Cara Menjaga Kesehatan Mata

cara menjaga kesehatan mata secara alami
Mata merupakan salah satu anugerah yang diberikan oleh tuhan kepada kita karena dengan adanya mata kita bisa melihat isi dan indahnya dunia ini. Maka dari itu anugerah ini patut kita syukuri dan harus dijaga dengan baik dan jauhi hal-hal yang bisa merusak dan mengganggu kesehatan mata kita. Karena seperti yang kita ketahui bahwa mata juga bisa mengalami berbagai masalah atau gangguan seperti rabun jauh, rabun dekat, katarak, buta warna bahkan yang lebih parah adalah buta total sehingga kita tak bisa melihat lagi.

Cara menjaga kesehatan mata ini sendiri sebenarnya sangatlah simpel dan tidak perlu harus dengan mengkonsumsi obat-obatan. Tetapi sayangnya meskipun demikian banyak orang yang menganggap sepele kesehatan mata mereka, bahkan tanpa disadari sebagian dari kita sering melakukan kebiasaan-kebiasaan buruk yang justru dapat merusak kesehatan mata.

Nah, sebelum menyesal nantinya maka lebih baik mulailah dari sekarang untuk menjaga kesehatan mata agar kelak mata kita tetap berfungsi dengan baik meskipun di usia yang tak muda lagi. Bagi Anda yang bingung bagaimana cara menjaga kesehatan mata dengan baik dan benar maka silahkan simak tips dibawah ini.

Cara Menjaga Kesehatan Mata Secara Alami


1. Konsumsi Sayur dan Buahan
Sayur dan buahan sangat baik untuk kesehatan tubuh sehingga tak heran jika para ahli selalu menyarankan untuk memasukan sayur dan buahan didalam menu makanan kita agar gizi yang masuk kedalam tubuh bisa seimbang. Namun selain membuat tubuh menjadi sehat, beberapa buah dan sayur tertentu terutama yang mengandung vitamin A juga sangat baik untuk kesehatan mata Anda. So, maka dari itu jika mata Anda ingin sehat maka jangan malas untuk makan sayur dan buahan terutama sayur wortel yang dikenal sebagai sumber vitamin A yang sangat baik untuk menjaga kesehatan mata.


2. Senam Mata
Apakah Anda pernah melakukan senam mata ? mungkin ini terdengar sedikit asing ditelingga Anda karena biasanya yang sering kita dengar adalah senam tubuh ataupun senam wajah. Nah, senam mata ini ternyata sangat baik untuk kesehatan mata dan mampu mengurangi minus pada mata.

Cara senam mata ini sangat simpel yaitu gerakan bola mata Anda kekanan kemudian gerakan kembali kekiri, seperti main lirik-lirikan begitu. Ulangi cara ini dan selingi dengan mengedip agar mata tidak mudah lelah. Setelah mengerakan kekiri dan kekanan, Anda bisa mencoba mengerakan bola mata ke atas dan kebawah. Bagaimana simpel bukan ? meskipun sepele namun ini sangat baik untuk kesehatan mata Anda.

3. Hindari Duduk Terlalu Lama di Depan Komputer
Apakah Anda sering bekerja di depan layar komputer ? nah, terlalu lama duduk didepan komputer juga bisa menjadi salah satu penyebab mata menjadi rusak karena tak jarang ada sebagian orang mengejar deadline dan kemudian memforsir mata mereka untuk selalu melihat layar komputer padahal mata sudah lelah.  Untuk mengatasi hal ini agar mata tidak terlalu lelah ketika bekerja didepan komputer maka usahakan untuk mengistirahatkan mata setidaknya setiap dua jam sekali.


4. Manjakan Mata Anda
Mata juga perlu dimanjakan karena setelah seharian bekerja didepan layar komputer maka tentu saja  membuat mata menjadi lelah. Nah, cara mudah membuat mata segar kembali yaitu dengan menggunakan mentimun. Cara penggunaanya sendiri sangatlah simpel yaitu dinginkan terlebih dahulu mentimun, kemudian potong menjadi beberapa bagian. Potongan mentimun tersebut bisa Anda tempelkan pada mata dan diamkan saja selama 15 menit maka dijamin mata akan terasa segar kembali.

5. Hindari Penggunaan Lensa Kontak
Apakah Anda sering menggunakan lensa kontak pada mata ? jika iya maka hal tersebut sebenarnya tidak ada yang salah karena memang tidak bisa di pungkiri bahwa saat ini penggunaan lensa kontak sudah menjadi trend tersendiri dikalangan para remaja. Namun yang harus Anda perhatikan adalah jangan menggunakan lensa kontak lebih dari 19 jam karena hal ini sangat berbahaya untuk kesehatan mata Anda dan bahkan yang lebih parahnya bisa menyebabkan kebutaan.

6. Hindari Membaca di Tempat Redup
Kemudian tips selanjutnya agar mata Anda selalu sehat maka hindarilah membaca buku di tempat yang redup. Hal ini bisa membuat mata menjadi tegang dan cepat lelah, apabila keseringan maka tentu saja lama-kelamaan akan membuat kesehatan mata Anda terganggu.

7. Jaga Jarak Pandang
Baik itu saat melihat layar komputer ataupun menonton televisi maka usahakan agar selalu menjaga jarak pandang Anda. Jangan terlalu dekat ketika menonton televisi ataupun menatap layar komputer karena hal ini bisa merusak kesehatan mata Anda.

8. Tinggalkan Kebiasaan Mengucek Mata
Mengucek mata tampaknya adalah sesuatu yang sepele dan sangat sering kita lakukan pada saat mata sedang gatal. Namun tahukah Anda, ternyata kebiasaan ini sebaiknya dihindari mulai dari sekarangan karena mengucek mata bisa berdampak buruk bagi kesehatan mata Anda sendiri dan sangat rentan terserang infeksi mata.

9. Kurangi Penggunaan Obat Tetes Mata
Apakah Anda sering menggunakan obat tetes mata ? biasanya obat tetes mata sering kita gunakan untuk mengatasi mata merah. Boleh-boleh saja menggunakan obat tetes mata tetapi pastikan bahwa Anda tidak menggunakannya secara terus-terusan karena ini bisa berdampak buruk untuk kesehatan mata Anda sendiri.

10. Jangan Melihat Cahaya Yang Terlalu Terang
Nah untuk tips terakhir untuk menjaga kesehatan mata adalah pastikan Anda tidak langsung melihat cahaya yang terang karena ini sangat berbahaya dan bisa merusak kesehatan mata. Gunakanlah pelindung atau kaca mata agar cahaya terang atau cahaya matahari tidak langsung mengenai mata.


Itulah cara menjaga kesehatan mata yang bisa Anda coba ikuti. Bagaimana sangat mudah bukan ? saya yakin Anda pasti bisa mengikuti tips diatas karena memang sangat praktis dan terlihat sepele.