6 Dampak Negatif AC Bagi Kesehatan Tubuh

Apakah Anda bekerja di ruangan ber-AC ? Jika iya pasti sangat menyenangkan bukan karena kita tidak akan merasa kepanasan saat sedang bekerja, apalagi disiang hari ketika cuaca sedang terik maka kita tidak akan merasa kepanasan dan tetap dingin. Meskipun bekerja di ruangan ber-AC atau berpendingin udara merupakan impian bagi setiap orang tetapi tahukah Anda jika ternyata terlalu sering berada diruangan ber-AC juga mempunyai dampak negatif bagi kesehatan tubuh Anda.

Bahaya terlalu lama di ruangan ber-AC

Masalah kesehatan akibat terlalu sering berada diruangan ber-AC memang tidak langsung akan terasa tetapi lambat laun Anda akan merasakannya sendiri. Bahkan untuk membuktikan hal ini, para ahli telah melakukan penelitian akan dampak negatif AC bagi kesehatan manusia. Menurut penelitian tersebut setidaknya ada 6 masalah kesehatan yang bisa terjadi apabila seseorang sering berada diruangan ber-AC.  Apa saja ? yuk mari kita simak tulisan dibawah ini.

1. Masalah Kulit
Masalah kesehatan pertama yang paling umum terjadi akibat terlalu sering berada diruang ber-AC adalah hilangnya kelembaban kulit. Kulit Anda akan menjadi kering dan tentu saja sangat mengganggu penampilan Anda karena kulit merupakan salah satu aset penting yang harus dijaga agar tetap sehat dan cantik.

2. Mata Kering
Walaupun terasa dingin dan segar, berada diruangan ber-AC  setiap hari akan membuat kesehatan mata Anda tergganggu yaitu mata menjadi mudah kering,  konjungtivitis dan blepharitis. Selain itu, terlalu lama berada diruangan ber-AC juga tidak baik bagi Anda yang menggunakan lensa kontak karena bisa menyebabkan berbagai masalah pada mata.

3. Flu
Flu biasanya disebabkan oleh infeksi virus, penyakit ini bisa menular dengan cepat melalui udara. Nah, apabila ada teman Anda sedang mengalami flu maka hal ini bisa menyebar dan menyerang Anda juga karena berada didalam ruangan dan AC  yang sama.

4. Alergi
Udara yang dikeluarkan oleh AC memang terasa dingin dan segar namun tahukah Anda bahwa ternyata udara yang dikeluarkan oleh AC juga bisa memicu terjadinya alergi. Debu dan kotoran yang terperangkap didalam AC tidak bisa keluar sehingga udara yan keluar dari AC menjadi tidak sehat karena tidak adanya sirkuasi udara didalam ruangan.

5. Masalah Paru-Paru
Masalah yang paling serius diakibatkan oleh AC adalah terganggunya kesehatan paru-paru. Ketika kita menggunakan AC didalam ruangan maka perubahan suhu dan kelembaban secara mendadak bisa menganggu sistem pernafasan kita.

6. Tidak Tahan Panas
Dampak negatif selalu berada diruangan ber-AC yang terakhir adalah kita menjadi tidak tahan terhadap panas. Kebiasaan kita yang sering berada di ruangan dingin akan membuat tubuh mudah bekeringat secara berlebihan ketika udara panas sedikit saja. Keringat berlebihan  tentu saja menjadi masalah tersendiri bagi kita karena ini juga bisa mengganggu penampilan Anda.

Itulah bahaya AC bagi kesehatan tubuh. Dibalik kesejukannya mempunyai efek negatif yang mungkin tidak pernah disadari oleh kebanyakan orang. Baca Juga : 7 Tips Mengencangkan Kulit Wajah Tanpa Ribet