Cara Merawat Wajah Agar Tidak Mudah Berjerawat

Kulit wajah berjerawat memang sangat menyebalkan karena tidak hanya membuat kita merasa malu tetapi juga membuat wajah menjadi kusam dan terlihat lebih berminyak. Walaupun bukan penyakit yang berbahaya namun apabila dibiarkan maka jerawat bisa tumbuh pada seluruh kulit wajah Anda sehingga hal ini membuat penampilan kita menjadi terganggu, bahkan tak jarang terkadang jerawat yang ada diwajah sering berubah menjadi kemerah-merahan dan sakit apabila di sentuh.

cara merawat wajah agar terbebas jerawat

Tidak hanya itu, bahkan jika nantinya jerawat sudah sembuh maka sudah pasti akan menimbulkan noda hitam atau lubang bekas-bekas jerawat. Wajah kita yang sebelumnya bersih, putih dan mulus menjadi kasar dan bopeng-bopeng akibat adanya jerawat ini. Itulah mengapa kita harus mencegah timbulnya jerawat sejak dini agar tidak merusak kulit wajah.

Nah, bagi Anda yang ingin kulit wajahnya mulus tanpa jerawat maka cobalah memperhatikan kebersihan dan rutin untuk melakukan perawatan wajah. Tidak perlu harus ke salon dan mengeluarkan uang yang mahal, tetapi cukup dengan melakukan berbagai kebiasaan baik di bawah ini maka setidaknya resiko terkena jerawat parah sangat kecil.

Cara Merawat Wajah Agar Putih dan Bebas Jerawat


1. Rutin Membersihkan Wajah
Hal pertama yang harus Anda lakukan jika ingin terbebas dari jerawat adalah dengan rutin membersihkan wajah. Debu dan kotoran yang menempel merupakan salah satu penyebab wajah berjerawat sehingga itulah mengapa Anda disarankan untuk selalu mencuci wajah ketika hendak tidur di malam hari.

2. Hindari Rambut Menyentuh Wajah
Apakah Anda suka dengan gaya rambut poni ? jika iya maka perhatikan kebersihan rambut Anda karena apabila rambut Anda tidak bersih maka kotoran seperti minyak dan debu yang menempel pada rambut bisa turun ke wajah Anda bersamaan dengan keringat. Nah, kotoran dan debu ini bisa menyumbat pori-pori wajah sehingga bisa menimbulkan berbagai masalah pada wajah seperti wajah berminyak dan wajah berjerawat.

3. Jangan Terlalu Sering Menyentuh Wajah
Tips selanjutnya adalah agar Anda bisa terhindar dari jerawat adalah jangan terlalu sering menyentuh wajah. Sudah berapa kali Anda menyentuh wajah hari ini ? mungkin ini tidak pernah kita hitung dan sadari, namun sebaiknya kebiasaan ini segera Anda tinggalkan karena tangan kita merupakan tempat kuman bersarang sehingga ketika kita menyentuh wajah maka kuman tadi akan berpindah pada wajah Anda dan menimbulkan jerawat.

4. Gaya Hidup Sehat
Menjalani gaya hidup yang sehat tidak hanya membuat tubuh kita bugar tetapi juga sangat penting untuk kecantikan kulit. Untuk mencegah timbulnya jerawat tidak hanya kita lakukan dari luar tetapi juga dari dalam, maka dari itu konsumsilah makan-makanan yang sehat seperti sayur dan buahan karena vitamin yang terkandung didalam buah dan sayuran mampu membantu menjaga kecantikan kulit kita dari dalam.

5. Olahraga
Olahraga selama 30 menit sehari bisa membuat tubuh menjadi sehat dan bugar, bahkan tak hanya itu tetapi juga membuat kulit kita menjadi kencang dan terbebas dari berbagai masalah lainnya seperti jerawat.

6. Sesekali Gunakan Masker Wajah
Nah perawatan wajah yang terakhir adalah masker wajah. Masker wajah yang terbuat dari bahan alami bisa membuat kulit wajah Anda menjadi halus dan bebas jerawat. Biasanya masker wajah yang baik untuk kecantikan kulit adalah apel, mentimun, lidah buaya dan tomat. Cobalah sesekali menggunakan masker wajah yang terbuat dari buah-buahan yang telah disebutkan diatas maka tidak hanya bebas jerawat tetapi Anda juga bisa terhindar dari wajah kusam dan berminyak. Silahkan lihat cara membuatnya disini.

Itulah cara merawat wajah agar bebas jerawat dan terhindar dari berbagai permasalah lainnya seperti wajah kusam, berjerawat, dan berminyak. Bagaimana mudah bukan ?