6 Tips Untuk Mengatasi Kebiasaan Mengantuk

Apakah Anda sering merasa mengantuk sepanjang hari ? jika iya maka tentu saja sangat menyebalkan bukan karena rasa kantuk yang ditahan akan membuat kita menjadi pusing dan tidak konsentrasi ketika bekerja. Biasanya penyebab utama seseorang selalu merasa mengantuk adalah kurangnya istirahat atau jam tidur malam, dampak buruk dari kurang tidur ini tidak hanya buruk bagi kesehatan tetapi juga bisa menyebabkan kinerja Anda menurun karena sudah pasti orang yang kurang tidur akan mengantuk sepanjang hari sehingga akan mengganggu aktivitas kita di siang hari.

Tips Mengatasi rasa kantuk berlebihan


Nah, untuk mengatasi rasa mengantuk di siang hari ini maka cara yang paling jitu biasanya adalah dengan tidur siang. Namun seperti yang kita ketahui bahwa tidur siang hanya bisa dilakukan oleh orang-orang yang bekerja tidak terikat, nah bagi Anda yang kerja dikantor maka tentu saja ini tidak bisa dilakukan dan harus mencari cara lain agar bisa melawan rasa kantuk disiang hari. 

Tips Untuk Mengatasi Kebiasaan Mengantuk Di Siang Hari


1. Olahraga
Cara pertama yang bisa kita lakukan adalah berolahraga. Bagi Anda yang hanya duduk diam saja dikantor tentu saja akan membuat kita menjadi mudah mengantuk, maka dari itu ketika rasa kantuk mulai datang di siang hari maka sempatkanlah untuk berolahraga ringan. Lakukan beberap gerakan seperti push up didalam ruangan Anda maka ini sudah bisa membantu melancarkan sirkulasi darah sehingg tubuh kembali rileks dan segar.

2. Atur Ritme Pekerjaan
Siang hari merupakan jam yang sangat rawan untuk mengantuk sehingga Anda harus pintar-pintar dalam menjaga ritme ketika bekerja agar tidak terlalu diforsir karena apabila tubuh lelah maka kita akan mudah mengantuk. Aturlah ritme pekerjaan Anda, kerjakan apa yang harus Anda kerjakan secara perlahan namun pasti dan tidak usah terburu-buru karena bisa menguras energi Anda lebih banyak.

3. Maksimalkan Tidur Malam Anda
Semua orang pasti sudah tahu bahwa begadang mempunyai efek buruk bagi kesehatan dan kebiasaan buruk ini akan membuat seseorang merasa mengantuk sepanjang hari.  Nah, maka dari itu maka tinggalkan lah kebiasaan buruk ini dan maksimalkan waktu tidur malam Anda agar ketika bangun dipagi hari tubuh menjadi fresh dan semangat dalam menjalani aktivitas. Usahakan untuk tidur 8-10 jam dalam sehari agar tubuh tetap bugar, jika Anda mengalami insomnia atau sulit tidur maka segera cari solusi dan jangan dibiarkan.

4. Kendalikan Stres
Stres merupakan sesuatu yang wajar dan pasti setiap orang hampir pernah mengalami yang namanya stres. Walaupun demikian, stres bisa berubah menjadi sesuatu yang tidak wajar apabila Anda tidak bisa mengendalikannya sehingga akan berdampak buruk bagi kesehatan tubuh kita. Stres berlebihan akan membuat kita menjadi orang yang pemalas, selain itu stres juga bisa mengganggu kualitas tidur kita sehingga apabila tidur malam tidak nyenyak maka sudah pasti kita akan merasa mengantuk sepanjang hari. So, kendalikan stres Anda agar kita terhindari dari hal-hal negatif yang merugikan diri sendiri.

5. Konsumsi Makanan Sehat
Mengkonsumsi makanan sehat tidak hanya membuat kita menjadi sehat namun juga bisa menghindari dari rasa kantuk yang berlebihan disiang hari. Jangan konsumsi makanan secara berlebihan tetapi lakukanlah diet sehat seperti mengkonsumsi makanan yang segar agar tubuh selalu bugar. Apabila tubuh selalu bugar maka kita akan selalu semangat sepanjang hari.

6. Sisihkan Waktu Untuk Tidur Siang
Nah cara terakhir untuk mengatasi rasa kantuk berlebihan disiang hari adalah dengan cara tidur siang. Hal ini memang tidak dianjurkan untuk Anda yang bekerja dikantor, namun pintar-pintarlah dalam mengatur waktu. Tidur siang selama 30 menit sudah cukup untuk mengembalikan energi  kita dan semangat akan bangkit kembali.

Itulah cara mengatasi kebiasaan mengantuk yang berlebihan ketika disiang hari. Jangan sampai rasa kantuk membuat produktivitas dan kinerja Anda menurun, atasi dengan cara diatas. Baca Juga : 5 Cara Beristirahat Yang Baik Dan Benar