6 Cara Menjaga Kesehatan Gigi Pada Ibu Hamil

Menjaga kesehatan gigi memanglah sangat penting terutama bagi ibu hamil karena apabila kesehatan gigi dan mulut ibu hamil tidak terjaga maka ini bisa mempengaruhi janin yang ada didalam kandungannya. Mungkin bagi sebagin orang menganggap sepele dan berpikiran bahwa tidak ada hubungannya antara kehamilan dan gigi, padahal menurut para ahli ini mempunyai dampak bagi bayi mereka nantinya.

Menjaga kesehatan gigi saat hamil


Tahukah Anda apabila wanita yang sedang hamil mengalami berbagai perubahan hormon pada tubuhnya, nah terkadang peningkatan hormonal ini bisa menyebabkan berbagai masalah pada gusi dan lama kelamaan akan menyebabkan karies pada gigi. Apabila Anda tidak memperhatikan masalah ini maka pada tahap lanjut kondisi ini bisa mempengaruhi janin yang ada didalam kandungan Anda. Nah itulah mengapa para ibu hamil sangat dianjurkan untuk memperhatikan kesehatan giginya disamping memperhatikan kesehatan kandungannya.

Cara Menjaga Kesehatan Gigi pada Ibu Hamil


1. Sikat Gigi Rutin
Cara pertama yang bisa kita lakukan adalah dengan menggosok gigi secara rutin seperti biasanya. Ya, walaupun terkadang para ibu hamil sering mengalami rasa mual ketika menggosok gigi tetapi ini harus tetap dilakukan agar kebersihan gigi tetap terjaga. Untuk mengatasi rasa mual yang dirasakan maka cobalah ganti pasta gigi yang sering Anda pakai dengan pasta gigi yang berbau tidak terlalu menyengat.

2. Menggunakan Obat Kumur
Setelah menyikat gigi ternyata kita juga harus menggunakan obat kumur secara teratur agar plak-plak gigi bisa terangkat. Seperti yang kita ketahui bahwa menggosok gigi saja sebenarnya sudah baik tetapi alangkah baiknya jika itu ditambah dengan obat kumur agar lebih bersih. Tips, pilihlah obat kumur yang rendah atau bahkan tidak mengandung alkohol agar tidak terasa pedas di mulut.

3. Konsumsi Air Putih
Air putih sangat dibutuhkan bagi tubuh, apalagi saat kita didalam kondisi hamil maka tidak boleh kurang didalam mengkonsumsi air putih agar tidak terjadi dehidrasi dan membahayakan janin yang ada didalam kandungan Anda. Selain itu, mengkonsumsi air putih di saat masa kehamilan akan membantu menjaga kesehatan gigi Anda juga.

4. Konsumsi Buahan dan Sayuran
Masa Kehamilan merupakan masa yang sangat rentan sehingga Anda diwajibkan untuk mengkonsumsi buahan dan sayuran yang cukup agar nutrisi didalam tubuh terpenuhi sehingga apabila bayi Anda nanti lahir maka kondisinya akan sehat. Selain itu, kenapa ibu hamil dianjurkan mengkonsumsi buah dan sayur adalah karena bisa menyehatkan gigi mereka. So, konsumsilah buah dan sayur yang banyak mengandung vitamin C dan B12 karena ini sangat membantu kesehatan gigi ibu hamil tetapi jangan berlebihan ya dalam mengkonsumsinya karena sesuatu yang baik akan menjadi tidak baik apabila dilakukan secara berlebihan.

5. Kurangi Konsumsi Makanan Manis dan Lengket
Anda juga harus mengurangi makanan yang manis-manis dan lengket. Ingat ya, disini Anda hanya harus mengurangi bukan tidak boleh mengkonsumsi makanan manis.  Kebanyakan mengkonsumsi makanan manis akan membuat karises pada gigi sehingga apabila dibiarkan saja maka ini akan juga bisa berdampak pada kesehatan janin Anda loh.

6. Periksa Kedokter Gigi
Cara terakhir untuk menjaga kesehatan gigi pada ibu hamil adalah dengan memeriksakan kondisi gigi Anda kepada dokter. Selain Anda harus mengontrol kandungan kepada dokter, Anda juga harus rutin untuk memeriksakan kesehatan gigi.

Itulah cara menjaga kesehatan gigi ibu hamil. Walaupun proses kehamilan terkadang menyulitkan namun Anda tetap harus mensyukurinya karena itu anugerah. Baca Juga : 6 Penyakit Yang Menyebabkan Wanita Sulit Hamil