Cara Alami Mengobati Pilek Menggunakan Bawang Putih

Influensa atau yang biasa kita kenal dengan pilek merupakan penyakit yang menyebalkan karena apabila tidak ditangani dengan cepat maka tentu saja bisa mengganggu aktivitas keseharian kita. Flu atau pilek ini biasanya disebabakan oleh infeksi virus pada saluran pernapasan seperti hidung dan paru-paru sehingga tak heran jika seseorang yang mengalami pilek awalnya akan menimbulkan gejala serta tanda-tanda seperti demam sakit kepala, nyeri otot dan batuk

Cara mengobati flu pilek dan batuk secara alami

Namun sayangnya sebagian dari kita sering kali menganggap sakit flu atau pilek merupakan penyakit yang sepele, padahal seperti yang sudah dibahas diatas bahwa pilek bisa menimbulkan berbagai macam komplikasi kesehatan sehingga harus segera ditangani secara cepat dan tepat. Nah, bagi Anda yang mungkin pada saat ini sedang menderita sakit flu maka tidak ada salahnya untuk mencoba pengobatan tradisional menggunakan bahan-bahan alami daripada harus mengkonsumsi obat-obatan dokter.

Obat tradisional yang akan kita gunakan untuk menyembuhkan flu adalah bawang putih. Mungkin selama ini kita hanya mengenal bawang putih sebagai bumbu dapur saja, padahal selain itu bawang putih mempunyai sejuta manfaat lainnya untuk kesehatan kita salah satunya untuk mengobati flu atau pilek. Baiklah jika Anda penasaran bagaimana caranya mengobati flu menggunakan bawang putih maka silahkan simak tulisan dibawah ini.

Cara Mengobati Flu Secara Alami Menggunakan Bawang Putih


Cara mengobati flu pilek dan batuk menggunakan bawang putih


1. Cara pertama adalah dengan mengunyah bawang putih. Ambil beberapa siung bawang putih, lalu kunyah kurang lebih sekitar 15 menit. Lakukan Cara ini setidaknya setiap 3-4 jam sekali agar pilek yang Anda derita cepat sembuh

2. Cara kedua yang bisa Anda coba dirumah adalah dengan mencincang bawang putih hingga halus, kemudian diamkan sebentar. Lalu, setelah itu tambahkan satu sendok madu dan kemudian langsung dikonsumsi.

3. Cara ketiga adalah dengan memasukan bawang putih kedalam air. Caranya adalah cincang atau haluskan bawang putih terlebih dahulu lalu masukan kedalam air dan kemudian minuman ramuan tersebut.

4. Cara keempat adalah dengan cara mencampurkan bawang putih, tomat dan kemangi. Blender ketiga bahan tersebut secara bersamaan dan kemudian setelah halus maka silahkan dikonsumsi setidaknya satu gelas sehari.

Itulah cara mengobati sakit pilek menggunakan ramuan tradisional yang terbuat dari bawang putih. Sifat antibiotiknya mampu membantu tubuh melawan virus-virus penyakit yang ada didalam tubuh sehingga membuat proses penyembuhan berjalan dengan cepat. Namun selain menggunakan bawang putih kita juga bisa menggunakan bahan alami lainnya untuk melawan pilek.

1. Jahe
Jahe juga bisa diandalkan untuk mengobati flu dan pilek karena bahan alami yang satu ini juga mempunyai kandungan senyawa antivirus. Cara mengobati pilek menggunakan jahe cukup mudah yaitu pertama siapkan terlebih dahulu jahe.  Tumbuk jahe tersebut dan kemudian masukan dalam segelas air hangat yang telah dicampur madu dan bubuk merica, kemudian konsumsi ramuan tersebut hingga sembuh.

2. Mengkonsumsi Makanan Pedas
Mengkonsumsi makanan pedas seperti cabe terutama cabe rawit bisa juga membantu Anda untuk mengobati pilek secara alami. Kandungan capsaicin didalam cabe mampu membantu mengurangi pembentukan lendir padat sehingga melegakan hidung yang tersumbat.

3. Mengkonsumsi Air Hangat
Mengkonsumsi minuman hangat saat flu sangat dianjurkan karena ini bisa membantu Anda untuk mencegah dehidrasi, mengurangi hidung mampet, serta melegakan tenggorokan.

Itulah bahan-bahan alami yang bisa Anda coba ketika mengalami flu dan pilek. So, jika ada bahan alami yang terbukti aman dan ampuh di sekitar kita kenapa harus mengkonsumsi obat-obatan kimia. Baca Juga : 4 Cara Alami Untuk Mengobati Batuk Berdahak