5 Kebiasaan Sepele Ini Bisa Menyebabkan Insomnia

Kebiasaan buruk yang bisa menyebabkan insomnia sebaiknya harus dihindari sejak dini karena seperti yang kita ketahui bahwa seseorang yang kekurangan jam tidur sangat rentan mengalami berbagai masalah kesehatan diantaranya adalah stres dan depresi. Walaupun terlihat sepele tetapi dampak yang ditimbulkan oleh insomnia ini bisa menjadi sangat serius apabila tidak ditangani dengan cepat, maka dari itu kita harus pandai-pandai dalam mengatur waktu agar waktu istirahat dimalam hari tidak terganggu dan Anda mendapatkan waktu istirahat yang berkualitas.

kebiasaan buruk penyebab insomnia

Nah mungkin anda bertanya-tanya, apa saja penyebab insomnia ini ? jika bicara penyebab maka banyak hal yang bisa mempengaruhi seseorang menjadi sulit tidur namun yang paling sering menyebabkan seseorang mengalami insomnia adalah karena sering melakukan kebiasaan buruk yang dianggap sepele tetapi bisa berdampak negatif. Apa saja kebiasaan tersebut ? mari kita simak tulisan dibawah ini.

1. Terlalu Banyak Minum Kopi
Kopi merupakan minuman yang asik untuk dijadikan teman, apalagi ketika waktu istirahat tiba maka kopi merupakan minuman favorit bagi sebagian orang terutama pria. Walaupun tidak ada yang melarang untuk mengkonsumsi kopi namun bukan berarti kita harus berlebihan mengkonsumsinya karena hal ini bisa membuat Anda menjadi sulit tidur. Kafein yang terkandung didalam kopi bisa merangsang otak dan jantung untuk terus bekerja sehingga menyebabkan kita menjadi sulit tidur, selain itu terlalu banyak mengkonsumsi kopi juga merupakan kebiasaan buruk yang bisa merusak kesehatan ginjal.

2. Berolahraga Di Malam Hari
Apakah Anda gemar berolahraga dimalam hari ? bagi Anda yang hobi berolahraga dimalam hari sebaiknya tidak mengurangi kebiasaan buruk ini karena hal ini bukannya menyehatkan tetapi tanpa disadari ternyata bisa menganggu kualitas tidur Anda. Ketika kita berolahraga dimalam hari, entah itu main futsal atau lainnya maka otomatis seluruh organ didalam tubuh akan terus bekerja secara maksimal sehingga menyebabkan kita menjadi sulit tidur.

3. Membaca Buku Di Tempat Tidur
Tidak ada yang melarang Anda untuk membaca buku karena buku adalah jendela dunia sehingga banyak informasi yang bisa kita dapatkan apabila rutin membaca buku. Namun, membaca buku sebelum tidur bukanlah ide yang bagus karena hal ini justru akan membuat Anda mengalami insomnia atau sulit tidur dan hal ini telah dilakukan penelitian oleh Universitas Harvard

4. Browsing Internet Sebelum Tidur
Browsing internet sebelum tidur akan membuat anda menjadi lupa untuk tidur dan pada akhirnya akan terlambat tidur karena keasyikan online. Karena seperti yang kita ketahui bahwa browsing di internet bisa membuat seseorang menjadi lupa waktu. So, kurangi kebiasaan buruk ini jika ingin mendapatkan tidur yang berkualitas.

5. Terlalu Sering Begadang
Kebiasaan buruk terakhir yang bisa menyebabkan seseorang menjadi insomnia adalah karena terlalu sering begadang. Seseorang yang begadang dimalam hari biasanya akan tidur seharian dari pagi hingga siang bahkan sore hari. nah, apabila kebiasaan ini terus berlanjut maka tentu saja tubuh akan merespon hal tersebut dan membuat jam biologis kita terganggu.

Nah, itulah 5 kebiasaan sepele yang bisa menyebabkan insomnia sehingga harus ditinggalkan agar kesehatan tubuh tetap terjaga. Karena seperti yang kita ketahui bahwa tidur yang berkualitas bisa membuat tubuh menjadi bugar kembali.