5 Kebiasaan Sepele Ini Bisa Menurunkan Kemampuan Otak

Mempunyai otak yang cemerlang adalah impian setiap orang sehingga tak heran apabila kita melihat banyak orang yang melakukan berbagai cara seperti belajar hingga mengkonsumsi obat-obatan agar kesehatan otaknya tetap terjaga dan menjadi orang pintar. Otak bisa dikatakan ibaratnya pisau yaitu semakin di asah maka akan semakin tajam namun apabila jarang digunakan maka lama-kelamaan akan semakin tumpul.

penyebab kemampuan otak menurun

Nah, untuk itu maka tak heran jika banyak pakar atau ahli yang mengatakan bahwa kita harus rajin menstimulasi otak setiap hari agar kemampuannya tidak menurun. Selain itu, agar kemampuan otak tidak cepat menurun maka Anda juga harus mengurangi atau bahkan menghindari kebiasaan sepel berikut yang tanpa sadar sering Anda lakukan sehari-hari. Penasaran apa saja kebiasaan sehari-hari yang bisa menyebabkan IQ Anda menurun ? jika iya maka simak tulisan dibawah ini

Penyebab Kemampuan Otak Menurun


1. Mengonsumsi makanan tinggi lemak
Sering tanpa disadari setiap hari kita mengkonsumsi makanan yang tinggi lemak dalam porsi besar. Padahal semua orang tahu bahwa makanan tinggi lemak bisa menyebabkan berbagai macam masalah kesehatan lainnya yaitu diantaranya kolesterol dan obesitas.

Nah, menurut Studi dari University of Montreal bahwa apabila kita terlalu sering mengkonsumsi makanan tinggi lemak maka bisa menyebabkan terjadinya gangguan pada sirkuit otak sehingga mempengaruhi mood dan membuat nafsu makan menjadi berlebihan. Baca Juga : 9 Makanan Yang Bisa Meningkatkan Kesuburan Pria Dan Wanita

2. Multitasking
Terkadang demi tuntutan zaman yang mengharuskan kita serba cepat maka tak jarang kita sering melakukan multitasking. Kebiasaan ini mungkin sangat sering terjadi dalam keseharian kita tetapi sangat jarang disadari dan kita menganggap hal ini adalah sepele. Contah sepelenya saja adalah dimana ketika sedang bekerja tetapi sambil cek email maka ini  sudah termasuk multitasking yang membuat otak cepat lelah

Padahal pada saat kita multitasking maka otak akan bekerja dua kali lebih keras dan glukosa “bensin otak” akan cepat habis sehingga menyebabkan otak menjadi cepat lelah. Bahkan hal ini juga telah dikatakan oleh para ahli salah satunya adalah Earl Miller, seorang ahli syaraf di Massachusetts Institute of Technology, “Otak kita tidak terpasang untuk multitasking” ujarnya.

3. Googling
kebiasaan selanjutnya yang menyebabkan IQ dan kemampuan otak kita bisa menurun adalah terlalu sering googling. Walaupun kita sangat terbantu dengan adanya situs di internet yang bisa menyediakan semua informasi yang kita cari tetapi hal ini bisa juga menjadi bumerang untuk kita sendiri karena terbiasa dengan yang instan maka kita mulai malas untuk berfikir, bahkan untuk hal kecil sekalipun kita selalu googling. Seperti yang sudah kita bahas diatas bahwa jika kita jarang menstimulus otak maka lama-kelamaan kemampuannya akan menurun.

4. Terlalu banyak gula
Apakah Anda sering mengkonsumsi minuman bergula ? ya, makanan dan minuman yang manis-manis biasanya mengandung gula, walaupun terasa nikmat tetapi terlalu banyak mengkonsumsi gula juga tidak baik bagi kesehatan tubuh dan otak. Biasanya kita hanya tahu bahwa kebanyakan mengkonsumsi gula bisa menyebabkan diabetes, padahal kebanyakan mengkonsumsi gula juga mampu menurunkan IQ kita. Nah, mulai dari sekarang sebaiknya ubahlah kebiasaan ini dan jangan mengkonsumsi sesuatu berlebihan.

5. Mengunyah permen karet
Banya orang yang mengatakan bahwa mengunyah permen karet sangat baik bagi otak dan bisa membuat kulit wajah menjadi kencang. Namun menurut eksperimen terbaru, mengunyah permen karet justru tidak baik dan bisa menurunkan IQ dan kemampuan otak.

Itulah 5 kebiasaan sepele yang membuat kemampuan otak menurun. So, jangan abaikan kesehatan otak Anda agar tidak menyesal nantinya.