Cara Merawat Rambut Kering dan Kusut Tanpa Ke Salon

Rambut kering dan kusut merupakan salah satu masalah yang mungkin sering Anda alami, meskipun terkadang dianggap sepele namun rambut yang kering dan kusut bisa membuat seseorang menjadi tidak percaya diri. Terutama bagi wanita, keindahan dan kesehatan rambut adalah sesuatu yang sangat penting karena bagi sebagian wanita menganggap bahwa rambut ibarat sebuah mahkota yang harus benar-benar dijaga agar tidak mengalami berbagai masalah seperti kering dan kusut, rambut berketombe serta rontok dan bercabang.

Cara merawat rambut kering dan kusut secara alami


Nah, Jika pada artikel sebelumnya kita pernah membahas bagaimana cara merawat rambut kering dan mengembang  maka pada kesempatan kali ini kita akan memberikan tips atau cara merawat rambut kering dan kusut menggunakan bahan-bahan alami sehingga Anda tidak perlu membuang uang yang banyak untuk pergi kesalon. Baiklah jika Anda penasaran bagaimana caranya, yuk mari kita simak tulisan dibawah ini

Cara Mengatasi Rambut Kering dan Kusut Secara Alami


1. Masker Pisang
Pisang tidak hanya enak dikonsumsi dan kaya akan vitamin namun kita juga bisa memanfaatkan buah yang satu ini untuk diajdikan sebagai masker rambut alami untuk mengatasi rambut kering dan kusut. Nah, bagi Anda yang ingin mencoba untuk membuat masker pisang untuk rambut kering dan kusut ini maka silahkan buat sendiri dirumah karena caranya sangat mudah.

Caranya yaitu pertama haluskan terlebih dahulu buah pisang secukupnya dengan menggunakan blender, kemudian jika sudah selesai maka aplikasikan pada rambut Anda. Kandungan vitamin dan mineral pada pisang mampu mengatasi rambut kering dan kusut, apabila digunakan secara rutin dan konsisten maka rambut Anda akan menjadi indah dan sehat.

2. Masker Mayonaise
Mayonaise merupakan sejenis saus yang biasa digunakan sebagai perasa makanan, bahan dasar pembuatannya sendiri beragam diantaranya adalah dari minyak nabati, telur, minyak zaitun dan lainnya. Nah, karena mayonaise ini terbuat dari bahan-bahan alami yang memiliki nutrisi dan vitamin maka banyak orang yang memanfaatkan mayonaise untuk mempercantik kulit dan rambut.

Bagi Anda yang mempunyai rambut kering dan kusust maka tidak ada salahnya jika mencoba menggunakan masker mayonaise. Cara membuatnya sangat mudah yaitu kita siapkan terlebih dahulu mayonaise, bisa dibeli dipasaran. Kemudian campurkan mayonaise tadi dengan buah pisang yang sudah dihaluskan, lalu baru aplikasikan pada rambut Anda. Diamkan saja rambuan ini menempel pada rambut Anda selama 20 menit dan kemudian baru dibilas menggunakan air bersih atau juga boleh menggunakan shampo.

3. Minyak Zaitun
Semua orang mungkin mengetahui manfaat dari minyak zaitun ini, selain bagus untuk kesehatan biasanya minyak zaitun juga sering digunakan untuk mempercantik kulit dan memperindah rambut. Nah, bagi Anda yang ingin terbebas dari rambut kering dan kusut maka tidak ada salahnya untuk mencoba menggunakan minyak zaitun sebagai masker rambut.

Caranya sangat mudah yaitu kita tinggal oleskan saja minyak zaitun secara merata dari akar hingga ujung rambut. Selain mencegah rambut rontok, minyak zaitun juga mampu membuat rambut lembut dan menjadi lembab. Ingat, ketika Anda akan mengoleskan minyak zaitun pada rambut maka cucilah terlebih dahulu rambut Anda dan oleskan ke rambut dalam kondisi rambut masih basah. Setelah itu diamkan saja selama 15 menit baru di bilas menggunakan shampo.

4. Cuka Apel
Nah selain ketiga bahan diatas ternyata cuka apel juga bisa kita manfaatkan untuk memperindah rambut. Cara membuat masker rambut dari cuka apel ini sangat mudah yaitu campurkan satu sendok minyak gandum dengan setengah cangkir cuka apel, kemudian aduk hingga tercampur rata.

Sebelum menggunakannya pada rambut maka lebih baik cucilah terlebih dahulu rambut Anda hingga bersih. Oleskan ramuan cuka apel tadi ketika rambut masih dalam keadaan sedikit basah dan diamkan saja selama 20 menit, baru setelah itu dibilas menggunakan air bersih atau juga boleh keramas dengan menggunakan shampo.

Tips Mencegah Rambut Kering dan Kusut


Tips mencegah rambut kering dan kusut


1. Gunakan Kondisioner
Tips pertama yaitu jangan lupakan kondisioner. Jika Anda ingin memiliki rambut yang halus dan lembut maka gunakanlah kondisioner secara teratur.

2. Vitamin Rambut
Vitamin rambut juga sangat penting sehingga karena bisa mencegah rambut menjadi kering dan kusut. Selain itu, menggunakan vitamin rambut secara teratur bisa membuat rambut menjadi kuat dan sehat sehingga tidak mudah rontok.

3. Hindari Pengering Rambut
Penggunaan hairdryer memang tak bisa dilepaskan dari wanita zaman kini, namun tahukah Anda jika terlalu sering menggunakan pengering rambut maka bisa menyebabkan rambut menjadi kering. So, sebisa mungkin hindari penggunakaan hairdryer dan jika Anda ingin mengeringkan rambut maka cukup diangin-anginkan saja.

4. Perhatikan Sisir Rambut
Nah tips terakhir yaitu selalu menyisir rambut dan memperhatikan kebersihan sisir rambut. Hati-hati kesalahan dalam memilih sisir rambut bisa membuat rambut menjadi rontok dan rusak.

Itulah cara merawat rambut kering dan kusut menggunakan bahan alami yang bisa Anda coba sendiri dirumah. Bagaimana mudah bukan ? tidak perlulah sering-sering kesalon, sesekali mungkin boleh saja tetapi jika terlalu sering maka tentu saja membuat kantong menjadi bolong. Baca Juga : Cara Merawat Rambut Agar Cepat Panjang Dan Tidak Rontok