Cara Mengatasi Insomnia Dengan Cepat dan Mudah

Insomnia atau susah tidur merupakan salah satu penyakit yang tidak boleh dianggap sepele dan harus segera diatasi dengan cepat karena apabila dibiarkan tanpa ada penanganan yang tepat maka bisa saja Anda akan mengalami insomnia akut. Banyak hal tentunya yang bisa menyebabkan mengapa seseorang susah atau sulit tidur dimalam hari diantaranya adalah karena kebanyakan mengkonsumsi minuman berkafein, stres berlebihan, sering begadang dan bisa saja karena faktor kelelahan.

Cara mengatasi insomnia dengan cepat dan mudah tanpa obat

Biasanya untuk mengatasi insomnia ini, sebagian orang menggunakan cara-cara yang praktis yaitu mengkonsumsi obat tidur. Meskipun obat tidur bisa membantu kita tertidur pulas tetapi Anda harus tahu jika penggunaan obat tidur dalam jangka waktu yang panjang bisa berdampak buruk bagi kesehatan kita, bahkan bisa merusak organ ginjal kita.

Nah, maka dari itu sebaiknya untuk mengatasi masalah insomnia atau susah tidur ini kita menggunakan cara-cara alami saja dan tidak perlu dengan obat-obatan. Baiklah bagi Anda yang mungkin pada malam ini sedang mengalami insomnia maka ikuti beberapa tips dibawah ini agar bisa segera tertidur dan terbebas dari insomnia.

Cara Mengatasi Insomnia Untuk Pria dan Wanita


1. Hindari Kafein 
Seperti yang sudah dibahas diatas tadi bahwa salah satu penyebab insomnia adalah minuman berkafein seperti kopi, teh atau cola. Jika Anda ingin tidur nyenyak dimalam hari maka jangan mengkonsumsi kafein diatas jam 9 malam karena ini hanya akan mengganggu waktu tidur Anda dan membuat mata akan selalu terjaga. 

2. Konsumsi Madu
Madu sudah tidak diragukan lagi khasiatnya dan dipercaya sebagai obat alami untuk berbagai macam penyakit salah satunya adalah insomnia. Menurut peneltian mengatakan bahwa mengkonsumsi satu sendok madu sebelum tidur bisa membantu meningkatkan kualitas tidur kita sehingga membuat tidur malam menjadi lelap.

3. Konsumsi Pisang
Jika Anda susah untuk tertidur dimalam hari maka cobalah untuk mengkonsumsi buah pisang. Kandungan typtophan pada buah pisang mampu membantu meningkatkan kualitas tidur malam Anda. Tidak hanya itu, bahkan pisang juga bisa menenangkan neuron serta mengurangi aktivitas otak dimalam hari.

4. Olahraga Teratur
Olahraga merupakan salah satu cara yang mudah dan praktis untuk menyehatkan tubuh. Nah, ternyata dengan olahraga teratur setidaknya 30 menit sehari mampu membantu mengatasi insomnia sehingga menjadikan tidur malam Anda lebih nyenyak. Namun perhatikan, jangan pernah berolahraga di malam hari yaitu berdekatan dengan waktu tidur karena hal ini malah akan menyebabkan Anda menjadi insomnia. 

5. Kendalikan Stres
Jangan lupa untuk selalu mengendalikan stres karena stres yang berlebihan akan menimbulkan berbagai masalah pada diri Anda sendiri mulai dari rentan depresi hingga mengalami susah tidur dimalam hari atau insomnia. Maka dari itu, hindarilah hal-hal yang bisa membuat Anda stres dan tenangkanlah pikiran ketika hendak tidur agar Anda bisa cepat lelap.

6. Bersihkan Tempat Tidur Anda
Membersihkan tempat tidur adalah hal yang sangat penting karena ini bisa mempengaruhi kualitas tidur Anda. Apabila tempat tidur bersih maka tentu saja kita akan merasa nyaman sehingga membuat kita menjadi cepat terlelap. 

7. Matikan Lampu dan Jauhkan Gadget Anda
Kemudian tips selanjutnya untuk mengatasi insomnia adalah dengan cara mematikan lampu dan menjauhkan gadget dari tempat tidur Anda. Kondisi kamar yang gelap akan membuat kita menjadi cepat tertidur dan menurut penelitian tidur dalam kondisi gelap sangat bagus untuk kesehatan.

8. Konsultasikan Pada Dokter
Nah untuk yang terakhir yaitu apabila insomnia Anda telah akut atau parah dan tidak bisa diatasi dengan cara-cara diatas maka segera konsultasikan pada dokter agar bisa diberi penanganan yang tepat sehingga masalah susah tidur yang Anda derita tidak berlarut-larut karena apabila dibiarkan tentu saja hal ini akan sangat berbahaya bagi kesehatan Anda.


Itulah cara mengatasi insomnia dengan cepat dan mudah. Bagi Anda yang mempunyai masalah susah tidur dimalam hari maka bisa mencoba tips diatas dan mudah-mudah bisa tertidur dengan lelap.