Cara Mudah dan Ampuh Mencegah Terbentuknya Batu Ginjal

cara mencegah batu ginjal secara alami dan tradisional
Batu ginjal merupakan salah satu penyakit yang kerap kali di derita oleh orang-orang yang tinggal di daerah tropis salah satunya adalah Indonesia. Biasanya gejala awal seseorang terkena batu ginjal adalah adanya rasa nyeri pada pinggang kemudian menjalar hingga perut bagian bawah dan terkadang rasa nyeri juga bisa Anda rasakan didaerah selangkangan. Tidak hanya itu, biasanya penderita batu ginjal juga akan mengalami mual, demam, nafsu makan menurun dan ketika berkemih akan terasa sakit atau berdarah.

Mengerikan bukan ? ya, batu ginjal memang sangat menyakitkan apalagi ketika sedang kumat maka rasa sakit akibat batu ginjal ini sangat menyiksa. Bahkan menurut para ahli apabila batu ginjal ini tidak dikeluarkan dengan cepat maka lama-kelamaan batu yang ada didalam ginjal Anda akan semakin membesar dan merusak organ ginjal Anda.

Nah, maka dari itu sebelum Anda menderita penyakit ini maka ada baiknya kita mencegahnya terlebih dahulu sebelum menyesal nantinya. Apa saja langkah pencegahan agar kita terhindar dari batu ginjal ? silahkan simak tips dibawah ini

Cara Mencegah Batu Ginjal Untuk Pria dan Wanita


1. Konsumsi Air Putih Yang Cukup
Langkah pertama yang harus Anda lakukan agar terhindar dari batu ginjal adalah selalu mencukupi asupan cairan didalam tubuh yaitu dengan cara mengkonsumsi air putih setidaknya 1-2 liter sehari. Meskipun dengan banyak minum akan membuat Anda sering buang air kecil, hal tersebut bukanlah suatu masalah dan justru sangat bagus agar kotoran dan racun tidak menumpuk di ginjal dan bisa terbuang bersamaan dengan urin. Nah, bagi Anda pekerja aktif dan sering mengeluarkan keringat maka jangan menunggu haus baru Anda minum tetapi minumlah sebelum haus agar tubuh tetap sehat dan Anda terhindar dari penyakit batu ginjal

2. Kurangi Mengkonsumsi Kalsium dan Garam
Tidak ada salahnya jika Anda mengkonsumsi makanan yang mengandung kalsium tinggi dan garam karena tubuh juga membutuhkan kalsium dan garam.  Yang harus Anda lakukan adalah mengurangi asupannya karena apabila terlalu berlebihan mengkonsumsinya maka bisa menyebabkan terbentuknya batu ginjal didalam tubuh Anda.

3. Kurangi Mengkonsumsi Makanan Tinggi Purin
Apakah Anda penggemar jeroan atau daging merah ? jika iya maka mulai dari sekarang sebaiknya mengurangi mengkonsumsi makanan tersebut karena jeroan dan daging merah memiliki kandungan purin yang tinggi sehingga apabila dikonsumsi berlebihan bisa menyebabkan terbentuknya batu ginjal didalam tubuh. So, sebaiknya Anda mengkonsumsi makanan sehat dan seimbang agar tubuh selalu sehat dan terhindar dari berbagai macam penyakit.

4. Hindari Suplemen Vitamin C
Suplemen vitamin C dipercaya bisa memperkuat saya tahan tubuh sehingga tak heran apabila banyak orang yang sering mengkonsumsi suplemen vitamin C setiap hari. Tetapi tahukah Anda terlalu sering mengkonsumsi suplemen vitamin C bisa menyebabkan pembentukan oksalat didalam tubuh, nah kandungan oksalat yang tinggi didalam tubuh bisa memicu terbentuknya batu ginjal. So, maka dari itu kurangin mengkonsumsi suplemen vitamin C dan jika Anda ingin mendapatkan vitamin C maka sebaiknya konsumsi saja jeruk karena vitamin C nya lebih alami daripada suplemen vitamin C yang banyak dijual dipasaran.

5. Berolaharaga
Nah tips terakhir agar terhindar dari penyakit batu ginjal adalah dengan cara berolahraga. Jangan malas untuk berolahraga karena ini merupakan cara paling mudah dan murah serta menyenangkan untuk mencegah berbagai macam penyakit didalam tubuh.

Baca Juga : Cara Mengobati Penyakit Batu Ginjal Secara Alami Tanpa Operasi

Itulah cara mencegah batu ginjal agar tidak mudah terbentuk didalam tubuh Anda. Bagaimana, mudah bukan ? bukankah lebih baik mencegah dari pada mengobati, karena apabila sudah terkena penyakit ini biaya pengobatannya tidaklah sedikit apalagi sampai harus melakukan operasi. Baca Juga : 4 Makanan Yang Dilarang Bagi Penderita Batu Ginjal