5 Tips Agar Jerawat Di Wajah Tidak Meradang

Jerawat yang tumbuh diwajah tidak bisa dianggap sepele dan harus diatasi dengan cepat. Namun untuk mengatasi jerawat kita tidak bisa dengan sembarangan karena apabila salah dalam melakukan perawatan maka jangan heran apabila jerawat diwajah Anda meradang dan menyebar ke seluruh bagian wajah. Apabila sudah begini maka maka jerawat akan sangat susah disembuhkan dan belum lagi jika nantinya jerawat sudah hilang maka sudah pasti akan merusak wajah serta menimbulkan bekas seperti noda dan lubang-lubang kecil di wajah yang membuat kita menjadi tidak percaya diri.

Tips agar jerawat tidak meradang

Nah, bagi Anda yang pada saat ini mungkin wajahnya sedang berjerawat maka cobalah untuk ikuti tips dibawah ini agar jerawat tidak meradang dan menyebar ke seluruh wajah Anda. Penasaran  apa saja tipnya ? yuk langsung saja kita simak tulisan dibawah ini.

1. Jangan Sering di Sentuh
Tips pertama agar jerawat tidak meradang dan menyebar diwajah Anda adalah jangan terlalu sering menyentuh wajah. Terkadang banyak orang yang merasa gregetan dan tidak sabar ingin memecahkan wajah sehingga mereka sering memegang dan memencet jerawat yang ada diwajahnya. Tahukah Anda bahwa memencet dan memegang wajah ketika sedang berjerawat bukanlah solusi yang baik tetapi justru malah akan membuat jerawat semakin parah dan meradang hingga menyebar ke seluruh bagian wajah Anda.

2. Hindari Gaya Rambut Berponi
Gaya rambut berponi memang menjadi trend tersendiri dikalangan anak muda pada saat ini. Namun gaya rambut seperti ini sebaiknya Anda hindari terlebih dahulu apabila wajah sedang berjerawat karena bisa menyebabkan jerawat diwajah Anda menjadi semakin meradang. Kita tidak pernah sadar bahwa rambut kita penuh dengan debu dan kotoran, belum lagi ditambah dengan minyak rambut. Nah, ketika kita berkeringat maka debu, kotoran dan minyak dirambut bisa turun ke wajah sehingga hanya akan memperburuk kondisi jerawat Anda.

3. Gunakan Tisu
Kemudian tips selanjutnya adalah yaitu gunakanlah tisu untuk membersihkan wajah karena tisu hanya digunakan untuk sekali pakai saja, hal ini berbeda jika kita menggunakan handuk maka sudah pasti penggunaanya akan berulang. Penggunaan handuk yang berulang untuk membersihkan wajah dari keringat hanya akan memperburuk kondisi jerawat Anda. So, gunakanlah tisu karena itu bisa langsung dibuang dan tidak digunakan secara berulang.

4. Hindari Makanan Berminyak
Makanan berminyak seperti gorengan memang terasa nikmat dan menggoda, namun apabila Anda mempunyai masalah dengan jerawat maka sebaiknya hentikan terlebih dahulu kebiasaan mengkonsumsi makanan yang berminyak karena hanya akan memperburuk kondisi jerawat Anda. Perbanyaklah mengkonsumsi makanan sehat seperti buah dan sayuran agar bisa membantu proses regenerasi kulit sehingga jerawat bisa cepat sembuh.

5. Hindari Sabun Cuci Muka Berbahan Keras
Wajah berjerawat sangat sensitif sehingga Anda harus pintar-pintar dalam memilih sabun pencuci wajah karena apabila salah maka bisa membuat jerawat diwajah Anda semakin meradang. So, bacalah terlebih dahulu kandungan atau bahan pembuat sabun pada label atau kemasan sebelum membeli agar kondisi jerawat Anda tidak semakin parah.

Itulah tips sederhana agar jerawat diwajah tidak meradang dan menyebar ke seluruh bagian permukaan wajah.  Jika Anda ingin terhindar dari jerawat maka jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan muka dan menjalani gaya hidup sehat karena apabila sudah sekali terkena jerawat parah maka akan membuat wajah menjadi rusak akibat bekas jerawat tersebut. Baca Juga : Cara Merawat Wajah Agar Tidak Mudah Berjerawat