5 Tips Sederhana Untuk Memulai Gaya Hidup Sehat

Tubuh sehat dan bugar tidak didapatkan dengan begitu saja karena kita di tuntut untuk konsisten menjalani gaya hidup yang sehat serta rajin berolahraga. Walaupun kedengarannya sangat sepele namun sayangnya banyak orang yang merasa sulit untuk menjalani gaya hidup sehat dalam kehidupannya sehari-hari, bahkan yang lebih parah lagi pada zaman yang serba cepat ini banyak orang yang terjebak dengan gaya hidup yang tak sehat seperti terlalu sering mengkonsumi makanan cepat saji hingga sering begadang.

pola hidup sehat

Padahal untuk memulai gaya hidup sehat ini sebenarnya tidaklah sulit jika Anda mau karena kita bisa memulainya dengan hal-hal sederhana yang mungkin tak pernah terpikirkan sebelumnya. Apa saja hal-hal sederhana yang bisa kita lakukan untuk memulai gaya hidup yang sehat  ? baiklah jika Anda penasaran maka silahkan simak tulisan dibawah ini.

Cara Memulai Gaya Hidup Sehat


1. Naik Tangga
Kebiasaan pertama yang bisa kita lakukan untuk memulai gaya hidup sehat adalah dengan cara naik turun tangga. Terkadang hal sepele ini pun orang sangat malas melakukannya dan lebih memilih menggunakan lift untuk naik ke lantai dua, padahal dengan naik turun tangga kita bisa bekerja sekaligus berolahraga. Selain itu, kebiasaan ini juga bisa membuat berat badan Anda tetap ideal dan tubuh menjadi bugar karena ada gerakan setiap harinya.

2. Membatasi Konsumsi Gula
Untuk memulai gaya hidup yang sehat tentunya kita harus memulai dari diri sendiri. Bagaimana caranya ? mudah saja, yang harus Anda lakukan adalah membatasi konsumsi gula karena seperti yang kita ketahui bahwa mengkonsumsi gula yang berlebihan akan menyebabkan berbagai macam penyakit pada tubuh, salah satunya adalah penyakit diabetes. Tak hanya itu, kelebihan asupan gula juga membuat kulit menjadi cepat keriput dan meningkatkan resiko obesitas. So, jika Anda ingin tetap sehat dan bugar maka batasi konsumsi gula harian Anda.

3. Makan Siang dengan Sayuran
Langkah selanjutnya untuk memulai gaya hidup sehat adalah membiasakan diri dengan mengkonsumsi sayuran setiap hari. Sayuran sangat penting karena mengandung berbagai vitamin yang diperlukan oleh tubuh, bahkan para ahli mengatakan bahwa orang yang jarang mengkonsumsi sayur resiko untuk terkena penyakit jantung sangat besar. So, mulailah dari sekarang untuk memasukan sayuran dalam menu makanan Anda karena banyak manfaatnya.

4. Pakai Minyak Zaitun Saat Masak
Semua orang pasti tahu manfaat minyak zaitun bagi kesehatan tubuh. Nah, maka dari itu disarankan agar Anda mengganti minyak goreng yang biasa digunakan untuk memasak dengan minyak zaitun karena di anggap lebih sehat. Mungkin kebiasaan ini sangat sulit diubah oleh sebagian besar masyarakat Indonesia, namun jika Anda ingin memulai gaya hidup yang sehat maka tidak ada salahnya untuk mencobanya.

5. Meditasi
Nah cara terakhir agar tubuh tetap sehat dan bugar maka biasakanlah untuk bermeditasi. Tidak perlu harus melakukan olahraga berat untuk memulai gaya hidup yang sehat tetapi cukup bermeditasi saja di rumah maka hal ini sudah sangat membantu menyegarkan pikiran serta membuat tubuh menjadi rileks.

Itulah 5 tips sederhana untuk memulai gaya hidup sehat yang bisa Anda coba di rumah. Bagaimana mudah bukan ? tinggal kita mau atau tidak untuk menjalaninya. Baca Juga : 5 Makanan Rahasia Panjang Umur Orang Jepang