6 Tips Agar Terhindar Dari Kram Saat Haid

Kram saat haid merupakan sesuatu yang normal dan hampir dialami oleh setiap wanita sehingga Anda tidak perlu terlalu khawatir berlebihan apabila merasakan hal ini. Namun walaupun kram saat haid merupakan sesuatu yang umum dialami oleh setiap wanita tetapi tetap saja hal ini sangat menganggu aktivitas dan bisa menurunkan mood. Biasanya masalah kram saat masa haid ini dipengaruhi oleh berbagai faktor salah satunya adalah karena ketidakseimbangan antara hormon estrogen dan progesteron didalam tubuh wanita.

Tips Agar Terhindar Dari Kram Saat Haid

Nah, bagi Anda yang sering mengalami hal ini maka jangan khawatir karena pada kali ini kita akan membahas bagaimana cara menghindari kram saat haid. Penasaran ? mari kita simak tulisan dibawah ini.


Tips Mengatasi Kram Saat Haid


1. Minum obat anti nyeri haid
Hal pertama yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi dan mengurangi rasa kram saat haid adalah dengan mengkonsumsi obat anti nyeri haid yang bisa kita dapatkan dengan mudah dipasaran karena pada saat ini sudah banyak beredar obat pereda nyeri haid yang terbuat dari bahan alami. Cara ini cukup ampuh dan bisa membuat Anda kembali semangat menjalani aktivitas sehari-hari.

2. Batasi kafein
Ketika sedang haid maka sebisa mungkin hindari terlebih dahulu makanan yang mengandung kafein seperti kopi, teh ataupun minuman bersoda karena seperti yang kita ketahui bahwa kafein juga merupakan salah satu penyebab kram saat haid.

3. Minum air putih
Untuk menghindari kram saat haid maka sebaiknya perbanyak mengkonsumsi air putih karena ketika asupan cairan didalam tubuh terpenuhi maka liver akan berkerja dengan optimal sehingga tubuh tidak memproduksi hormon estrogen secara berlebihan. Seperti yang telah kita bahas diatas bahwa ketidakseimbangan hormon estrogen dan progesteron didalam tubuh merupakan pemicu utama kram saat haid.

4. Kompres dengan air hangat
Kemudian tips selanjutnya untuk mengurangi rasa nyri kram saat haid adalah mengkompresnya dengan air hangat. Saat kram maka seluruh otot akan tegang, nah untuk merileks kan otot-otot yang tegang tesebut kita bisa mengkompresnya dengan air hangat.

5. Asupan serat
Mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan merupakan slaah satu cara ampuh untuk memenuhi kebutuhan serat didalam tubuh. Ketika tubuh cukup serat maka hormon didalam tubuh akan seimbang sehingga bisa meminimalisir terjadinya kram saat haid.

6. Berolahraga
Nah cara terakhir untuk mengatasi masalah kram saat haid ini adalah dengan berolahraga. Semua orang sudah pasti tahu bahwa olahraga bermanfaat bagi kesehatan maupun kecantikan kulit serta membuat metabolisme didalam tubuh bisa berjalan dengan baik sehingga membuat hormon menjadi seimbang. Dengan berolahraga rutin kita juga bisa menjaga kesehatan jantung tanpa obat.

Itulah 6 Tips agar terhindar dari kram saat haid. Mudah-mudahan bisa menjadi referensi dan membantu kaum wanita agar lebih cerdas dalam menjaga kesehatan tubuh mereka.

Share this :

Previous
Next Post »