Cara Mengatasi Kram Perut Dengan Cepat dan Ampuh

Cara mengatasi kram perut tidaklah terlalu susah karena cukup dengan beberapa langkah mudah dan tepat maka rasa kram pada perut bisa hilang dengan sendirinya. Namun sebelum kita membahas mengenai bagaimana cara mengobati kram perut ini maka ada baiknya jika Anda mengetahui terlebih dahulu apa sih kram perut tersebut dan apa saja penyebabnya agar kita bisa mencegah penyakit ini.

Cara mengatasi kram perut pada wanita dan pria

Kram perut merupakan suatu kondisi dimana si penderita akan merasakan rasa sakit yang sangat hebat pada perutnya seperti terasa melilit, kaku dan diremas-remas. Didalam dunia medis sendiri, kram perut ini di sebut dengan  colic abdomen. Meskipun terlihat sepele namun kram perut harus tetap diwaspadai karena terkadang kram perut yang melanda kita bisa saja sesuatu yang normal maupun tidak normal.

Penyebab Kram Perut Pada Orang Normal


1. Ganguan Pencernaan
Penyebab pertama yang bisa menyebabkan seseorang mengalami kram perut adalah karena adanya gangguan pada sistem pencernaan yang diakibatkan oleh infeksi. Selain itu, terkadang kram perut ini juga menandakan bahwa adanya kanker ganas di perut Anda.

2. Peradangan
Kemudian penyebab selanjutnya adalah karena adanya peradangan pada usus dan lambung. So, jangan heran jika seseorang yang memiliki sakit maag akut akan sangat mudah mengalami kram pada perut karena orang yang mempunyai sakit maag lambungnya akan mudah terluka dan mengalami peradangan.

3. Alergi Makanan
Alergi makanan juga bisa menjadi penyebab perut Anda menjadi kram. So, maka dari itu perhatikan apa yang Anda konsumsi karena apabila salah maka sedikit saja sangat berdampak buruk bagi kesehatan tubuh Anda.

4. Usus Buntu
Kram perut juga bisa menandakan bahwa Anda terkena usus buntu karena menurut para ahli ketika usus buntu tersumbat maka bisa menyebabkan perut menjadi kram, bahkan rasa sakitnya bisa membuat seseorang menjadi pingsan.

Cara Mengatasi Kram Perut


1. Istirahat
Hal pertama yang harus Anda lakukan jika tiba-tiba mengalami kram pada perut adalah dengan beristirahat karena biasanya apabila kita banyak bergerak akan membuat perut kita semakin sakit. So, apabila Anda mengalami kram perut ketika sedang berolahraga ataupun karena hal lain maka langkah pertama yang harus Anda lakukan untuk mengatasi masalah ini adalah istirahat.

2. Konsumsi Air Putih
Setelah beristirahat maka cobalah untuk mengkonsumsi air putih agar rasa sakit pada perut Anda sedikit berkurang. Air putih ini bisa membantu mengurangi kadar asam lambung didalam tubuh sehingga sangat baik dan cukup membantu untuk mengatasi masalah kram perut ini

3. Menggunakan Botol Air Hangat
Kemudian apabila cara kedua belum berhasil untuk meredakan rasa sakit akibat kram perut ini maka Anda bisa menggunakan botol air hangat yaitu cara membuatnya sangat simpel yaitu masukan air hangat kuku kedalam botol plastik lalu kemudian tempelkan pada perut Anda yang sakit. Cara ini dipercaya bisa membantu meredakan rasa sakit yang timbul akibat kram perut sekaligus mengendurkan otot-otot yang kencang.

4. Wedang Jahe
Wedang jahe juga bisa Anda andalkan untuk mengatasi masalah kram perut sekaligus bisa meredakan rasa nyeri. Cara membuatnya sendiri sangat simpel yaitu panaskan terlebih dahulu air hingga mendidih kemudian setelah itu baru masukan jahe, serai, daun pandan dan sedikit garam lalu tunggu hingga tercium aroma khas dari jahe. Kemudian saring wedang jahe tersebut dan masukan dalam gelas.

5. Konsumsi Obat
Jika cara diatas tidak juga berhasil untuk meredakan rasa nyeri akibat kram perut ini maka segeralah mengkonsumsi obat acetaminophen dan juga ibuprofen. Jika tidak juga menunjukan reaksi maka silahkan segera periksa pada dokter karena siapa tahu ada penyakit yang serius didalam tubuh Anda.


Itulah cara mengatasi kram perut secara alami yang bisa Anda lakukan dirumah. Biasanya kram perut bisa datang secara tiba-tiba dan juga hilang dengan sendirinya, namun perhatikan apabila kram pada perut tidak mau hilang selama berhari-hari maka segera periksa kepada dokter agar bisa diberikan penanganan yang tepat. Sedikit tambahan, cara mencegah kram perut ini sebenarnya sangat mudah yaitu usahakan Anda selalu menjaga pola makan dan menghindari stres yang berlebihan. Baca Juga : 10 Penyakit Yang Diakibatkan Oleh Stres