5 Ramuan Tradisonal Untuk Menghitamkan Rambut

Cara menghitamkan rambut secara cepat tidak hanya dengan menggunakan pewarna rambut yang dijual dipasaran tetapi juga bisa dengan menggunakan bahan-bahan alami. Ya, meskipun menggunakan bahan-bahan alami tidak se instan ketika menggunakan pewarna rambut tetapi Anda tidak perlu khawatir karena bahan alami hasilnya lebih aman serta permanen sehingga Anda tidak perlu berulang kali mengecat rambut.

Cara menghitamkan rambut secara alami

Seperti yang kita ketahui bahwa memiliki rambut hitam berkilau merupakan dambaan bagi beberapa wanita karena hal ini membuat mereka merasa cantik alami. Namun sayangnya tidak semua wanita yang memiliki rambut hitam sehingga tak heran jika terkadang ada sebagian wanita yang rela mengecat rambutnya agar warnanya menjadi hitam dan berkilau.

Berikut beberapa ramuan tradisional yang cukup ampuh untuk menghitamkan rambut dan bisa Anda buat sendiri dirumah. Penasaran ? yuk simak tulisan dibawah ini

Cara Menghitamkan Rambut Secara Alami


1. Daun Rambutan
Cara pertama yang bisa Anda coba untuk menghitamkan rambut adalah dengan menggunakan ramuan tradisional yang terbuat dari daun rambutan. Selama ini, tidak banyak orang yang mengetahui akan manfaat daun rambutan dan hanya dibuang-buang saja padahal daun rambutan ini bisa digunakan untuk menghitamkan rambut.

Cara membuat ramuan daun rambutan untuk menghitamkan rambut ini juga sangatlah mudah yaitu pertama, haluskan terlebih dahulu beberapa lembar daun rambutan dan tambahkan dengan sedikit air. Jika sudah halus maka saring daun rambutan dan peras agar sarinya keluar, kemudian air ramuan dari daun rambutan yang telah disaring tadi bisa langsung di oleskan pada rambut secara merata dan diamkan saja selama 25 menit. Lakukan cara ini secara rutin agar hasilnya bisa terlihat dalam waktu singkat.

2. Urang-Aring
Kemudian bahan alami kedua yang bisa kita gunakan untuk menghitamkan rambut adalah dengan menggunakan tumbuhan urang-aring. Caranya yaitu tumbuklah tanaman urang-aring segar sebanyak satu genggam dan jangan lupa tambahkan satu gelas air. Apabila sudah halus maka masukan kedalam gelas lalu diamkan semalaman, lalu baru gunakan pada pagi hari. Oleskan ramuan tersebut secara merata pada rambut Anda dan berikan sedikit pijatan. Lakukan cara ini secara rutin dan konsisten agar hasilnya bisa terlihat dalam jangka waktu dekat.

3. Teh
Teh merupakan minuman yang enak dan menyehatkan sehingga tak heran apabila banyak orang yang gemar mengkonsumsi teh. Namun tahukah Anda bahwa ternyata teh tidak hanya baik untuk kesehatan tubuh saja tetapi juga bisa digunakan untuk menghitamkan rambut secara alami. Gak percaya ? silahkan buktikan sendiri dirumah.

Caranya yaitu buatlah satu gelas teh kental kemudian embunkan atau diamkan semalaman dan gunakan pada rambut Anda. Oleskan secara merata pada rambut Anda dan berikan sedikit pijatan, kemudian diamkan selama 15 menit. Jika Anda melakukan cara ini secara rutin dan konsisten maka rambut anda akan menjadi hitam berkilau secara alami.

4. Campuran Daun Pandan dan Mengkudu
Cara membuat ramuan tradisional untuk menghitamkan rambut dengan menggunakan daun pandan dan mengkudu tidaklah terlalu susah. Pertama yaitu, rebuslah terlebih dahulu 7 lembar daun pandan dengan 1 liter air lalu tunggu hingga air rebusan berubah warna menjadi hijau. Setelah itu, masukan air rebusan daun pandan tadi kedalam baskom lalu diamkan saja semalaman.

Nah, pada pagi harinya campurkan ai rebusan daun pandan tadi dengan air perasaan mengkudu lalu setelah itu baru gunakan untuk mencuci rambut. Lakukan cara ini setidaknya 2 kali seminggu hingga terlihat hasilnya dan rambut Anda menjadi hitam alami.

5. Kemiri
Kemudian bahan alami terakhir yang bisa Anda gunakan untuk menghitamkan rambut adalah dengan menggunakan kemiri. Tumbuklah terlebih dahulu kemiri hingga halus dan tambahkan dua gelas air, kemudian setelah itu saring hingga mendapatkan sarinya. Rebus kemiri yang telah disaring tadi hingga mengeluarkan minyak. 

Nah, minyak kemiri inilah yang akan kita gunakan untuk menghitamkan rambut. Oleskan pada rambut secara merata dan diamkan saja selama 20 menit, lalu baru dibilas dengan menggunakan air bersih atau shampo. Untuk hasil maksimal maka lakukan cara ini setidaknya satu kali sehari.


Itulah cara menghitamkan rambut secara alami dengan menggunakan baha-bahan tradisional yang pastinya sangat aman tanpa adanya efek samping. Bagaimana apakah Anda tertarik untuk mencoba membuat ramuan tradisional diatas ?  Baca Juga : Cara Alami Agar Rambut Botak Tumbuh Kembali