Cara Mengobati Penyakit Batu Ginjal Secara Alami Tanpa Operasi

mengobati batu ginjal
Batu ginjal bukanlah penyakit yang sepele karena apabila dibiarkan tanpa ada upaya untuk mengatasinya maka lama-kelamaan batu yang bersarang di ginjal Anda menjadi keras serta berukuran besar sehingga beresiko terjadinya kerusakan pada ginjal. Maka dari itu sangat penting untuk kita selalu memeriksakan diri secara rutin, terutama bagi kamu yang keluarganya punya riwayat penyakit batu ginjal

Pengobatan batu ginjal ini sendiri tergantung ukuran batu yang bersarang di ginjal Anda. Apabila ukurannya sudah lebih dari 5 mm maka dokter akan menyarankan Anda untuk melakukan operasi agar bisa mengeluarkan batu tersebut. Namun apabila ukuran batunya masih kecil, tidak perlu dilakukan operasi karena bisa keluar sendiri melalui air seni. Cukup perbanyakan konsumsi air putih setiap hari agar batu tersebut ikut keluar bersamaan dengan buang air kecil.

Selain memperbanyak minum air putih, Anda juga bisa mengkonsumsi obat tradisional seperti kumis kucing atau keji beling. Tanaman tradisional tersebut mampu membantu melancarkan air seni dan meluruhkan batu ginjal.

Baiklah apabila Anda penasaran bagaimana cara mengobati penyakit batu ginjal yang masih berukuran kecil secara tuntas tanpa melakukan operasi maka silahkan simak selengkapnya dibawah ini.

Cara Herbal Mengobati Batu Ginjal


1. Banyak Minum
Batu ginjal yang masih berukuran kecil biasanya tidak perlu untuk dilakukan operasi, biasanya para dokter menyarankan untuk banyak mengkonsumsi air putih saja yaitu 2 liter sehari agar batu tersebut bisa luruh bersama air seni anda.

2. Kumis Kucing
Kumis kucing memang dikenal sejak dahulu memiliki manfaat yang luar biasa bagi kesehatan, salah satu manfaat kumis kucing yang paling dikenal orang adalah sebagai obat alami peluruh batu ginjal karena tanaman ini bersifat diuretik alami sehingga bisa melancarkan air seni anda.

Cara pembuatannya yaitu, pertama anda ambil kumis kucing segenggam tangan kemudian cuci hingga bersih, setelah itu rebus dengan menggunakan 2 gelas air. Biarkan hingga mendidih dan tersisa satu gelas , kemudian saring air rebusan tadi dan siap untuk diminum. Untuk hasil maksimal konsumsi rebusan kumis kucing ini dua kali sehari selama dua minggu dan jangan lupa diiringi dengan minum air yang banyak

3. Keji Beling
Selain kumis kucing, tanaman keji beling juga ampuh untuk meluruhkan batu ginjal karena kandungan kalium pada tanaman ini mampu melancarkan air seni. Cara pembuatan ramuan keji beling untuk mengobati batu ginjal sangatlah mudah, pertama ambil segenggam daun keji beling kemudian bersihkan menggunakan air. Setelah itu rebus daun keji beling tadi menggunakan 2 gelas air dan biarkan mendidih hingga tersisa satu gelas kemudian konsumsi 2 gelas sehari selama dua minggu.

4. Batugin
Nah yang terakhir adalah batugin, maaf sebelumnya ini bukan nya promosi tetapi saya hanya menyampaikan pengalaman saja karena dengan mengkonsumsi batugin batu ginjal saya keluar melalui air seni. Obat ini termasuk herbal karena dari bahan-bahan alami dan bisa anda dapatkan di apotek terdekat.

Itulah bagaimana cara mengobati penyakit batu ginjal yang berukuran kecil dibawah 5 mm. Menurut pengalaman aku dulu, biasanya batu akan keluar disaat kita buang air kecil. Namun ketika proses batu akan keluar membutuhkan perjuangan karena lumayan sedikit perih. Biar Anda terhindar dari penyakit menyebalkan yang satu ini maka silahkan kenali apa saja penyebab-penyebab munculnya batu ginjal.

Penyebab Batu Ginjal 


1. Keturunan
Bagi anda yang memiliki orang tua dengan riwayat batu ginjal maka harus waspada dan menjaga pola maka karena andapun beresiko terkena penyakit tersebut.

2. Kurang Minum
Kurang minum merupakan salah satu penyebab batu ginjal pada kebanyakan orang sehingga itulah mengapa kita dianjurkan untuk rajin mengkonsumsi air putih 8 gelas sehari. Tubuh yang kekurangan cairan akan menyebabkan urine mengental dan mudah mengendap sehingga kemungkinan besar akan terjadi pembentukan batu

3. Pola Makan
Pola makan yang tidak teratur dan seimbang merupakan juga penyebab penyakit batu ginjal pada seseorang. Terlalu sering mengkonsumsi makanan yang tinggi protein dan banyak garam akan menyebabkan mudahnya terbentuk kristal sehingga resiko untuk terkena batu ginjal akan sangat besar, apalagi hal tersebut tidak di imbangi dengan olahraga dan kurang minum.

4. Sering Menahan Buang Air Kecil
Apakah anda sering menahan buang air kecil ? jika iya maka hati-hati karena apabila terlalu sering melakukan hal ini maka jangan terkejut apabila nantinya anda akan terkena penyakit batu ginjal.