Cara Mudah dan Ampuh Untuk Meredakan Sakit Kepala

Apakah Anda pernah mengalami sakit kepala ? saya rasa mungkin hampir setiap orang di dunia ini pernah mengalami yang namanya sakit kepala. Sakit kepala memang sangat menyebalkan sehingga harus diatasi dengan cepat dan tepat agar tidak mengganggu aktivitas keseharian Anda. Biasanya cara paling mudah dan praktis untuk meredakan sakit kepala adalah dengan mengkonsumsi obat-obatan kimia yang bisa kita dapatkan dengan mudah dipasaran karena memang harganya tidak terlalu mahal.

Cara mudah dan alami mengobati sakit kepala tanpa obat


Nah, meskipun pada saat ini sudah banyak berbagai macam produk atau obat untuk menghilangkan sakit kepala yang di jual dipasaran dengan harga terjangkau tetapi meskipun demikian bukan berarti Anda harus sedikit-sedikit harus minum obat untuk meredakan sakit kepala karena terlalu sering mengkonsumsi obat kimia juga tidak baik untuk kesehatan

Selain mengkonsumsi obat kimia, ternyata untuk bisa meredakan serta menyembuhkan sakit kepala juga bisa kita lakukan secara alami dengan cara mengkonsumsi makanan atau minuman tertentu. Gak percaya ? silahkan simak tulisan dibawah ini.

Cara Mengobati Sakit Kepala Tanpa Obat


1. Konsumsi Air Putih
Mengapa kita harus mengkonsumsi air putih ? air putih ini sangat penting untuk tubuh karena apabila kita kekurangan sedikit saja cairan maka tubuh akan mengalami dehidarasi. Nah, ketika tubuh mengalami dehidrasi maka terkadang bisa menyebabkan dan menimbulkan sakit kepala. Apalagi kita sering beraktivitas di luar ruangan dan sering terkena sinar matahari serta ditambah dengan kurang minum air putih maka hal ini bisa menyebabkan kita menjadi mudah sakit kepala dan pusing.

Jika sudah demikian maka langkah pertama yang bisa Anda lakukan adalah mengkonsumsi air putih untuk mengurangi rasa pusing pada kepala dan beristirahatlah hingga rasa pusing atau sakit kepala hilang. So, agar tubuh selalu sehat bugar maka jangan lupa untuk selalu mengkonsumsi air putih setidaknya 8 gelas sehari.

2. Tarik Napas Perlahan
Kemudian tips selanjutnya untuk menghilangkan rasa sakit di kepala adalah dengan cara mengatur pernapasan. Tariklah napas dalam-dalam secara perlahan sambil memejamkan mata dan kemudian hembuskan. Cara ini bisa membuat otot-otot di kepala dan mata menjadi rileks kembali sehingga sakit kepala Anda sedikit berkurang. 

3. Pijatan Lembut
Ketika sakit kepala datang maka cara yang paling efektif dan sering berhasil untuk meredakan rasa sakit tersebut adalah dengan memijat kepala. Pijatlah secara lembut, jika perlu tambahkan minyak aromaterapi agar otot-otot yang tegang menjadi rileks kembali dan bisa meringankan sakit di kepala dengan cepat. Tidak hanya dibagian kepala saja tetapi berikanlah pijatan di bagian bahu, leher, punggung dan wajah agar semua otot kembali rileks

4. Teh Jahe
Jahe telah dikenal sebagai tanaman obat yang memiliki sejuta manfaat untuk kesehatan tubuh. Bahkan produk olahan yang terbuat dari jahe sudah banyak di jual dipasaran dan peminatnya cukup banyak. Nah, salah satu manfaat jahe yang mungkin belum banyak diketahui oleh banyak orang adalah untuk meredakan sakit kepala. Teh jahe tidak hanya menghangatkan tubuh tetapi juga bisa menghilangkan sakit kepala secara alami. So, jika Anda sedang mengalami sakit kepala terutama migrain maka cobalah untuk mengkonsumsi teh jahe.

5. Menjauhi Sinar Komputer dan Televisi
Seperti yang kita ketahui bahwa penyebab sakit kepala memang sangat beragam. Nah, apabila sakit kepala Anda disebabkan karena terlalu sering melihat komputer maka cara ampuh untuk meredakan sakit kepala tersebut adalah dengan menjauhi untuk sementara layar komputer. Menatap layar komputer terlalu lama bisa membuat mata kita menjadi lelah, apabila mata sudah terlalu lelah maka bisa menyebabkan sakit pada kepala. So, untuk mengantisipasi hal ini maka sebaiknya aturlah kontras layar komputer Anda dan berhentilah sebentar apabila Anda sudah terlalu lama melihat komputer.

6. Mandi Menggunakan Shower
Mandi dengan menggunakan shower juga bisa menjadi alternatif untuk meringankan rasa nyeri pada kepala kita. air yang jatuh dari shower ke kepala kita akan terasa sangat menyegarkan dan membuat kepala kita serasa dipijat. 

7. Batu Es
Batu es tidak hanya menyegarkan ketika di konsumsi, apalagi batu es ini di campur dengan minuman seperti teh, susu atau soda maka pasti akan tambah nikmat dan membuat siapa saja ketagihan. Nah ternyata selain menyegarkan minuman, batu es juga bisa kita manfaatkan untuk menghilangkan sakit kepala. Caranya mudah yaitu kita masukan saja batu es didalam kantong kemudian tempelkan pada bagian kepala yang terasa pusing. 

8.  Tidur
Cara terakhir yang bisa kita lakukan untuk meredakan sakit kepala secara alami adalah dengan tidur. Tidur merupakan salah satu cara ampuh untuk membuat tubuh dan pikiran rileks kembali sehingga Anda terhindar dari stres. Apabila tubuh telah dan pikiran tenang maka secara perlahan sakit kepala akan berkurang.


Itulah tips menghilangkan sakit kepala secara alami tanpa obat yang bisa Anda coba dirumah. Penyebab sakit kepala memang beragam dan Anda harus pintar-pintar mengenalinya agar bisa ditangani dengat tepat. Baca Juga : Cara Alami Mengobati Pilek Menggunakan Bawang Putih