5 Penyakit Akibat Sering Tidur Larut Malam

Apakah Anda sering tidur larut malam ? jika iya maka sebaiknya kebiasaan buruk ini harus dihentikan mulai dari sekarang karena begadang setiap malam hanya akan merugikan kita sendiri, bahkan mempengaruhi kesehatan tubuh dan menimbulkan berbagai macam penyakit. Penyakit yang ditimbulkan akibat sering tidur larut malam tidak akan langsung datang begitu saja tetapi secara perlahan dan baru akan terasa dalam jangka waktu yang lama.

Bahaya Tidur Larut Malam

Banyak faktor yang menyebabkan seseorang tidur larut malam diantaranya adalah karena kerjaan lembur, insomnia atau memang keinginan sendiri untuk menghabiskan malam dengan begadang bersama teman-teman. Namun apapun itu, terlalu sering tidur larut malam bisa membuat tubuh menjadi rusak karena organ-organ tubuh yang seharusnya istirahat terus bekerja sepanjang malam.
Nah, berbicara mengenai begadang maka kali ini kita akan membahas apa saja sih penyakit yang bisa ditimbulkan akibat sering tidur larut malam. Baiklah jika Anda penasaran maka silahkan simak tulisan dibawah ini.

Dampak Buruk Begadang Bagi Tubuh


1. Menurunkan Kemampuan Otak
Otak merupakan salah satu anugerah tuhan yang harus dijaga dengan baik karena disana merupakan pusatnya kesehatan sehingga apabila kesehatan otak terganggu sedikit saja maka tubuh atau organ lainya juga akan merasakan dampaknya. Nah, kebiasaan tidur larut malam ini ternyata sangat buruk untuk kesehatan otak bahkan bisa menurunkan kemampuan otak sehingga membuat Anda akan menjadi cepat pikun.

2. Obesitas
Obesitas atau kelebihan berat badan tidak bisa dipandang sepele karena selain mengurangi rasa percaya diri, seseorang yang kelebihan berat badan sangat rentan terkenan berbegai penyakit salah satunya adalah penyakit mengerikan dan mematikan karena belum ada obatnya hingga sekarang yaitu diabetes. Biasanya orang yang suka begadang maka cenderung makan lebih banyak karena pada malam hari perut akan cepat terasa lapar.

3. Diabetes
Seperti yang sudah dibahas diatas bahwa karena berat badan yang terus bertambah maka seseorang yang sering tidur larut malam atau begadang akan mudah terkena penyakit diabetes. Ketika kita begadang maka organ-organ didalam tubuh yang seharusnya istirahat akan terus di forsir untuk bekerja sehingga lama kelamaan akan menyebabkan organ-organ tersebut rusak. Rusaknya organ pankreas akan menyebabkan seseorang mudah terkena penyakit diabetes.

4. Melemahkan Sistem Imun
Imun didalam tubuh dikenal sebagai penjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah diserang oleh berbagai macam bakteri dan virus. Nah, sistem imun ini juga bisa melemah akibat kebiasaan buruk kita yaitu sering tidur larut malam, apabila sistem imun telah menurun maka jangan heran apabila Anda nantinya akan sangat rentan terserang penyakit.

5. Penyakit jantung dan Stroke Dini
Penyakit berbahaya selanjutnya yang diakibatkan oleh karena sering tidur larut malam adalah penyakit jantung dan stroke dini. So, jika Anda begadang setiap malam maka bukan tidak mungkin nanti suatu saat akan mengalami gangguan fungsi jantung, tekanan darah tinggi atau stroke.

Itulah 5 penyakit akibat sering tidur larut malam yang harus Anda ketahui. Begadang bersama teman sesekali mungkin boleh-boleh saja tetapi jangan setiap malam karena bisa membahayakan kesehatan kita. Baca Juga : 5 Tips Sederhana Untuk Memulai Gaya Hidup Sehat