Cara Mengatasi Wajah Kering dan Mengelupas

Kulit wajah kering, kasar dan mengelupas memang terlihat sepele namun apabila dibiarkan tanpa ada langkah untuk mengatasinya maka lama-kelamaan akan membuat kita menjadi risih dan tidak percaya diri. Banyak hal yang menyebabkan mengapa kulit wajah kita menjadi kering dan mengelupas diantaranya adalah karena paparan sinar matahari, iritasi terhadap produk tertentu dan banyak faktor lainnya.

Cara mengatasi kulit kering dan mengelupas

Sebenarnya untuk mengatasi kulit kering dan mengelupas ini tidaklah terlalu susah karena dengan rutin melakukan perawatan wajah setiap hari maka hal itu sudah cukup. Namun yang harus ditekankan perawatan wajah untuk kulit kering dan mengelupas tentunya berbeda seperti kita merawat wajah pada kulit yang normal tetapi secara keseluruhan tidak ada yang rumit.

Cara Mengatasi Wajah Kering dan Mengelupas


1. Konsumsi Air Putih
Hal pertama yang harus Anda lakukan sebelum melakukan perawatan wajah adalah perbanyak konsumsi air putih setiap hari agar asupan cairan didalam tubuh tetap terpenuhi. Seperti yang kita ketahui bahwa kekurangan air didalam tubuh akan membuat kita menjadi dehidrasi dan ini sangat mempengaruhi kelembaban kulit sehingga kulit akan menjadi kering. So, untuk itu minumlah setidaknya 1 liter sehari atau 8 gelas sehari.

2. Konsumsi Buah dan Sayur
Kemudian setelah rajin minum air putih maka kemudian Anda juga harus rajin mengkonsumsi buah dan sayur setiap hari. Beberapa buah dan sayur seperti brokoli, jeruk, tomat, kol mengandung nutrisi yang baik untuk kulit Anda sehingga usahakan untuk selalu memasukan sayuran dan buahan yang banyak mengandung vitamin C, E dan antioksidan dalam daftar menu harian Anda.

3. Gunakan Pelembab Wajah
Kemudian untuk menyamarkan dan melindungi kulit dari sinar matahari maka gunakanlah selalu pelembab dan tabir surya ketika hendak keluar rumah. Seperti yang kita ketahui bahwa sinar matahari tidak hanya membuat kulit menjadi hitam dan gosong tetapi juga membuat kulit menjadi kering dan mengelupas.

4. Hentikan Penggunaan Produk Kecantikan
Produk kecantikan yang Anda gunakan seperti cream pemutih wajah atau kosmetik juga bisa menjadi penyebab kulit mengelupas dan kering. Hal ini terjadi karena kulit wajah alergi terhadap produk yang Anda gunakan sehingga untuk mengembalikan wajah seperti semula maka Anda harus menghentikan pemakaian produk-produk kecantikan tersebut untuk sementara waktu.

Cara Mengatasi Wajah Kering dan Mengelupas Menggunakan Bahan Alami


1. Masker Madu
Bahan alami pertama yang bisa Anda gunakan untuk mengatasi wajah kering dan mengelupas adalah madu. Caranya mudah yaitu Anda bisa langsung oleskan madu murni langsung ke wajah Anda secara merata dan diamkan selama 20 menit. Lakukan cara ini secara rutin setiap hari ketika dipagi hari dan malam sebelum tidur.

2. Masker Mentimun
Masker mentimun tidak hanya bisa menghilangkan flrk hitam dan mencerahkan wajah kusam tetapi juga bisa mengatasi wajah kering dan mengelupas. Mentimun mengandung banyak air sehingga bisa mengatasi dehidrasi pada kulit dan membuat kulit kembali lembab.
Untuk cara membuatnya sendiri sangatlah mudah yaitu parut saja mentimun sampai halus atau bisa juga diblender lalu kemudian setelah itu bisa langsung dijadikan masker wajah. Oleskan secara merata ke permukaan wajah Anda dan diamkan selama 20 menit lalu setelah itu baru dibilas menggunakan air bersih.

3. Masker Susu
Susu merupakan minuman yang kaya akan vitamin dan sangat baik bagi kesehatan tubuh. Namun selain enak diminum ternyata susu ini juga bisa kita manfaatkan untuk kecantikan kulit dan dijadikan masker wajah. Banyak orang yang percaya jika masker susu bisa membuat kulit menjadi cerah, menenangkan kulit akibat paparan sinar matahari dan melembutkan kulit sehingga tidak kering dan kasar.

Cara membuat masker susu ini untuk mengatasi wajah kering dan mengelupas caranya sangatlah mudah yaitu campurkan susu dengan madu lalu aduk hingga tercampur merata lalu setelah itu bisa langsung dioleskan pada wajah. Gunakan masker ini secara rutin setiap hari agar kulit kembali halus dan lembab.

4. Minyak Zaitun
Kemudian tips terakhir adalah dengan menggunakan minyak zaitun. Minyak zaitun ini sudah dikenal sejak zaman dahulu mempunyai manfaat yang luar biasa bagi kecantikan dan kesehatan manusia, bahkan produk-produk perawatan wajah telah menjadikan minyak zaitun sebagai bahan campuran  untuk produk mereka.

Cara pemakaiannya sangat mudah yaitu Anda tinggal oleskan saja langsung minyak zaitun dimalam hari ketika hendak tidur dan bilas saja dipagi hari. Sebenarnya minyak zaitun ini juga bisa dijadikan alas bedak karena memang sangat mudah meresap di kulit.

Baca Juga : Cara Merawat Wajah Berjerawat Secara Alami

Itulah cara mengatasi wajah kering dan mengelupas secara alami dengan ramuan tradisional serta menjalani beberapa kebiasaan-kebiasaan baik setiap hari. Kulit wajah adalah aset penting yang harus dijaga dan jangan sampai Anda membiarkannya menjadi rusak. Baca Juga : Cara Memutihkan Wajah yang Ampuh dan Cepat