Cara Ampuh Untuk Mencegah Timbulnya Karang Gigi

Karang gigi memang terlihat sepele namun apabila dibiarkan saja tanpa dibersihkan maka lama kelamaan bisa menyebabkan berbagai masalah kesehatan gigi dan mulut seperti mulut menjadi bau, gigi mudah goyang hingga gusi berdarah terutama pada saat kita sedang menyikat gigi. Selain itu, karang gigi yang menguning bahkan telah menghitam juga bisa membuat seseorang menjadi tidak percaya diri serta merasa malu untuk menampakan gigi mereka.

Cara mencegah agar karang gigi tidak muncul

Bagaimana sih karang gigi ini bisa terbentuk ? Seperti yang sudah dikatakan oleh para ahli bahwa penyebab utama terbentuknya karang gigi adalah karena adanya sisa-sisa makanan di sela-sela gigi. Nah, itulah mengapa kita selalu dianjurkan harus menggosok gigi ketika sesudah makan agar sisa makanan yang ada di sela gigi bisa hilang dan tidak tidak menempel pada gigi. Karena seperti yang kita ketahui bahwa sisa makanan yang menempel dan ditambah dengan banyaknya bakteri jahat didalam mulut kita bisa menimbulkan plak dan pada akhirnya akan menjadi karang gigi.

Baiklah pada artikel kali ini kita akan membahas bagaimana cara mencegah munculnya karang gigi. Penasaran ? yuk silahkan simak tulisan dibawah ini.

1. Gosok Gigi Rutin
Hal pertama yang harus Anda lakukan untuk mencegah timbulnya karang gigi tentu saja dengan cara membersihkan gigi secara rutin dan konsisten setiap hari. Jangan malas untuk membersihkan gigi, minimal gosoklah gigi Anda setidaknya dua kali dalam sehari agar sisa-sisa makanan yang ada di sela-sela gigi bisa hilang. Agar hasilnya maksimal, perhatikan juga pasta gigi yang Anda gunakan serta cek kondisi sikat gigi Anda dan gantilah secara berkala setidaknya enam bulan sekali. Jika rajin menyikat gigi maka bukan saja terhindar dari karang gigi tetapi juga bisa membuat gigi Anda menjadi putih, bersih dan napas menjadi segar.

2. Gunakan Mouthwash
Selain rutin menyikat gigi Anda juga harus menggunakan moutwash agar hasilnya benar-benar maksimal. Karena seperti yang kita ketahui bahwa menyikat gigi saja terkadang tidak bisa menjangkau dan membersihkan kuman serta kotoran di sela-sela gigi, maka dari itu untuk bisa menjangkau seluruh bagian gigi maka jangan lupa menggunakan mouthwash atau obat kumur anti bakteri yang bisa kita dapatkan di apotek atau supermarket terdekat.

3. Konsumsi Buah dan Sayuran
Sayuran dan buahan memang sangat bagus untuk kesehatan tubuh sehingga tak heran jika para ahli banyak yang menganjurkan untuk selalu mengkonsumsi buah dan sayuran setiap hari secara. Nah, selain menyehatkan ternyata dengan rutin mengkonsumsi buah dan sayur juga bisa mencegah timbulnya karang pada gigi.

4. Konsumsi Air Putih
Kemudian tips selanjutnya agar Anda terhindar dari karang gigi adalah dengan cara memperbanyak mengkonsumsi air putih. Air putih bisa menyapu semua sisa-sisa makanan dan noda yang ada di gigi Anda sehingga tidak ada yang menempel pada gigi. Selain itu, mengkonsumsi air putih juga menyehatkan tubuh sehingga tidak ada salahnya jika kita mengkonsumsi air putih delapan gelas sehari.

5. Kontrol Kesehatan Gigi Ke Dokter
Cara terakhir yang praktis dan ampuh adalah dengan rutin mengontrol kesehatan gigi ke dokter ahli. Apabila Anda rutin memeriksakan gigi setidaknya 6 bulan sekali pada dokter maka hal ini bisa meminimalisir timbulnya karang pada gigi.


Itulah cara mencegah timbulnya karang gigi yang bisa Anda ikuti dan praktekan. Bukankah kita lebih baik mencegah daripada harus mengobati karena seperti yang kita ketahui bahwa biaya untuk membersihkan karang gigi ke dokter tidaklah murah. Baca Juga : 7 Kebiasaan Buruk Yang Bisa Merusak Kesehatan Gigi