjal.

6. Sering Mengkonsumsi Minuman Berenergi
Minuman berenergi memang enak dan menyegarkan karena bisa mengembalikan stamina secara instan. Namun tahukah anda kebiasaan mengkonsumsi minuman berenergi setiap hari apalagi secara berlebihan bisa menyebabkan kesehatan ginjal anda terganggu, bahkan mengalami gagal ginjal.

7. Sering Begadang
Kurang tidur tidak hanya membuat kita lesu, lelah dan ngantuk seharian tetapi juga menganggu sistem didalam tubuh, bahkan jika terus-terusan maka bisa merusak kesehatan ginjal kita.

8. Sering Mengkonsumsi Soda
Minuman bersoda tidak hanya membuat seseorang menjadi obesitas tetapi juga bisa merusak kesehatan ginjal.

Nah itulah 8 kebiasaan buruk yang bisa merusak kesehatan ginjal Anda sehingga sebisa mungkin harus di hindari mulai saat ini karena apabila fungsi ginjal sudah terganggu maka seluruh organ didalam tubuh akan merasakan dampaknya.