6 Tips Agar Melahirkan Bayi Normal

Tips agar melahirkan anak normal
Hamil dan kemudian melahirkan seorang bayi adalah suatu anugerah bagi setiap wanita, apalagi bayi yang dilahirkan bisa dikatakan normal dan tidak ada cacat sedikitpun tentu saja hal ini merupakan suatu nikmat yang harus di syukuri. Biasanya untuk bisa melahirkan bayi yang normal maka setidaknya seorang wanita harus memperhatikan segala sesuatunya seperti memenuhi asupan vitamin dan gizi, menjauhi hal-hal yang bisa membahayakan si jabang bayi seperti merokok dan lainnya.

Nah ngomong-ngomong tentang ibu hamil dan bayi maka dibawah ini ada beberapa tips bagi wanita yang sedang mengandung agar melahirkan bayi secara normal tanpa cacat. Penasaran ? yuk langsung aja kita simak.

Tips Agar Melahirkan Bayi Normal


1. Asam folat setiap hari
Ibu hamil sebaiknya harus memperhatikan asupan nutrisi yang dikonsumsi setiap hari dan pastikan harus seimbang agar si janin yang ada didalam kandungan bisa tetap sehat dan normal ketika lahir ke dunia. Konsumsilah makanan yang mengandung asam folat setiap hari untuk mencegah terjadinya kerusakan pada otak dan sumsum tulang belakang si bayi sehingga bisa menurunkan resiko kelahiran bayi cacat seperti bibir sumbing atau lemah jantung.

Nah, asam folat ini sendiri banyak terdapat pada sayuran berdaun hijau, kacang-kacangan dan sereal. So, jangan melupakan makanan tersebut pada masa kehamilan karena sangat membantu Anda dan si jabang bayi.

2. Berhenti merokok
Merokok tidak hanya buruk bagi kesehatan yang menghisapnya tetapi juga berpengaruh bagi orang di sekitarnya, bahkan penelitian mengatakan bahwa perokok pasif lebih beresiko terkena kanker daripada perokok aktif. Selain itu, merokok selama kehamilan juga bisa mempengaruhi tumbuh kembang si janin yang ada didalam perut Anda. Bahkan akibat merokok ini bisa menyebabkan bayi menjadi lahir prematur, bibir sumbing hingga kematian. So, hindari merokok aktif maupun pasif jika Anda ingin melahirkan anak yang normal

3. Vaksinasi
Masa kehamilan merupakan sangat rentan terhadap serangan dari luar seperti kuman infeksi dan lainnya sehingga para ibu hamil diwajibkan untuk selalu rutin melakukan vaksinasi agar si cabang bayi tetap terlindungi dan jika nanti lahir dalam keadaan normal tanpa ada cacat.

4. Hindari alkohol
Alkohol memang tidak baik bagi kesehatan kita karena bisa menyebabkan berbagai masalah pada kesehatan apabila di konsumsi terlalu sering. Nah, jika Anda ingin melahirkan anak yang normal maka jauhi minuman beralkohol dan jangan pernah coba-coba walaupun hanya segelas saja.

5. Lindungi diri dari infeksi
Seperti yang sudah dijelaskan diatas tadi bahwa masa kehamilan adalah masa dimana seorang wanita harus benar-benar menjaga kondisi tubuh mereka karena apabila kita tidak pintar-pintar menjaga diri dan kesehatan maka akan sangat berpengaruh pada janin Anda. So, untuk itu lindungilah diri Anda dari berbagai infeksi kuman dengan cara menjalani gaya hidup yang sehat seperti mencuci tangan ketika hendak makan, memasak daging hingga benar-benar matang hingga hal-hal yang sepele lainnya.

6. Konsultasi dengan dokter
Nah langkah terakhir untuk menghindari hal-hal yang tidak di inginkan pada calon bayi Anda makacobalah untuk konsultasikan pada dokter secara berkala. Dengan rutin memeriksakan kandungan, maka Anda bisa mengetahui bagaimana kondisi si bayi yang ada di dalam perut Anda.

Itulah 6 tips agar bayi yang dilahirkan tidak cacat. Walaupun kita tidak bisa menentukan tetapi setidaknya kita sudah berusaha melakukan yang terbaik untuk menjaga janin yang ada didalam kandungan kita. Baca Juga : 6 Penyakit Yang Menyebabkan Wanita Sulit Hamil